5 Cara Memasak Telur Mata Sapi

5 Cara Memasak Telur Mata Sapi

cara memasak telur mata sapi

Telur merupakan bahan makanan yang sering dibicarakan banyak orang, karena telah menjadi komposisi penting di berbagai belahan dunia. Banyak cara untuk memasak telur, tergantung dari asal negaranya. Yang umum adalah cara memasak telur mata sapi karena hanya menghabiskan waktu yang sangat sebentar, praktis, dan fleksibel dinikmati kapan saja terutama untuk sarapan.

Di banyak negara, telur mata sapi seringkali digunakan sebagai menu menemani roti di pagi hari, bagian atas dari steak Cavallo, atau hanya dimakan sebagai hidangan semata. Meski praktis, membuat telur mata sapi yang sempurna tidaklah mudah. Bukannya telur yang lembut, malah menghasilkan telur mata sapi yang keras dan gosong di bagian bawah.

Bagaimana cara agar telur mata sapi yang dimasak terlihat bagus sehingga membangun selera makan anda? Berikut adalah cara dan tips agar telur mata sapi terlihat sempurna dan lezat!


Cara Memasak Telur Mata Sapi



1. Siapkan komposisi


Cara memasak telur mata sapi cukup sederhana, anda hanya perlu menyiapkan tiga bahan utama yaitu telur, minyak goreng, dan garam. Jika anda menyukai rasa plain, jangan gunakan garam ketika memasak telur. Sebaliknya, anda juga bisa menggunakan bahan lain seperti merica bubuk dan penyedap rasa bubuk lainnya sebagai tambahan ketika memasak.


2. Panaskan wajan


Gunakanlah wajan yang merupakan anti lengket di atas api kecil sehingga yang panasnya berada di level sedang. Wajan yang besar akan membantu anda untuk membuat dua hingga tiga telur mata sapi sekaligus. Bagi anda yang menyiapkan menu telur mata sapi untuk banyak orang saat sarapan, maka
wajan yang besar akan membantu anda dalam menghemat waktu.

Tuangkan setengah sendok air ke dalam wajan yang sudah memanas. Jika airnya mulai mendesis kemudian menguap dari wajan, maka artinya wajah lumayan panas untuk memasak telur dengan bentuk yang sempurna.


3. Tuangkan minyak


Jumlah minyak yang ditaurh di atas wajan jangan terlalu banyak. Sebaiknya, minyak diratakan ke seluruh permukaan wajan. Anda bisa menggunakan minyak sayur, minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak lainnya ketika memasak. Bahkan anda juga bia menggunakan mentega atau lemak babi kira-kira satu sendok makan.


Baca Juga : Cara Memasak Telur dengan Benar


Jika anda menggunakan mentega, maka biarkan hingga meleleh. Jangan gunakan mentega dalam jumlah yang banyak, karena anda sudah menggunakan wajan anti lengket. Kalau menteganya terlalu banyak, maka telur mata sapi yang dihasilkan akan berminyak.


4. Menyiapkan telur


Pecahkan telur dengan pelan-pelan ke atas wajan untuk menjaga kuning telurnya tetap utuh. Namun, jangan masukkan telur terlalu dekat dengan wajan, jaga tangan anda sejauh dua butir telur dari atas wajan. Jika anda memiliki ring telur, gunakanlah agar bentuk telur tetap bulat dengan bagian kuningnya yang berada di tengah.

Bagian bening pada telur akan berubah menjadi warna putih. Masaklah hingga bagian putihnya mulai mengeras, sementara kuningnya masih encer. Waktu yang dibutuhkan kira-kira 2 hingga 2.5 menit. Jika minyak di atas wajan terlihat mengering, maka tandanya api yang digunakan terlalu besar. Ubah panas kompor menjadi lebih kecil.


5. Menghidangkan telur


Cara memasak telur mata sapi selesai saat telur terlihat sudah mengeras. Angkat wajan dari kompor. Setelah itu, siapkan spatula yang berbahan logam untuk memindahkan telurnya ke piring penyajian. Jangan gunakan spatula dari pahan karet atau plastik karena tidak cukup kuat untuk mengangkat telur mata sapinya. Jika jatuh, maka bentuk telur mata sapi akan berantakan.

Posisi antara wajan dengan piring, usahakan jangan terlalu jauh agar memudahkan anda untuk cepat memindahkannya. Jika telurnya terlalu berminyak bagi anda, gunakan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebihannya. Tambahkan garam, lada bubuk atau bumbu lainnya dengan cara memerciknya dengan dua jari anda. Pastikan bumbu rata ke seluruh bagian telur yang masih panas.


Tips Memasak Telur Mata Sapi


1. Untuk memulai, panaskan wajan di atas kompor dengan api yang sedang. Pastikan telur yang digunakan masih segar. Semakin segar, maka bentuk telur mata sapi akan sempurna. Teur yang masih segar biasanya posisi kuning telur berada tepat ditengah saat dipecahkan.

2. Beberapa wajan memiliki bentuk yang lengkung, jadi gunakanlah wajan yang memiliki permukaan yang datar untuk hasil telur mata sapi terbaik. Gunakanlah wajan yang hanya memiliki kemampuan anti lengket untuk menjaga bentuk telur tetap rapi.

3. Setelah telur dipecahkan di atas wajan, angkat sedikit wajan dalam keadaan miring dan buat gerakan memutar. Hal ini untuk membuat bagian putih telur sedikit melebar sehingga mencegah bagian bawah yang matang sementara bagian atasnya masih cair.

4. Cara lain untuk memasak telur mata sapi tanpa menggunakan wajan adalah dengan memanaskan piring di dalam microwave. Atur piring dengan panas sekitar 85 derajat, kemudian biarkan piring di dalamnya selama 25 menit. Setelah panas, anda bisa memecah telur di atas piring dan biarkan telur mata sapi terbentuk hingga panas di piring menghilang.

5. Jangan tutup wajan ketika memasak. Menutup wajan malah membuat bagian kuning telur berubah menjadi kuning matang dan mata telur mata sapi akan gagal. Hal ini disebabkan karena panas terperangkap dalam wajan, sehingga mematangkan kunign telur. Biarkan wajan terbuka.

6. Sebelum memasak telur, sebaiknya anda menggunakan telur yang sudah ditaruh dalam kulkas kemudian masaklah dengan matang. Telur rawan mengandung bakteri Salmonella enteritidis yang bisa menyebabkan masalah pencernaan. Bakteri tersebut hanya akan hilang saat telur yang dimasak benar-benar matang.

7. Cara memasak telur mata sapi yang terpenting adalah perhatikan api pada kompor. Api yang besar hanya akan membuat bagian bawah telur cepat gosong sementara bagian atasnya masih mentah. Jika menunggu bagian atas matang, maka bawahnya menjadi gosong. Pastikan api selalu kecil.