Skip to main content

5 Cara Melakukan Lompatan Backflip

Cara Melakukan Lompatan Backflip

Backflip dianggap keterampilan dasar dalam senam karena merupakan sebuah gerakan yang membutuhkan banyak keterampilan khusus untuk bisa melakukannya. Backflip bukan langkah yang mudah untuk dipelajari, jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara melakukan lompatan backflip, Anda bisa membacanya triknya di artikel ini.

Cara Melakukan Lompatan Backflip

Setelah Anda bisa melakukan lompatan backflip ini maka, Anda telah mencapai salah satu tonggak penting dalam perjalanan Anda untuk menjadi seorang pesenam tingkat tinggi. Ya, mengingat lompatan backflip ini tidak semua orang mudah melakukannya. Mau tahu seperti apa trik melakukan backflip? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

5 Langkah Mudah Melakukan Lompatan Backflip

Berikut cara melakukan lompatan backflip, dalam 5 langkah mudah. Tetapi pertama-tama, pastikan Anda merasa bahwa Anda siap untuk belajar backflip. Mengapa demikian? Karena backflip bukan sebuah keterampilan yang harus dicoba.

Terlebih jika Anda adalah seorang pesenam pemula, untuk melakukan lompatan blackflip ini seharusnya tidak pernah Anda coba sendiri tanpa adanya seorang pelatih.

1. Memahami Bagaimana Cara Rotasi Backflip

Cobalah untuk memutar punggung Anda dan i melompat di udara dengan menjungkirkan kedua kaki ke atas. Untuk memutar, Anda harus mengangkat pinggul ke atas dan melewati kepala Anda. Cobalah latihan ini untuk membantu Anda merasakan mana yang tepat untuk dilipat dengan melakukan hal-hal berikut.

a) Anda harus berbaring di lantai, dengan posisi tubuh Anda sepenuhnya terentang.

b) Lengan Anda harus lurus dan dekatkan ke telinga Anda.

c) Kemudian, selipkan kaki Anda ke atas tepat di kepala Anda

d) Pastikan untuk memutar pinggul Anda ke atas, bukan hanya melipat lutut ke dada Anda saja.

e) Jaga lutut Anda untuk melakukan gerakan bersama-sama dan pastikan jari-jari kaki Anda menunjuk dengan benar.


Baca Juga : 6 Cara Melakukan Lay Up Dalam Bola Basket

2. Pelajari Cara Mengatur

Lompatan  backflip  disebut "set" atau "angkat." Agar berhasil menyelesaikan kembali, Anda harus belajar cara mengatur dengan benar. Untuk mempelajari cara mengatur ini maka Anda bisa mencoba latihan di bawah ini :

a) Mulailah untuk berdiri dengan posisi punggung Anda ke matras atau spotter dan lengan berada Anda di telinga Anda.

b) Kemudian, ayunkan lengan ke bawah dan di belakang Anda, sambil menekuk lutut Anda.

c) Terakhir ayunkan lengan Anda ke atas dan cobalah melompat setinggi mungkin.

Jaga agar kepala Anda tetap netral dan tidak menoleh-noleh. Cobalah untuk menatap lurus ke depan. Lompatan Anda harus naik ke atas dan sedikit ke belakang, ke matras atau trampolin. Lengan Anda juga harus tetap lurus.

3. Coba Melakukan Lompatan BackFlip di Trampoline Spotting Belt

Jika klub senam Anda memiliki trampolin, maka tempat tersebut biasanya adalah tempat terbaik untuk mencoba melakukan lompatan backflip. Trampolin akan memberi Anda ketinggian yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada teknik atau cara melakukan lompatan backflip secara penuh.

Menggunakan spotting belt juga cara mudah untuk memulai latihan lompatan backflip. Cobalah untuk meminta teman atau pelatih Anda membantu menarik Anda ke udara dan membuat Anda cukup tinggi sampai Anda menyelesaikan flip.

Namun ada juga beberapa pelatih senam yang lebih menyukai latihan dengan dengan tangan daripada spotting belt. Dengan trampolin ini, Anda akan mudah berusaha latihan lompatan backflip setinggi mungkin.

Selain berlatih dengan spotting belt, cobalah untuk berlatih backflip dengan teknik lengan. Pelatih senam lebih suka bagi mengajari para muridnya menggunakan lutut selama melakukan gerakan backflip. Ketika menggunakan lutut untuk berlatih maka Anda harus menjaga lengan Anda di atas atau ke bawah dengan kaki Anda tanpa meraih apapun.

Setelah Anda mulai membalik, lihatlah trampolin. Saat Anda dapat melihat trampolin, maka saatnya untuk Anda mulai memikirkan tentang pendaratan Anda. Cobalah melakukan pendaratan dengan lutut ditekuk sedikit dan pinggul Anda terselip di bawah Anda.

4. Cobalah Melakukan Lompatan Backflip di Lantai 

Setelah Anda berhasil menyelesaikan backflip pada trampolin, maka cobalah untuk pindah berlatih melompat di lantai. Anda harus bisa merasa nyaman melakukan gerakan melompat di lantai walaupun tidak terbiasa dan bisa terasa sakit apalagi bagi yang baru pertama berlatih. Namun Anda harus memiliki kemampuan untuk menyelesaikan lompatan backflip. Ingatlah untuk mengikuti teknik yang benar, dan Anda akan dapat mempelajari keterampilan backflip lebih cepat.

5. Lakukan Lompatan Backflip secara Rutin 

Cara melakukan lompatan backflip yang terakhir adalah Anda harus mulai melakukan gerakan backflip secara rutin. Untuk bisa terampil melakukan lompatan backflip memang harus melalui proses bertahap dan itu tidaklah mudah.

Banyak pesenam merasa terbantu untuk mencoba lompatan backflip dengan menggunakan alas jika memang tidak terdapat trampolin. Namun lebih baik Anda melakukan gerakan ini di tempat yang halus dan bisa memantul. Alas yang bisa memantul memberi Anda ketinggian ekstra untuk melakukan lompatan backflip. Anda juga pasti ingin berlatih di alas yang lembut untuk mendarat bukan?

Backflip adalah keterampilan yang sulit, dan butuh waktu lama untuk menguasai. Tapi jangan menyerah! Setelah Anda bisa menguasainya, gerakan ini akan menjadi hal menarik yang dimiliki oleh seorang pesenam profesional.

Nah, cara-cara di atas perlu Anda lakukan dengan hati-hati dan aman. Senam adalah olahraga yang sangat beresiko dan Anda harus yakin untuk melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan. Anda bisa menyiapkan beberapa obat dan balutan yang tepat. Melakukan latihan backflip memang memiliki risiko dan Anda yang menanggungnya sendiri.