5 Cara Bermain Sepatu Roda Untuk Pemula

5 Cara Bermain Sepatu Roda Untuk Pemula


Cara Bermain Sepatu Roda



Roller skating atau sepatu roda adalah permainan yang disukai anak-anak dan remaja saat ini. tapi bagaimana cara cara bermain sepatu roda bagi yang tidak bisa menggunakannya? Tidak perlu bingung bagaimana belajar menggunakan sepatu roda karena artikel ini akan membantu Anda.

Mau tahu bagaimana cara agar bisa lihai dalam bermain sepatu roda? Berikut ulasannya :

Cara Bermain Sepatu Roda Untuk Pemula


Untuk bermain sepatu roda memang bisa dikatakan tidak mudah. Dibutuhkan keseimbangan badan dalam mengatur kedua kaki yang berjalan di atas roda. Oleh sebab itu, jika Anda ingin menaklukkan sepatu roda, pelajari lebih lanjut cara menggunakan sepatu roda di bawah ini :  

1.      Pakai Sepatu Roda dengan Benar


Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memakai sepatu roda dengan benar. Ikatlah sepatu roda dengan seerat mungkin agar tidak terlepas dari kaki Anda. Anda dapat membeli sepasang sepatu roda dari toko perlengkapan olahraga.

2.      Seimbangkan Tubuh


Jika sudah menggunakan sepatu roda dengan benar, maka cobalah untuk berdiri. Jika Anda kesulitan untuk berdiri, maka Anda bisa mencoba untuk berdiri di dekat tembok yang bisa Anda gunakan untuk pegangan.

Latihlah berdiri secara seimbang, jika tubuh Anda tidak bisa seimbang, maka Anda akan rawan terjatuh. Pegang tembok di sebelah Anda jika dirasa  tubuh tidak seimbang, lakukan teknik tersebut secara berulang-ulang sampai Anda benar-benar bisa berdiri secara seimbang.






Jika Anda sudah bisa berdiri tanpa terjatuh, maka bertahanlah sampai 3-5 menit lamanya sampai Anda merasakan benar-benar nyaman berdiri di atas sepatu roda tanpa takut terjatuh.


3.      Latih Berjalan dengan Hati-hati


Apabila tubuh Anda sudah bisa berdiri secara seimbang maka cobalah untuk berjalan. Geser kaki kanan Anda secara perlahan diikuti dengan kaki kiri, begitu seterusnya. Mungkin pertama kali mencoba, Anda akan kesulitan menyeimbangkan tubuh atau bahkan menabrak sesuatu. Namun itu bukan berarti halangan untuk tidak kembali mencoba.

Anda hanya memerlukan kepercayaan diri untuk terus berlatih dan berlatih. Anda adalah orang yang memegang kendali atas sepatu roda. Jika Anda kehilangan keseimbangan dan jatuh beberapa kali itu adalah hal yang biasa bagi orang yang pertama mencoba bermain sepatu roda.

4.      Latihan untuk Mulai Belok Kanan dan Kiri


Cara  bermain sepatu roda yang selanjutnya jika Anda sudah merasa sedikit mampu untuk berjalan menggunakan sepatu roda dan keseimbangan tubuh mulai perlahan stabil adalah cobalah untuk belok ke arah kanan dan kiri sambil meluncur.

Saat Anda berbelok ke arah kanan, maka sandarkan tubuh Anda sedikit ke kanan, begitu pula sebaliknya, jika Anda hendak berbelok ke kiri, sandarkan tubuh Anda sedikit ke kiri. Anda perlu mencoba untuk berbelok ke kanan dan kiri untuk melatih seberapa besar kemampuan Anda menyeimbangkan tubuh Anda.

Apabila Anda sudah bisa  berbelok ke arah kanan dan kiri, maka Anda bisa mempercepat laju Anda.. Cobalah untuk meluncur di atas sepatu roda lebih cepat dari latihan sebelum-sebelumnya. Jika Anda masih kesulitan mempercepat laju Anda, maka Anda bisa pelan-pelan berlatih.

5.      Latihan Berhenti


Ketika kemampuan meluncur Anda sudah mulai baik, gunakan rem jika hendak menabrak sesuatu. Rem sepatu roda terletak di sepatu kanan. Sepatu roda sebelah kanan pada umumnya sudahdilengkapi dengan rem, yang terletak di ujung sepatu.

Nah, ketika Anda hendak berhenti mendadak maka cobalah untuk mensejajarkan sepatu Anda satu sama lain dan tekan rem di ujung sepatu roda sebelah kanan Anda. Jika Anda tidak menekan cukup keras rem sepatu roda, Anda bisa kehilangan keseimbangan dan jatuh.

Tips Cara Beramain Sepatu Roda


Dikarenakan bermain sepatu roda itu tidak mudah, maka Anda harus memperhatikan tips bermain sepatu roda di bawah ini. Tips bermain sepatu roda akan mencegah Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti jatuh, terluka atau menabrak sesuatu.

Anda tidak mau hal itu terjadi bukan? Berikut adalah tips bermain sepatu roda untuk Anda :

1.      Gunakan Helm


Tips pertama, jika Anda ingin aman dalam bermain sepatu roda, maka gunakan helm pelindung. Gunakan helm yang khusus untuk pemain sepatu roda, bukan helm untuk mengendarai sepeda motor. Anda bisa membeli helm tersebut di toko perlengkapan olahraga.

Memakai helm pelindung ini akan membantu Anda merasa lebih nyaman, apalagi jika Anda seorang pemula. Memakai helm akan melindungi kepala Anda dari cedera dan tentunya lebih aman.

2.      Gunakan Bantalan lutut dan pelindung pergelangan tangan.


Jika Anda ingin lebih aman lagi, Anda bisa menggunakan bantalan lutut dan pelindung pergelangan tangan agar terhindar dari goresan. Ketika Anda terjatuh karena gagal menyeimbangkan diri, maka siku dan lutut Anda setidaknya akan aman dari cedera.

3.      Gunakan Kaos Kaki


Anda juga bisa menggunakan kaos kaki untuk menghindari lecet-lecet pada kaki saat berlatih sepatu roda. Kaos kaki juga akan melindungi Anda dari paparan sinar matahari jika Anda sedang berlatih di siang atau sore hari.

4.      Pilih Jalan yang Halus


Hal yang paling penting untuk Anda perhatikan ketika hendak bermain sepatu roda adalah pilihlah jalan yang halus. Jalan yang halus adalah jalan yang sudah beraspal dan tidak bergelombang. Jalan yang memiliki banyak batu dan berkelok akan mempersulit Anda berlatih sepatu roda.

Anda akan sering kehilangan keseimbangan tubuh dan dampaknya Anda akan mudah terjatuh ke tanah. Selain membuat Anda kehilangan keseimbangan tubuh, jalan yang berkelok dan banyak batu akan merusak roda di sepatu Anda. tidak mau itu terjadi bukan? Maka dari itu, lakukan setiap tips bermain sepatu roda yang ada.