Skip to main content

4 Cara Memainkan Harmonika Dengan Baik Dan Benar

Cara Memainkan Harmonika


Harmonika adalah salah satu instrumen musik yang paling mudah untuk dimainkan. Harmonika memang terdengar sangat keren, dan dapat digunakan untuk berbagai gaya musik. Untuk bisa bermain harmonika, diperlukan sebuah pernapasan yang panjang. Lalu bagaimana cara memainkan harmonika itu sendiri?

Cara Memainkan Harmonika Dengan Baik Dan Benar


Untuk bisa bermain harmonika dengan cepat, Anda perlu melakukan banyak latihan dan jangan mudah bosan. Anda bisa melakukan tips memainkan harmonika yang akan diulas di artikel ini. Berikut adalah trik atau cara menggunakan alat musik harmonika dengan mudah.
Jenis-jenis Harmonika

Sebelum bermain harmonika, maka Anda perlu memilih ingin menggunakan jenis harmonika yang mana yang ingin Anda gunakan. Beberapa jenis harmonika adalah :


1. Diatonic


Diatonis adalah jenis harmonika yang paling umum dan paling sederhana. Sebagai pemula, Anda bisa menggunakan harmonika jenis ini. Harmonika diatonic memiliki 10 lubang.

2. Chromatic 


adalah jenis harmonika mewah yang memiliki tombol kecil di samping. Saat Anda menekan tombol ini, nada apa pun yang Anda mainkan bergerak naik setengah langkah. Jenis harmonika ini memungkinkan Anda memainkan setiap nada dalam skala kromatik.


3. Tremolo


Harmonika jenis ini memiliki dua baris lubang dan nada dipasang sedikit terpisah, tetapi hampir sama yakni menciptakan efek getar "tremolo" yang keren.


Baca Juga : Cara Memainkan Happy Birthday pada Gitar


4. Octave Harmonicas 


Pada harmonika oktaf, nada dipasang satu oktaf terpisah dan menciptakan suara yang lebih penuh.


Cara Memainkan Harmonika


1. Hisap Harmonika dengan Benar

Pernapasan yang benar untuk harmonika adalah menghisap, bukan meniup ke harmonika.  Menyedot dan meniup terjadi dengan bibir dan di depan mulut." Anda bisa mencoba teknik “Survival breathing" untuk pemula.

Hal yang perlu dicatat bahwa pernapasan yang benar pada harmonika akan berkembang secara alami semakin Anda memainkan harmonika. Semua pemain harmonika pemula sangat lelah dan letih ketika mereka bermain lebih dari hanya beberapa menit. Waktu, dan pengkondisian melalui pengulangan akan memecahkan masalah ini. Ingat Anda harus tetap rileks dan coba untuk bernapas dengan, melalui, dan di sekitar harmonika. Jangan memaksanya.

Perut Anda akan selalu bergerak pertama  maka dari itu saat bernapas dengan benar pada harmonika, hal pertama yang Anda lakukan adalah diafragma Anda bergerak. Gerakan ini menciptakan aliran udara yang akhirnya membuat suara keluar di harmonika.

Pernapasan pada untuk harmonika mirip dengan pernapasan yang diajarkan untuk bernyanyi atau olahraga, seni bela diri yang hanya melibatkan kontrol napas Anda untuk menghembuskan napas Anda.


2. Masukkan harmonika ke dalam mulut Anda sambil mempertahankan nada tunggal. 


Cara termudah untuk bernapas dengan benar dengan harmonika adalah dengan memainkan not tunggal Anda dengan harmonika sejauh mungkin ke dalam mulut Anda. Semakin jauh Anda memasukkan harmonika ke mulut Anda tanpa kehilangan satu nada pun, maka akan semakin baik. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk melewati "mekanisme penghisapan", bagian depan mulut dan bibir Anda, dan memaksa Anda untuk bernapas dengan benar dari diafragma Anda.


3. Mulai membuat Suara


Cobalah membuat suara "ha" untuk setiap hembusan napas (nota tiup) dan setiap hirupan yang Anda mainkan. Nama untuk untuk teknik pernapasan ini disebut sebagai "pernapasan diafragma", "pernapasan dalam", "pernapasan Zen", "pernapasan perut", "pernapasan 3 langkah", atau "pernapasan yoga".

4. Meniup Lubang 


Jika Anda meniup ke lubang-lubang harmonika, satu per satu dari kiri ke kanan, Anda akan mendengar nota 1, 3, dan 5 dari chord mayor (C, E, G di kunci C) diulangi berulang selama tiga kali (serta satu C tinggi di bagian akhir).

Memainkan harmonika melibatkan kombinasi penghirupan. jika Anda meniup ke lubang 4 pada harmonika C, Anda akan mendengar C. Jika meniup ke lubang berikutnya maka nada bergerak ke E.

Meniup ke lubang 6 menghasilkan G, jika Anda meniup ke lubang 7, Anda akan mendengar C. Anda harus menarik napas untuk menghasilkan nada B.

Cara Memainkan Bending Pada Harmonika 


Setelah Anda mulai bisa memainkan harmonika, maka Anda bisa melakukan nada "bending" dan belajar bagaimana mendapatkan suara yang sama tanpa memiringkan harmonika.
Memiringkan harmonika adalah teknik yang biasa dilakukan untuk mendapatkan ide "bending", tetapi Anda tidak akan dapat memainkan banyak lagu jika Anda terus-menerus memiringkan harmonika.

Anda harus belajar bermain harmonika dengan metode mengubah bentuk mulut dan lidah. Anda untuk mensimulasikan perubahan yang sama dalam aliran udara yang Anda peroleh dengan memiringkan harmonika.

Teknik bermain harmonika menggunakan metode tersebut memang yang paling sulit untuk dilakukan. adapun Cara Memainkan Harmonika dengan menghasilkan nada bending adalah :

1. Mulai dengan mengatur pernapasan.

2. Dorong rahang bawah Anda ke depan sedikit saja.

3. Dorong ujung lidah Anda pada gigi bawah depan Anda.

4. Ubah lidah Anda ke langit-langit mulut Anda tetapi jangan sampai lidah Anda melengkung begitu banyak karena akan menyulitkan Anda. memotong arif Anda).

5. Tiup harmonika sedikit lebih keras untuk mengimbangi sudut aliran udara yang tajam karena terjadinya perubahan rahang dan lidah Anda.

6. Jangan meniup terlalu keras atau tiupan Anda akan bergerak melewati "draw bend" ke "overdraw bend".

7. Pastikan nada 2,3,4, dan 5 sedekat mungkin secara bersamaan.

8. Dengarkan secara seksama perubahan nada bending

9. Segera setelah menghasilkan suara bending, rilekskan rahang dan lidah Anda

10. Kembalikan lidah Anda ke tempat biasa di bagian bawah mulut Anda

11. Lanjutkan meniup dan kembali ke nada bunyi tunggal bersih yang biasa.