Skip to main content

8 Cara Bermain Jenga Untuk Pemula

Cara Bermain Jenga

Jenga merupakan permainan yang dibuat oleh Leslie Scott di Ghana pada tahun 1970-an. Ia adalah seorang desainer permainan yang menciptakan jenga sebagai permainan yang terdiri dari balok kayu. Cara bermain jenga diperkenalkan di sebuah pasar modern Harrod d Inggris pada tahun 1982 dan 1986 di Amerika Utara. Sejak itu, jenga menjadi permainan yang populer di dunia.

Cara Bermain Jenga Untuk Pemula

Jenga terdiri dari 54 balok kayu yang semuanya memiliki ukuran presisi sama. Balok-balok tersebut nantinya disusun di sebuah alas datar seperti meja atau nampan. Susun semuanya menjadi seperti sebuah menara yang masing-masing levelnya terdiri dari 3 balok berdempetan. Kalau sudah disusun semua, jenga bisa dimainkan dengan mengambil balok dan diletakkan di bagian atas.


1. Pemain jenga

Jenga bisa dimainan oleh dua orang atau lebih. Satu pemain membangun sebuah menara menggunakan balok di sebuah alas yang datar. Setiap baris lapisan terdiri dari tiga balok. Menara yang selesai terdiri dari 18 lapisan balok. Pastikan tempat bermain aman dari gesekan atau benturan sehingga menara jenga tidak mudah runtuh.


2. Memulai permainan

Pemain yang bisa jalan duluan adalah mereka yang membangun tower tersebut. Atau bisa disesuaikan dengan pemain lainnya dengan menggunakan gunting batu kertas. Pindahkan balok yang sekiranya tidak akan emmbuat susunan menara menjadi goyah. Balok hanya boleh diambil menggunakan dua jari, kemudian diletakkan di bagian atas menara dengan posisi sesuka pemain.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka beberapa balok di bagian bawah akan menjadi lebih longgar dan mudah untuk diloloskaan dari tempatnya. Anda bisa mencoba untuk mengetasnya dulu apakah balok tersebut aman untuk dipindahkan dengan menyentuhnya menggunakan satu jari saja. Namun jika terlanjur dikeluarkan, anda harus menyusunnya di bagian atas.


3. Menaruh balok

Saat menaruh balok di bagian atas, pastikan anda membangun dua blok minimal sebelum membuat lapisan di bagian atasnya lagi. Namun tetap, posisinya terserah sang pemain. Letakkan balok pelan-pelan supaya tidak membuat jenga goyah. Semakin tinggi, maka menaruh blok menjadi tantangan tersendiri karena bisa membuat seluruh menara runtuh.


4. Waktu bermain

Setap pemain umumnya hanya memiliki waktu 10 detik saja untuk melepaskan balok dan menaruhnya di bagian atas menara jenga. Jadi, pastikan waktu ini disepakati oleh semua pemain agar tidak terjadi kecurangan.



Baca Juga : 7 Cara Bermain Hangman Untuk Pemula


5. Tinggi menara

Biasanya, pemain jenga yang sudah jago dan menguasai cara bermain jenga, bisa menyusun 36 lapisan menara balok. Namun jika anda seorang pemula, bukan berarti anda tidak bisa melakukannya. Hanya perlu hati-hati dan memastikan bahwa jika menara jatuh, bukanlah berasal dari alas jenga yang bergeser.

6. Penentuan menang dan kalah

Pemain yang kalah adalah ia yang menjatuhkan seluruh menara balok. Jika kalah, maka hukumannya adalah membangun kembali menara jenga dengan rapi sebelum permainan selanjutnya dimulai kembali.


Tips Bermain Jenga

1. Dorong balok, jangan ditarik

Ketika anda menarik balok, maka pergerakan saat balok lolos dari posisinya akan mengganggu keseimbangan menara jenga. Daripada menarik, sebaiknya dorong posisi balok lolos dari posisinya karena keseimbangan tidak terpengaruh. Lakukan dorongan secara bertahap sehingga stabilitas menara tetap stabil.

2. Pindahkan balok dari bagian tengah

Memindahkan balok dari bagian pinggi terlebih dahulu jauh lebih berisiko daripada balok di bagian tengah. Alasannya adalah, balok di bagian pinggir adalah pembentuk keseimbangan dari menara. Pindahkan dari bagian tengah sementara ajak lawan anda untuk memindahkan dari bagian samping supaya lawan main anda adalah yang kalah.

3. Pindahkan balok ke tengah

Saat anda melihat tidak ada lagi balok yang berada di bagian tengah, pindahkan balok di tangan anda dan sisipkan di bagian tengah. Hal ini untuk menjaga keseimbangan menara supaya tidak jatuh. Pastikan posisinya benar-benar berada di tengah supaya balok tetap stabil.

4. Dari kiri ke kanan

Jika anda memindahkan balok yang asalnya dari posisi kanan, maka letakkan di bagian atas pada sebelah kiri dan begitu juga sebaliknya. Jika anda mengambil balok dari posisi tengah, maka cari di mana titik yang kira-kira keseimbangannya kurang. Menara yang condong berat ke kiri harus diseimbangkan dengan menaruk balok di bagian kanan atas dan sebaliknya.

5. Ukuran dan ketebalan menentukan

Balok biasanya memiliki ukuran yang bervariasi, bahkan sekarang ada jenga yang baloknya terbuat dari plastik. Perbedaan tersebut juga akan menentukan titik keseimbangan. Semakin tipis, maka sifatnya akan semakin kurang tahan terhadap beban di bagian atasnya. Jika jenga terbuat dari plastik, bukan kayu maka bermainlah lebih hati-hati.

6. Fokus

Satu-satunya strategi dalam bermain jenga adalah fokus. Lihatlah balok yang potensial untuk dipindahkan lalu pindahkan tanpa ragu-ragu. Kadang ada balok yang membuat anda harus melakukan pemindahan balok sebanyak dua kali, maka fokuslah terhadap balok yang sekiranya tidak akan mempengaruhi keseimbangan menara jenga.

7. Gunakan tangan dominan

Menggunakan kedua tangan saat menmindahkan jenga tentu saja tidak diperboleehkan. Untuk itu, kemampuan untuk memindahkan balok sebaiknya menggunakan tangan yang menjadi dominan bagi anda. Tidak hanya membantu untuk berhasil memindahkan balok, tetapi juga membuat balok secara efektif tetap seimbang pada posisinya.

8. Memanfaatkan waktu berpikir

Cara bermain jenga sebenarnya tidak ada batasan waktu tertentu kecuali anda dan kelompok membuat kesepakatan. Anda sebaiknya memanfaatkan waktu untuk fokus, bernafas dan tetap rileks. Permainan jenga memang terlihat sepele namun sebenarnya menantang anda untuk berkonsentrasi agar permainan tidak berakhir di tangan anda.