Skip to main content

4 Cara Memainkan Trompet Untuk Pemula

Cara Memainkan Trompet

Siapa bilang jika cara bermain trompet itu sangat mudah dengan hanya meniupnya saja? Tahukah Anda, bahwa bermain trompet itu membutuhkan keahlian khusus yang harus dilatih agar terbiasa menggunakan trompet dengan benar.

Sama halnya trompet, serulingpun juga asal ditiup, tapi dengan asal meniupnya saja, apakah akan terdengar keindahan bunyi yang dihasilkan dari dua alat musik tersebut? Maka dari itu, meniup saja itu belum cukup, Anda harus memahami tata cara memainkan trompet. Seperti apa cara memainkan trompet itu sendiri?

Cara Memainkan Trompet Untuk Pemula

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar Anda bisa memainkan trompet sebaik mungkin. Semua hal tidak ada yang instan, ada proses yang harus dilalui agar bisa menjadi seseorang yang profesional. Jadi, bagi Anda seseorang yang masih awam dalam menggunakan trompet, simak langkah menggunakan trompet di bawah ini :

1. Pemanasan

Dikarenakan alat musik satu ini membutuhkan tiupan napas yang panjang, maka Anda membutuhkan sebuah pemanasan sebelum berlatih. Pemanasan perlu dilakukan agar napas Anda tidak akan kehabisan di tengah latihan. Napas yang dangkal hanya akan membuat Anda kewalahan dalam memainkan trompet.

Maka dari itu lakukan pemanasan sebelum latihan trompet dimulai. Pemanasan bukan hanya dilakukan bagi seorang pemula saja, bahkan bagi pemain trompet yang sudah  profesional pun juga membutuhkan pemanasan agar napas bisa panjang dan tidak tersendat-sendat saat memainkan trompet.

Nah, pemanasan yang perlu Anda lakukan relatif mudah, Anda hanya perlu berdiri tegap dan ambil napas sedalam-dalamnya selama 5 sampai 10 detik. Setelah menahan napas selama 5 detik, maka turunkan bahu Anda perlahan dan buang napas Anda.



Baca Juga : 3 Cara Bermain Ular Tangga Untuk Pemula



Pemanasan selanjutnya agar bibir Anda terasa lentur saat meniup terompet adalah dengan cara merapatkan bibir bawah dan atas kemudian getarkan sampai mengeluarkan bunyi “brrrr”. Gerakkan bibir Anda selama kurang lebih  5-10 detik.

Pemanasan yang terakhir adalah dengan menggerakkan tangan dan jari-jari Anda.  Kibaskan kedua tangan selama 5-10 detik secara berulang-ulang. Fungsi dari pemanasan ini adalah tangan dan jari-jari Anda lebih lentur dalam memainkan trompet dan tidak akan terasa kaku.   

 Lakukan pemanasan itu setiap memulai latihan, semakin panjang waktu Anda melakukan pemanasan, maka stamina Anda dalam bermain trompet akan semakin baik dan lebih prima.

2. Pegang Trompet dengan Benar

Ketika memegang trompet, Anda harus benar-benar di posisi yang tepat. Posisi yang tepat memegang trompet adalah tangan kanan memainkan nada-nada trompet dengan jari tengah, telunjuk dan manis menekan tombol nada pada trompet. Sementara tangan kiri Anda gunakan untuk memegang beban trompet. Jika Anda salah meletakkan trompet, maka Anda akan kesulitan memainkan trompet.

3. Letakkan  mouthpiece 

Cara bermain trompet selanjutnya adalah pahami cara meletakkan mouthpiece. Mouthpiece adalah lubang masuknya bibir agar Anda bisa meniup trompet supaya berbunyi. Bagaimana cara meletakkan mouthpiece yang benar? Jawabannya adalah letakkan mouthpiece di tengah-tengah bibir Anda. 

4. Pahami Nada dalam Trompet

Agar Anda bisa memainkan trompet, maka Anda harus mampu memahami nada-nada yang ada. Nada-nada dalam terompet sendiri sama halnya dengan nada pada alat musiknya yaitu do re mi fa so la si do. Belajar lah memainkan nada dasar seperti do sol mi adalah nada tinggi. Selain itu Anda juga harus belajar slur untuk bisa menaik turunkan nada. Mempelajari slur juga  sekaligus memahami  nada di ri di sel li.

Anda juga harus bisa mengenali keras dan halusnya sebuah suara yang dihasilkan dari terompet yang Anda tiup.  Ada 3 cara untuk meniup terompet sesuai dengan nada suara yang dihasilkan. Pertama adalah suara halus, untuk menghasilkan suara halus ini, Anda harus meniup terompet dengan cara yang pelan sekali.

Kedua, adalah suara mezzo fotre, jika Anda ingin menghasilkan jenis suara  mezzo fotre maka Anda harus meniup trompet dengan cara yang sedang-sedang saja. Keluarkan udara di mulut dengan mode di tengah-tengah, tidak pelan tapi juga tidak terlalu keras.

Ketiga, adalah suara forte. Suara forte adalah kebalikan dari suara halus atau smooth. Jika Anda ingin menghasilkan suara yang keras, maka tiuplah trompet dengan sekeras mungkin. 

Tips Bermain Trompet

Jika Anda ingin menjadi pemain trompet profesional, maka Anda harus memperhatikan trik-triknya di bawah ini.

1. Rajin Olahraga Pernapasan

Trompet adalah alat musik yang bisa berbunyi jika ditiup dan tiupan membutuhkan pernapasan yang panjang. Rajin berolahraga pernapasan akan membuat napas Anda panjang dalam meniup trompet sehingga Anda tidak akan takut terengah-engah saat sedang memainkan trompet.

2. Jangan Minum Alkohol

Salah satu tips yang perlu Anda lakukan adalah hindari minum alkohol jika Anda ingin menjadi pemain trompet profesional. Jika Anda terlalu banyak meminum alkohol, maka paru-paru Anda akan rentan terkena infeksi.

Jika paru-paru Anda terinfeksi, maka akan berpengaruh pada pernapasan Anda. Anda akan kesulitan mengatur napas jika paru-paru terinfeksi karena kandungan berbahaya yang ada dalam alkohol.

3. Jangan Merokok

Sama halnya dengan meminum alkohol, rokok juga berbahaya untuk kesehatan paru-paru dan organ penting lainnya. Zat yang terkandung dalam sebatang rokok bisa membahayakan pernapasan manusia.

Jika Anda ingin memiliki napas yang panjang, maka Anda harus menghindari rokok karena rokok tidak baik untuk kesehatan pernapasan manusia.

4. Ikut Komunitas

Cara bermain trompet memang bisa dikatakan tidak mudah dan perlu banyak latihan. Selain membutuhkan napas yang panjang dengan rajin berolahraga, bermain trompet juga membutuhkan kemampuan yang baik dalam memainkan nada-nada.

Maka dar itu, jika Anda ingin pandai memainkan trompet, Anda bisa mengikuti komunitas-komunitas pemain trompet agar keahlian Anda bisa terasah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar