6 Cara Melakukan Lay Up Dalam Bola Basket

6 Cara Melakukan Lay Up Dalam Bola Basket

Cara Melakukan Lay Up

Dalam dunia basket, ada sebuah teknik untuk memasukkan bola ke ke dalam ring yang bernama lay up, lalu bagaimana cara melakukan lay up? Teknik lay up atau memasukkan bola basket ke jaring dengan menggunakan tangan kanan atau kiri ini bisa dikatakan cukup mudah, asal Anda mau rajin berlatih dan berlatih.

Cara Melakukan Lay Up

Ada dua teknik Lay Up, pertama  dengan tangan kanan, kedua dengan tangan kiri. Teknik lay up yang pertama adalah dengan tangan kanan, adapun cara melakukan lay up dengan tangan kanan adalah :

1. Giringlah bola basket dari garis tembakan bebas sampai mendekati ring.

2. Ketika Anda sudah mulai mendekati ring, tingkatkan kecepatan berlari Anda

3. Setelah meningkatkan kecepatan berlari maka lanjutkan dengan tolakan kaki dan lompatlah dengan kaki kiri sebagai tumpuan.

4. Ketika Anda melompat dan kaki kiri menjadi tumpuan, maka angkatlah lutut sebelah kanan Anda.

5. Setelah itu, mulailah menembak bola basket dengan menggunakan tangan kanan Anda.

6. Arahkan tembakan Anda ke titik yang benar-benar strategis. Titik yang sekiranya strategis itu berada pada sebelah kanan persegi papan pantul. Titik itulah yang akan meredam pantulan bola basket dan akan menjatuhkan bola yang telah Anda lempar masuk ke dalam ring


Teknik Lay Up yang kedua adalah dengan menggunakan tangan kiri, adapun caranya adalah :

1. Giringlah bola basket dari garis tembakan bebas sampai mendekati ring.

2. Ketika Anda sudah mulai mendekati ring, tingkatkan kecepatan berlari Anda

3. Setelah meningkatkan kecepatan berlari maka lanjutkan dengan tolakan kaki dan lompatlah dengan kaki kanan sebagai tumpuan.

4. Ketika Anda melompat dan kaki kanannya menjadi tumpuan, maka angkatlah lutut sebelah kiri Anda.

5. Jika sudah melompat, maka mulailah menembak bola basket dengan menggunakan tangan kiri Anda.

6. Arahkan tembakan Anda ke titik yang strategis yaitu pada sebelah kiri persegi papan pantul.


Baca Juga : 11 Cara Mandi Wajib Dengan Benar Dan Mudah


Titik strategis yang berada di sebelah kiri persegi papan pantul itulah yang akan meredam pantulan bola basket dan akan menjatuhkan bola yang telah Anda lempar masuk ke dalam ring.

Dalam melakukan teknik lay Up shoot, di haruskan tubuh tidak kaku dan rileks karena apabila dilakukan dengan tegang dan kaku maka bola yang di tembakan akan kurang sempurna bahkan akan jauh dari sasaran yang di harapkan. Baca juga peraturan permainan bola basket.

Macam - Macam Lay Up Bola Basket

Bagi Anda yang ingin lihai dalam bermain basket, maka Anda perlu banyak berlatih lay up. Sebagaimana cara melakukan lay up yang telah dijelaskan di atas, Anda hanya perlu berlatih cara mengiring bola basket dari garis tembakan. Kemudian  berlatih melompat dengan satu kaki bergantian dan di lompatan ke dua melempar bola basket ke arah ring.

Nah, dalam bola basket sendiri lay up memiliki dua variasi, yaitu :

1. Reverse lay up 

Reverse lay up adalah cara yang bagus untuk menjaga pertahanan Anda. Reverse lay ups dapat dilakukan dengan satu atau dua kaki, tetapi cara yang paling mendasar untuk menembakkan lay up jenis ini adalah dengan satu kaki. Jika Anda sudah berada dekat dengan ring maka berbaliklah dan gunakan sisi yang berlawanan untuk menembakkan bola basket.

2. Power lay up 

Power lay-up adalah salah satu cara menembak yang dilakukan dari jarak dekat, ketika Anda berhasil mendapatkan bola hasil rebound.. Dikarenakan posisi Anda yang sudah dekat dengan ring dan lawan akan melakukan berbagai block, maka melompatlah dengan dua kaki sebagai tumpuan dan tembakkan bola dengan menggunakan kedua tangan.

3. One Foot lay up

One Foot lay up adalah jenis lay up biasa dengan pola "kanan-kiri-melompat" dari sisi kanan, dan "kiri-kanan-melompat" dari sisi kiri. Jenis lay up satu ini mudah untuk dilatih tanpa bola basket sekalipun.

Cara melakukannya adalah kaki kanan harus diangkat sehingga paha hampir sejajar dengan lantai. Di sisi kiri, diangkat secara paralel. Ketika lengan kanan naik untuk menembak, maka kaki kanan naik, begitu sebaliknya, jika lengan kiri naik untuk menembak maka kaki kiri naik.

Tembakan jenis one foot lay up membutuhkan lebih banyak kekuatan, jadi tidak perlu dicoba sampai Anda  memiliki kekuatan untuk membawa bola sampai ke ring.

4. Jump Stop Lay up

Jump Stop Lay up adalah yang paling penting dari semua lay up yang harus dikuasai. Hal ini dikarenakan kebanyakan lay up yang pada umumnya hanya diperebutkan oleh setidaknya satu pemain belakang. Jump Stop Lay up memungkinkan Anda untuk menjadi kuat dari jenis lay up lainnya. 

Dengan jenis lay up biasa atau satu kaki, begitu Anda melompat dari satu kaki, kesalahan bisa terjadi jika seorang pemain belakang menghalangi Anda. Jenis lay up dengan satu atau dua kaki sering mengalami kesalahan seperti tembakan yang buruk karena tergesa-gesa melemparkan atau tidak dapat menembak bola karena tidak siap untuk melewatinya.

Nah, adanya jenis jump stop lay up memberi Anda peluang untuk menjadi kuat dengan bola di sepanjang tembakan, dan dapat memberi Anda banyak peluang dengan melakukan macam-macam bidikan.

4 jenis lay up di atas mungkin yang paling banyak digunakan dan paling dasar dilakukan. Seperti halnya keterampilan lainnya, hal-hal yang mendasar juga harus terlebih dahulu dikuasai sebelum Anda mendapatkan keyakinan dan kemampuan untuk melakukan manuver yang lebih baik lagi.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mempelajari cara melakukan lay up shoot yang dasar dan kuasai berbagai jenis lay up. Semakin Anda mengembangkan teknik yang tepat maka semakin banyak keterampilan lay up Anda mulai berkembang.