7 Cara Bermain Hangman Untuk Pemula

7 Cara Bermain Hangman Untuk Pemula

Cara Bermain Hangman

Hangman adalah sebuah permainan yang mudah dan cepat, minimal dimainkan oleh dua orang. Barang-barang yang dibutuhkan hanyalah selembar kertas, pulpen atau pensil dan kemampuan untuk mengeja. Cara bermain hangman hanyalah di mana seseorang menyimpan kata rahasia sementara pemain lain menebak kata dengan cara menyebut huruf penyusunnya terlebih dahulu.

Semakin banyak huruf yang salah, di mana huruf tersebut tidak tercantum dalam penyusun kata, maka penebak akan mendekati kekalahan di mana gambar orang tergantung menjadi lengkap.

Hangman biasanya disesuaikan tingkat kesulitannya, tergantung siapa pemainnya, dan apa tujuannya. Permainan ini umumnya bertujuan sebagai salah satu permainan edukasi.

Bagaimana cara memainkan permainan Hangman? Berikut ini adalah metode, langkah-langkah dan tips dalam memainkan Hangman!

Cara Bermain Hangman Untuk Pemula


1. Pilih agen

Jika hanya dimainkan oleh dua orang saja, pilih siapa yang menjadi penebak dan siapa yang menjadi agen. Jika lebih dari dua orang, pilihlah siapa yang menjadi agen berdasarkan kesepakatan. Sang agen akan menyimpan satu kata rahasia dalam benaknya. Kata tersebut nantinya harus ditebak oleh pemain lain.

Apabila anda menjadi seorang agen, pilihlah sebuah kata rahasia. Gambarlah garis yang menunjukkan jumlah huruf dalam kata tersebut. Kemudian, mintalah para penebak untuk melafalkan huruf yang kira-kira terdapat pada kata rahasia tersebut. Pilihlah kata yang sulit untuk ditebak, misalkan yang mengandung huruf z atau j dengan huruf vokal yang sedikit.


2. Memilih frasa

Jika cara bermain hangman terasa mudah karena memainkan hanya satu kata saja, anda bisa mencoba memainkan satu frasa. Misalkan anda memasukkan frasa “sayur-mayur” atau “terima kasih”. Frasa akan menimbulkan penasaran karrena tingkat kesulitannya berada di satu tingkat daripada satu kata saja.


3. Menggambar garis

Setelah menyimpan satu kata atau frasa dalam pikiran, agen mulai menggambarkan jumlah garis yang sejumlah dengan huruf dalam kata atau frasa tersebut. Misalnya anda menyimpan kata “komputer” maka gambarlah delapan garis. Jangan bocori satu kata pun kepada lawan main yang akan menebak kata.


4. Menebak kata

Jika anda aalah seorang pemain, maka mulailah untuk menebak kata tersebut. Ketika kata telah dipilih dan diberitahu berapa banyak jumlah hurufnya, mulailah menyebut huruf demi huruf yang sekiranya menyusun kata tersebut dan misalnya, “apa ada huruf a di dalam kata tersebut? Secara umum, mulailah menyebut huruf yang paling sering digunakan yaitu “a”, “s”, “n”, dan “i”.



Baca Juga : 4 Cara Bermain Halma Untuk Pemula


5. Menulis huruf

Seorang agen nantinya akan menuliskan huruf yang ditebak oleh sang penebak jika ia berhasil menyebut huruf yang merangkai kata rahasia. Jika kata rahasianya adalah “komputer” dan sang penebak penyebut huruf o, maka tulislah dalam kertas (_ o _ _ _ _ _ _). Jika satu kata mengandung dua atau tiga huruf yang sama, maka tulislah semua hurufnya.


6. Menggambar hangman

Sebagai agen, gambarlah bagian-bagian penyusun hangman manakala sang penebak tidak mampu menyebutkan huruf perangkai kata. Setiap kali kata yang disebutkan tiak terdapat pada kata rahasia, maka penebak akan semakin mendekati kekalahannya. Untuk mengetahui sejauh mana sang penebak kalah, maka gambar lelaki yang tergantung semakin sempurna.

Agen juga dapat menyesuaikan tingkat kesulitan yang dialami para pemain nantinya. Semakin panjang kata atau frasa, biasanya permainan akan terasa mudah bagi agen karena penebak akan kesulitan dalam menebak dan cenderung menyebukan huruf yang salah. Cara menggambah hangman adalah sebagai berikut.

Untung jawaban huruf yang salah pertama kali, maka agen akan menggambar huruf L kapital dalam keadaan terbalik. Gambar L ini nantinya adalah tempat di mana seorang gambar pria digantung.

Huruf kedua yang salah, maka agen menggambar seuah lingkaran yang berarti kepala sang hangman. Gambar kepala diletakkan di bawah huruf L kapital terbalik.

Huruf ketiga yang salah, gambarlah sebuah garis lurus. Garis lurus ditarik dari bagian bawah lingkaran di kepala. Garis ini nantinya dianggap sebagai bagian tubuh dari hangman.

Huruf keempat yang salah adalah dengan menarik satu garis ke kanan yang ditarik dari badang hangman. Garis ini dianggap sebagai tangan kanan.

Huruf kelima yang salah, tarik garis dari badan hangman ke arah kiri yang dianggap sebagai tangan kiri hangman.

Huruf keenam yang salah, tariklah sebuah garis dari ujung bawah badan ke diagonal kanan. Garis ini adalah kaki kanan sang hangman.

Huruf ketujuh yang salah, tarik sebuah garis dari bagian ujung bawah badan hangman ke diagonal kiri. Hal ini berarti adalah bagian kaki kiri sang hangman.

Yang terakhir adalah kesalahan kedelapan. Jika penebak melakukan kesalahan untuk kedelapan kalinya, maka agen akan menggambar sebuah garis dari bagian bawah garis huruf L kapital menuju bagian atas kepala sang hangman. Artinya, sang hangman sudah tergantung dan penebak kalah dalam permainan ini.

7. Aturan menang kalah

Pemain yang kalah adalah ketika semua bagian tubuh hangman tergambar dan tergantung dalam huruf L kapital terbalik. Sebaliknya, jika penebak mampu menebak kata sebelum semua huruf tertulis dalam garis kosong, maka sang penebak adalah pemenangnya. Jika kata yang disebutkan salah, peraturan permainan sama dengan seperti menyebut huruf yang salah.

Tips bagi agen adalah dengan memikirkan kata yang panjang atau frasa yang jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan adalah kata “xerox”, “swafoto”, “dalam jaringan” atau “luar jaringan”. Semakin sulit kata tersebut, maka penebak memiliki kesempatan besar untuk kalah.

Cara bermain hangman tidaklah sulit, namun bisa mengasah kemampuan untuk mengetahui sejauh mana kekayaan anda terhadap kosakata. Biasanya, permainan ini banyak diterapkan ketika belajar bahasa Inggris. Jika anda ingin mencobanya, beberapa aplikasi hangman tersedia di Google Store dan dapat diunduh secara gratis.