Skip to main content

5 Cara Bermain Yoyo Untuk Pemula

Cara Bermain Yoyo

Jika Anda bosan dengan gawai Anda dan ingin bermain suatu permainan yang menyenangkan, Anda dapat mencoba permainan yoyo. Yoyo adalah mainan yang berbentuk bundar dengan tali di sela-sela bentuknya. Bermain yoyo sangat bermanfaat untuk melatih ketangkasan dan koordinasi anggota badan, terutama tangan, lengan, dan jari. Bagi Anda yang masih belum mengetahui cara bermain yoyo, jangan khawatir. Artikel ini mengupas tuntas tentang permainan klasik tersebut.


5 Cara Bermain Yoyo Untuk Pemula



Permainan yoyo membutuhkan keterampilan dan ketangkasan yang tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat. Hal pertama yang diperlukan untuk dapat bermain yoyo adalah mengenal bagian-bagian pada yoyo. Hal tersebut penting untuk mengeksplor lebih lanjut tentang kegunaan-kegunaan bagian tersebut dan cara menggunakannya.

Bagian-Bagian Mainan Yoyo

Terdapat tiga bagian utama pada mainan yoyo, yaitu tali, poros penggerak yoyo, dan bunderan yoyo.

1. Tali

Tali berfungsi untuk menghubungkan tangan kita dengan bunderan yoyo. Tali pun bermanfaat untuk memainkan trik-trik tertentu dalam permainan yoyo. Panjang tali yang nyaman digunakan biasanya diukur dari pusar pemain yoyo hingga permukaan tanah. Jika tali yoyo Anda terlalu panjang, Anda dapat memotongnya. Pemotongan tali pun hendaknya dilebihkan beberapa senti karena kelebihan tali tersebut digunakan untuk menjadi lingkaran kecil untuk dikaitkan di jari tangan dalam bermain yoyo.

2. Poros penggerak yoyo

Poros ini adalah poros yang berfungsi menjadi titik tumpu yoyo. Tali yoyo umumnya diikat pada poros ini. Ketika tali pada yoyo dibelitkan pada poros ini, maka poros inilah yang bergerak. Gerakan dari poros ini membuat bundaran yoyo bergerak pula. Pastikan poros penggerak yoyo ini dalam keadaan baik supaya yoyo dapat berputar dengan lancar.

3. Bunderan yoyo

Bunderan yoyo merupakan dua lingkaran yang dihubungkan oleh poros yoyo. Bunderan ini bergerak karena gerakan dari poros yoyo. Pilihlah bunderan yoyo dari material yang tidak terlalu berat agar yoyo mudah bergerak.

Cara Bermain Yoyo Untuk Pemula

Bagi pemula, permainan yoyo memang cukup sulit. Namun, tidak akan sesulit itu jika Anda mengetahu teknik dasar permainan yoyo, yaitu sebagai berikut.

1. Belitkan lingkaran ujung tali yoyo pada jari tengah Anda 

Teknik ini berfungsi untuk mengontrol gerak yoyo. Untuk dapat menggerakkan yoyo dengan baik, alangkah baiknya untuk tidak membelitkan lingkaran ujung tali yoyo pada pangkal jari karena hal tersebut akan membuat Anda kesulitan untuk menggerakkan yoyo. Sebaiknya belitkan lingkaran ujung yoyo pada sendi jaro pertama. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam menggerakkan yoyo.



Baca Juga : 6 Cara Bermain Tenis Meja Dengan Baik Dan Benar


2. Belitkan tali ke poros penggerak yoyo

Proses ini penting dilakukan karena belitan ini dapat memicu pergerakan yoyo pada poros penggerak yoyo. Belitkan tali dengan baik dan teliti. Jangan sampai tali yoyo menjadi acak-acakan.


3. Melempar yoyo

Melempar yoyo tidak dapat dilakukan sembarangan. Perlu teknik khusus untuk mendapatkan putaran yoyo dengan bagus. Peganglah yoyo dengan telapak tangan. kemudian tekukkan lengan. Kemudian lepaskan bunderan yoyo dengan gerakan jari-jari membuka dan di panjangkan. Lakukan hingga siku tangan membentuk sudut 90 derajat. Lihat, yoyo Anda kini dapat berputar. Jika lemparan belum sempurna, jangan menyerah untuk mencoba lagi.

4. Mengambil yoyo dari bawah

Pengambilan yoyo dapat dilakukan jika Anda melakukan hentakan tajam ketika tali yoyo sudah terulur maksimal. Namun, jangan lakukan hentakan dengan kasar. Lakukanlah hentakan halus tetapi tajam sehingga yoyo dapat kembali sendiri ke tangan Anda.

5. Ulangi sampai mahir

Jangan khawatir jika gagal dalam percobaan pertama. Tetaplah mencoba dan mencoba lagi. ulangi sampai Anda benar-benar mahir. Keterampilan dan ketangkasan memang perlu diasah, jadi jangan pernah menyerah. Jika Anda telah mengenali irama, kecepatan yoyo, dan posisi tangan, maka Anda dapat mempraktikkan teknik-teknik kreasi lain.

Bagaimana? Mudah bukan? Bermain yoyo dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tidak percaya? Mari simak bahasan berikut.

Manfaat yoyo bagi tubuh

1. Melatih konsentrasi

Konsentrasi adalah hal penting dan utama dalam permainan yoyo. Jika pikiran Anda terdistraksi, maka akan sulit untuk mengontrol gerak yoyo. Terbiasa bermain yoyo pun dapat meningkatkan daya konsentrasi Anda. Anda pun dapat lebih mudah mengontrol pikiran dan memikirkan hal-hal baik.

2. Melatih keterampilan

Keterampilan tidak bisa didapatkan secara instan ketika lahir. Perlu adanya latihan-latihan fisik agar menumbuhkan sikap terampil. Permainan yoyo pun bermanfaat untuk melatih keterampilan. Lakukan secara rutin setiap hari agar semakin terampil dalam bermain.

3. Melatih gerak tangan

Permainan yoyo dapat membuat tangan lebih luwes dalam bergerak. Hal tersebut karena permainan yoyo membutuhkan gerak tangan yang lihai. Kelihaian tangan yang terasah melalui permainan yoyo pun bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Anda akan lebih mudah untuk menangkap barang yang jatuh, lebih kuat mencengkeram benda, dan lebih mudah untuk melakukan permainan lain.

4. Meningkatkan ketangkasan

Ketangkasan dalam diri dapat dilatih dengan permainan yoyo. Lama-kelamaan, kita dapat mengenali irama dan pergerakan yoyo sehingga mampu menciptakan trik sendiri. Hal tersebut pun berpengaruh pada ketangkasan diri yang semakin baik.

5. Menumbuhkan jiwa sportif

Pemain yoyo membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menjadi mahir. Maka, pemain yoyo akan lebih menghargai proses belajar, tidak melulu melihat hasil. Dalam perlombaan pun, mereka berpotensi untuk bertanding secara sportif dan menghargai peserta lainnya. Hal tersebut pun dapat dipraktikkan sehari-hari sehingga menjadi pribadi yang lebih baik.
Demikian cara bermain yoyo yang telah dikupas secara detail. Selamat mencoba dan berlatih!