Skip to main content

6 Cara Bermain Tenis Meja Dengan Baik Dan Benar

Cara Bermain Tenis Meja

Banyak orang ingin belajar mengetahui cara bermain tenis meja dengan baik tapi tidak mengetahui tekniknya. Permainan tenis memang membutuhkan kemampuan yang perlu benar-benar dilatih agar bisa menguasai sebuah permainan.

Maka dari itu, Anda yang ingin bisa bermain tenis harus paham betul teknik bermain tenis. Ya, Untuk dapat bermain tenis meja dengan baik, ada teknik dasar atau cara yang Anda harus dipahami di antaranya adalah :

Cara Bermain Tenis Meja Dengan Baik Dan Benar

1. Pahami Cara Memegang Bet

Untuk bisa bermain tenis, maka Anda harus bisa memegang bet dengan benar dan tepat. Dalam  permainan tenis meja terdapat dua teknik memegang bet yakni penholder grip atau shakehand grip. Untuk teknik penholder grip, metodenya hampir sama dengan Anda memegang pena. 

Jika ingin menggunakan teknik penholder grip. Maka Anda hanya bisa memegang satu sisi bet saja ketika bermain tenis. Pegang bet memakai jari telunjuk dan ibu jari ke arah bawah dengan posisi grip menghadap ke atas.

Sementara teknik memegang kedua adalah shakehand grip. Teknik yang kedua ini lebih banyak dilakukan oleh pemain tenis dan banyak atlet yang menggunakan metode ini. Cara memegang bet dengan metode shakehand adalah dengan memegang bet dengan cara melingkar menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.

Sementara jari tengah, manis, dan kelingking menahan bagian belakang pemegang bet. Banyak orang menyukai teknik shakehand karena cocok untuk menyerang lawan dengan pukulan forehand drive. Selain itu, teknik shakehand juga sangat tepat untuk melakukan pukulan backhand.

2. Lakukan Servis

Hal  pertama yang harus Anda pelajari adalah belajar memukul bola ke area lawan atau servis. Anda bisa melakukan servis dengan menggunakan teknik forehand atau bakchand.

3. Mulai Lakukan Pukulan

Setelah mengetahui teknik memegang bet dengan baik, selanjutnya adalah Anda perlu belajar melakukan pukulan. Ada dua macam pukulan yang bisa Anda pelajari, yaitu forehand dan backhand.
Untuk teknik pukulan forehand, caranya adalah buatlah posisi tubuh Anda lebih rendah, dan tangan yang memegang bet digerakkan ke arah pinggang sebelah kanan.setelah itu, lakukanlah pukulan ke arah lawan.


Baca Juga : 8 Cara Bermain Sepakbola Untuk Pemula


Sementara pukulan bakchand sendiri adalah cara memukul bola dari arah belakang menuju depan lawan dengan menggunakan bagian belakang bet. Untuk melakukan teknik backhand, Anda harus mengayunkan raket ke belakang beserta bahu dan punggung Anda.

4. Pelajari Cara Memblock Lawan

Selain belajar melakukan pukulan, Anda juga harus mempelajari cara menghadapi block. Block adalah sebuah serangan yang dilakukan oleh lawan dengan pukulan yang sangat keras dan cepat.  Mempelajari block sangat penting agar Anda bisa mematahkan serangan yang dilakukan oleh lawan Anda.

Ada dua cara melakukan block serangan dari lawan, yaitu forehand dan backhand. Untuk teknik forehand sendiri cara melakukannya adalah dengan menggerakkan raket ke depan dengan posisi bet tertutup menghadap ke bawah.

Sementara untuk teknik backhand sendiri adalah dengan menggerakkan bet ke arah depan. Jadi saat Anda memblock serangan dari lawan, maka bola akan mengenai tengah raket.

5. Atur Posisi Kaki

Cara bermain tenis meja dengan baik bukan hanya fokus pada tangan dan mata yang memainkan raket dan bola saja. Anda juga harus memahami cara mengambil posisi kaki. Mengatur posisi kaki ini sangat penting untuk Anda pelajari karena jika salah meletakkan kaki maka Anda bisa saja kesulitan dalam melakukan pukulan atau menghadapi block.

Ada dua metode pengaturan posisi kaki atau footwork yakni one-step dan two-step. Cara melakukan pengaturan posisi kaki dengan metode one-step adalah badan harus sigap dengan tangan memegang raket kemudian gerakkan kaki kanan satu langkah. 

Namun metode one-step ini jarang digunakan dan banyak orang yang menggunakan metode two-step. Apalagi jika Anda adalah orang yang suka menyerang, maka teknik two-step lebih cocok digunakan.
Cara melakukan teknik two-step adalah dengan menekuk sedikit bagian lutut, lalu geser kaki kiri ke arah kiri. Jika ingin memukul dengan teknik forehand, maka tariklah kaki kanan ke belakang.

6. Perhatikan Posisi Tubuh

Terakhir, yang perlu dipelajari dalam bermain tenis adalah mengatur posisi tubuh. Anda harus bisa berdiri tegak ketika menghadap ke arah lawan. Melangkahlah dengan posisi kaki Anda sejajar dan kedua lutut agak ditekuk sedikit.

Setelah itu, sambil memegang bet, Anda harus bisa membungkuk. Anda bisa mengambil posisi badan di tengah-tengah belakang meja, agar lebih mudah melakukan servis atau block.

Tips Bermain Tenis

Nah, jika sudah tahu bagaimana teknik bermain tenis di atas, maka Anda juga bisa mempelajari tipsnya. Bagaimana tips bermain tenis dengan baik dan benar?

1. Pemanasan

Baik tenis maupun olahraga apapun pasti membutuhkan sebuah pemanasan. Lakukan pemanasan otot sebelum bermain tenis seperti lari kecil, menggerakkan tangan, kaki dan leher seperti pemanasan ada umumnya.

Pemanasan sangat penting untuk Anda lakukan agar otot tidak tegang dan kesakitan saat bermain tenis nantinya. Jadi, jangan lupakan pemanasan sebelum bermain tenis.

2. Atur badan agar selalu maju ke depan 

Pertama, Anda harus pandai mengatur posisi badan Anda agar selalu maju ke depan dan jangan lupa atur jarak dari meja. Jika Anda hendak melakukan pukulan ke lawan tapi posisi jauh dari meja itu akan membuat Anda kesulitan. Anda juga akan sulit melakukan block ketika diserang oleh lawan.

3. Fokus Memukul Bola

Ketika hendak melakukan pukulan ke lawan, Anda harus benar-benar fokus ke arah lawan. Gunakan teknik shakehand agar Anda bisa lebih nyaman menyerang lawan

4. Jangan Asal Pukul Bola 

Terakhir, jangan sampai Anda asal dalam memukul bola ke arah lawan. Cara bermain tenis tidak semudah itu dengan melakukan pukulan. Anda harus mengatur posisi tubuh, kaki dan peganglah bet Anda dengan baik.