Skip to main content

5 Cara Melakukan Puasa Detoks Apel


Cara Melakukan Puasa Detoks Apel

Diet apel adalah sebuah rencana diet yang baik untuk dicoba. Diet apel atau puasa detoks apel adalah sebuah program diet yang mana sebagian besar makanan Anda terdiri dari apel. Namun cara melakukan puasa detoks apel memerlukan pola khusus dan tidak sembarangan asal makan apel saja. 


Cara Melakukan Puasa Detoks Apel

Puasa detoks apel bukan hanya makan buah apel saja di setiap harinya, tapi juga ada beberapa nutrisi lain yang perlu dicoba. Para pelaku diet diperbolehkan untuk makan buah-buahan, jus buah segar, sayuran, protein, dan susu bersama dengan apel untuk setiap makanan. Mau tahu seperti apa cara diet menggunakan buah apel ini? 

Bagaimana Cara Kerja Buah Apel untuk Diet?

Apel adalah komponen yang ideal untuk diet, karena kaya akan mineral, vitamin, dan serat. Apel memiliki sedikit kandungan kalori yang berjumlah sekitar 80 hingga 100 kalori tergantung pada ukuran buah. 

Apel  juga bergizi dan bermanfaat untuk sistem saraf, itulah sebabnya banyak orang yang menggunakan buah apel untuk program dietnya. Serat di apel mengikat ke molekul lemak dan mencegah penyerapan lemak sehingga lemak langsung dikeluarkan dari tubuh. 

Apel juga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Makan apel sebelum makan akan membuat Anda merasa kurang lapar dan mencegah Anda makan berlebihan. Apel sering disebut sebagai "pembangkit tenaga gizi". 

Apel memiliki kandungan vitamin A, C, E, dan K, serta B-kompleks. Ya, apel adalah sumber besar polifenol yang bertindak sebagai antioksidan dan pektin yang membantu membersihkan pembuluh darah dan mencegah penumpukan plak. Selanjutnya, apel juga kaya akan zat besi, kalium, fosfor, kalsium, biotin, dan asam folat. 


Cara  Diet Menggunakan Apel

Secara total, detoks apel bisa dilakukan dalam 7 hari. Anda akan menghabiskan 2 hari untuk mempersiapkan, 3 hari pembersihan dan 2 hari transisi kembali ke diet normal. Sangat ideal untuk melakukan diet apel hanya beberapa hari saat Anda tidak bekerja dan dapat menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk beristirahat. 

Seperti halnya detoks, kelelahan pada umumnya terjadi ketika tubuh Anda bekerja lembur, maka ada baiknya jika puasa detoks apel saat aktivitas tidak begitu padat. Adapun cara melakukan puasa detoks apel adalah :

1. Hari pertama

Ikuti pola diet di bawah ini :

1) Sarapan 2 buah apel

2) Makan siang 1 apel

3) Makan malam 3 apel

Ingatlah untuk mengkonsumsi setidaknya 2 liter air setiap hari agar tubuh Anda tetap terhidrasi. Anda  perlu mengkonsumsi cukup nutrisi untuk menjaga fungsi jantung dan otak serta organ lain. Diet detoks apel akan menjadi hari yang paling membosankan bagi Anda tetapi jangan menyerah.





2. Hari kedua

Pola diet hari kedua adalah 

1) Sarapan 1 apel, segelas susu skim atau kedelai. 

2) Makan siang 1 apel, salad dengan sayuran, 2 wortel, minyak zaitun, 

3) Makan malam 2 apel utuh

Pada hari ini Anda akan mendapatkan beberapa variasi makanan yang mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Teruslah untuk minum air putih dan jangan hanya minum banyak saat makan saja. minum air putih membuat tubuh Anda terhidrasi sepanjang hari dan pada malam hari.


3. Hari ketiga

Pola diet di hari ketiga adalah :

1) Sarapan 1 apel, telur orak-arik, sepotong roti 

2) Makan siang 1 apel, salad-cuke, tomat, bawang, buncis dan 1 cangkir yogurt rendah lemak

3) Makan malam 1 apel, salad brokoli dengan wortel dan daging kalkun

Hari ketiga ini Anda akan membutuhkan beberapa protein untuk energi untuk meningkatkan pencernaan dan mempercepat metabolisme. Jangan lupa terus minum dengan jumlah air yang dibutuhkan.


4. Hari ke empat

Cara melakukan puasa detoks apel di hari keempat adalah :

1) Sarapan 1 apel dan gunakan daun kale untuk smoothie

2) Makan siang 1 apel, beberapa sayuran dipanggang, 1 buah jeruk dan porsi kecil buah semangka. Kemudian sebelum makan minumlah 1 cangkir teh hijau tanpa gula

3) Makan malam 1 apel dengan sayuran selada

Hari keempat ini Anda mendapatkan lebih banyak variasi makanan jadi pastikan untuk memakan beberapa sayuran. Anda bisa makan sup, sayur bayam bening dan secangkir teh.


5. Hari Kelima

Diet di hari kelima adalah :

1) Sarapan 1 apel dan 1 telur rebus

2) Makan siang 1 apel dan sayuran panggang atau sup bening

3) Camilan beberapa almond atau buah persik

4) Sebelum Makan Malam 1 cangkir teh hijau

5) Makan malam 1 apel, sepotong ikan panggang 

Jika  Anda berhasil melewati hari kelima, maka Anda hanya memasukkan beberapa lemak, karbohidrat, dan protein yang sangat baik ke dalam tubuh Anda. Sekarang metabolisme Anda akan bangkit dan terus membakar kalori. 

Ada variasi makanan yang dapat digantikan seperti daging tanpa lemak, ikan atau merebus beberapa sayuran dan tidak memanggangnya. 

Beberapa fakta untuk melakukan puasa detoks yang perlu dipertimbangkan dari segi kelemahannya adalah :

1) Anda bisa benar-benar bosan makan apel

2) Bisa menyebabkan ketidaknyamanan lambung

3) Diet sulit dilakukan apalagi di hari pertama

4) Anda bisa menjadi murung, lemah, dan lelah

Sementara kelebihan dari puasa detoks apel adalah

1) Diet yang seimbang

2) Penurunan berat badan besar dalam waktu singkat

3) Semua makanan yang Anda makan sehat

4) Sangat membantu menurunkan kolesterol Anda

5) Persiapan makanan sederhana

Semoga Anda semoga sukses