Skip to main content

7 Cara Efektif Menggunakan Afirmasi Positif

Cara Efektif Menggunakan Afirmasi

Mungkin tidak banyak diantara Anda yang mendengar kata Afirmasi. Afirmasi merupakan pernyataan positif yang bisa digunakan untuk mensugesti alam bawah sadar Anda serta dapat menumbuhkan persepsi positif pada diri sendiri. Afirmasi diperlukan untuk membangun kepercayaan diri Anda setelah beberapa kali mendengar pernyataan negatif pada diri Anda.

Alangkah baiknya jika Anda mengerti tentang cara efektif menggunakan afirmasi untuk memberi semangat, meningkatkan kepercayaan diri, serta berani merubah sikap dan perilaku Anda yang kurang.

Sebenarnya afirmasi sangat mudah Anda buat dan gunakan, namun belum tentu dapat Anda gunakan secara efektif. Anda harus bersungguh-sungguh agar cara efektif menggunakan afirmasi bisa Anda terapkan untuk meningkatkan sikap dan perilaku positif.

Bisanya orang yang membutuhkan afirmasi adalah mereka yang pernah terluka, gagal, dan merugi karena hal-hal tertentu. Jadi, bagi Anda yang pernah mengalami hal demikian jangan putus asa dan sebagainya, sebab Anda bisa mengatasinya sendiri menggunakan afirmasi.


Cara Efektif Menggunakan Afirmasi Positif

1. Anda harus menentukan isi afirmasi positif tentang diri Anda. Kenali kemudian list atau catat apa saja sikap dan perilaku positif yang Anda miliki. Seringlah melihat catatan atau list tersebut agar selalu ingat tentang kelebihan dan tujuan Anda. Adanya beberapa catatan mengenai sikap dan perilaku baik Anda dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta usaha keras agar mencapai tujuan.

2. Catat afirmasi positif Anda dengan kata atau kalimat yang jelas dan singkat. Dengan demikian jika Anda melihatnya tidak akan jenuh dan membosankan, sehingga akan mudah memberi semangat untuk Anda.

3. Cobalah untuk membuang atau melupakan hal-hal negatif tentang diri Anda. Hal ini bisa dibilang susah-susah gampang. Mengingat jika Anda memiliki sifat yang kurang percaya diri dan suka minder. Jadi, Anda harus lebih banyak mencatat atau mengelist afirmasi positif dari pada hal-hal negatif tentang Anda. Jika itu keluar dari perkataan orang lain maka boleh kiranya Anda mengabaikan serta ingat selalu tujuan Anda.



Baca Juga : 3 Cara Cepat Menyembuhkan Mata Merah Muda



4. Jika Anda menginginkan sesuatu atau tujuan tertentu, pikirkan tentang afirmasi positif yang sesuai dengan tujuan Anda. Sebaiknya tulis tujuan Anda secara spesifik dan jelas. Misalnya Anda ingin menjadi pribadi yang selalu tampil percaya diri di depan umum, jadi langsung saja buat afirmasi “ Saya akan selalu tampil percaya diri di depan umum”.

5. Pilihlan kosa kata yang positif. Kosa kata positif juga mempengaruhi alam bawah sadar Anda dalam melakukan perubahan. Sebab, jika ada kosa kata negatif akan terbayang-bayang dalam pikiran Anda. Hal itu justru dapat menghilangkan kesan positif dalam afimasi yang Anda buat. Misalnya jangan membuat afirmasi “Saya tidak akan gagal dalam ujian akhir”. Namun, lebih baik Anda ganti dengan afirmasi “Saya pasti akan berhasil dalam ujian akhir”.

6. Anda  dapat memvisualkan dalam bentuk bayangan setelah menentukan afirmasi positif. Jangan bayangkan dengan biasa sebab itu tidak akan memberikan efek. Jadi, bayangkan afirmasi positif Anda dengan penuh emosi dan semangat. Ucapkan afirmasi positif Anda sambil membayangkannya. Selain itu Anda juga bisa menempel tulisan afirmasi positif pada tempat yang sering dan mudah dilihat agar selalu ingat dengan tujuan Anda.

7. Terakhir adalah aplikasikan afirmasi positif dalam kehidupan nyata Anda. Caranya cukup sederhana karena dapat Anda lakukan di sela-sela melakukan aktifitas Anda.

Tips mengaplikasikan afirmasi positif:


1. Lakukan secara berulang-ulang

Semakin sering Anda melakukan afirmasi positif, akan semakin kuat mempengaruhi alam bawah sadar Anda. Apalagi jika Anda memiliki tujuan tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga Anda dapat menggunakan jangka waktu tersebut untuk mematangkan afirmasi positif yang sesuai dengan tujuan Anda.


2. Lakukan dalam jangka waktu yang cukup lama 

Melakukan afirmasi positif butuh waktu yang lama, sebab tidak bisa terwujud hanya dalam waktu yang sebentar. Terlebih jika afirmasi Anda tidak langsung berhasil dalam beberapa saat saja, sebeb semua butuh proses.


3. Lakukan di waktu yang tepat

Waktu pagi atau shubuh merupakan waktu yang tepat untuk melakukan afirmasi positif. Anda dapat bersemedi dalam beberapa saat untuk merenungkan dan membayangkan afirmasi positif. Terlebih sambil menghirup udara segar di pagi hari akan menjadikan Anda lebih segar, tenang serta yakin dalam melakukan afirmasi.

Anda juga bisa melakukannya pada saat akan tidur malam. Waktu ini cukup efektif untuk melakukan afirmasi positif. Mengingat pada waktu itu Anda sudah tidak banyak terpikir dengan berbagai hal seperti pekerjaan dan sebagainya. Anda hanya harus melakukannya dengan mengucapkan secara perlahan atau dalam hati saja sambil membayangkannya kalau Anda akan berhasil mencapai tujuan.


4. Lakukan dengan penuh keyakinan

Semua berawal hal berawal dari keyakinan, sehingga dalam melakukan afirmasi positif Anda harus yakin akan berhasil. Sebab hal ini juga sangat mempengaruhi alam bawah sadar Anda. Namun, Anda tidak bisa mengandalkan afirmasi positif sebagai cara untuk menyelesaikan semua masalah.


5. Ubah pola pikir dan perilaku Anda

Melakukan afirmasi positif lebih baik dibarengi dengan perubahan pola pikir dan perilaku. Jika sebelumnya banyak cara berpikir dan perilaku Anda yang cukup merugikan bagi kehidupan, maka Anda merubahnya dengan lebih berpikir positif. Kemudian beraksilah dengan merubah perilaku Anda yang senantiasa bisa memajukan atau menguntungkan kehidupan Anda.


6. Selalu bersyukur

Bersyukur adalah salah satu hal yang patut Anda lakukan dengan segala sesuatu yang Anda miliki, khususnya dengan kelebihan Anda. Hal itu setidaknya dapat menghilangkan pikiran negatif tentang diri sendiri Anda serta dapat mempengaruhi alam bawah sadar Anda. Demikian, bersyukur ini adalah cara yang paling mudah untuk menenangkan diri Anda.s