Skip to main content

4 Cara Cepat Mengatasi Batuk Ringan Secara Alami


Batuk merupakan jenis penyakit yang sering menyerang sebagaian banyak orang. Jadi, hampir semua orang pernah mengalami batuk namun entah penyebabnya pasti berbeda-beda. Ada batuk ringan yang biasanya disebabkan karena sakit flu dan pilek. Ada pula batuk berat yang disebabkan karena infeksi, alergi, hingga TBC. Hal itu perlu Anda perhatikan dengan cara mengatasi batuk tersebut.


Batuk juga menyerang untuk kalangan di segala usia mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang tua. Bahkan jika batuk tersebut menyerang pada anak Anda yang masih kecil, sehingga membuat Anda panik dan khawatir. Pastinya Anda segera ingin penyakit batuk menghilang dari tubuh anak. Hal itu bisa Anda lakukan dengan beberapa cara cepat mengatasi batuk baik secara alami maupun dengan membawa ke dokter.

Cara Cepat Mengatasi Batuk Ringan Secara Alami 

Beberapa Buah yang dapat Mengatasi  Batuk 

1. Jeruk Nipis

Cara Cepat Mengatasi Batuk Ringan Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat bermanfaat sebagai pereda batuk termasuk untuk anak. Selain itu jeruk nipis juga mempunyai kandungan zat flavonoid yang dapat melancarkan pernapasan serta mengurangi lendir pada tenggorokan. Adapun cara memanfaatkan jeruk sebagai obat mengatasi batuk adalah peras jeruk nipis dalam suatu wadah lalu tambahkan dengan madu sekitar satu sendok teh kemudian baru bisa diminum. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari selama batuk masih belum reda.



2. Jeruk Lemon

Cara Cepat Mengatasi Batuk Ringan Dengan Jeruk Lemon

Sebagaimana jeruk nipis, jeruk lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk meredakan batuk. Lemon juga bermanfaat untuk mengusir infeksi pada tenggorokan serta membuang racun dalam tubuh, sehingga dapat meredakan batuk ringan. Adapun cara untuk mengatasi batuk yaitu dengan memeras jeruk lemon, taruh dalam wadah. Kemudian campurkan antara air perasan jeruk lemon dengan sedikit air hangan serta tambahkan madu secukupnya. Minumlah 2-3 kali dalam sehari hingga batuk mereda.






3. Nanas

Cara Cepat Mengatasi Batuk Ringan Dengan Nanas

Buah nanas mengandung zat bromelain yang dapat membantu meredakan batuk, mual, hingga muntah. Selain itu juga bisa mengangkat lendir yang menyangkut pada tenggorokan Anda. Caranya mudah yaitu bisa dimakan langsung, namun jangan lupa dikupas dan dicuci bersih. Kemudian Anda juga dapat membuatnya sebagai sirup dan minum secara teratur hingga batuk mereda.


4. Anggur

Cara Cepat Mengatasi Batuk Ringan Dengan Anggur

Buah yang satu ini ternyata juga membantu meredakan batuk. Caranya mudah, Anda hanya harus membuatnya menjadi jus tanpa mengupas kulitnya juga tanpa tambahan air. Anggur sebenarnya berfungsi untuk mencairkan dahak, sehingga dapat dengan mudah keluar dari kerongkongan Anda saat batuk. Anggur ini sangat cocok bagi penderita batuk yang disebabkan karena flu atau infeksi.


Mengatasi Batuk dengan Cara Lain

1. Beberapa penelitian menyatakan bahwa madu dapat menekan batuk sebagaimana obat-obat batuk yang dijual bebas di toko atau apotek. Anda dapat menggunakan madu sebagai pereda batuk khususnya bagi anak usia di atas 1 tahun. Anda bisa langsung meminumnya 1 sendok makan setiap beberapa jam selama batuk belum reda. Jangan lupa untuk memastikan bahwa madu yang Anda gunakan asli atau alami, tanpa pemanis buatan. Sebab, jika madu yang Anda pakai tidak asli atau mengandung pemanis buatan justru menyebabkan batuk.

2. Air garam. Anda dapat memanfaatkan garam sebagai obat pereda batuk dengan cara melarutkan garam dalam air hangat. Kemudian buatlah untuk berkumur selama 15 detik. Lakukan hal ini hingga air habis dan ulangi hingga batuk mereda. Air garam ini khususnya dapat meredakan batuk berdahak karena dapat mengeluarkan dahak yang menyangkut pada tenggorokan Anda.

3. Cara alami dalam mengatasi batuk adalah mandi dengan air hangat. Hal ini disebabkan air hangat ternyata efektif dapat melembabkan saluran pernapasan. Cara ini biasanya cocok bagi Anda yang menderita batuk akibat flu atau alergi. 

4. Wedang Jahe. Jahe merupakan jenis akar-akaran yang mudah Anda dapatkan, sehingga sering digunakan sebagai bahan untuk meredakan batuk. Selain itu jahe juga dapat melancarkan pernapasan Anda. Anda dapat membuatnya sebagai wedang jahe dengan memasukkan jahe yang sudah digeprek pada segelas air hangat. Kemudian minum secara teratur hingga batuk mereda.

5. Anda juga bisa memanfaatkan kunyit sebagai salah satu bahan pereda batuk. Ambil sebuah kunyit kemudian panggang hingga aromanya menyengat. Lalu haluskan kunyit dengan cara digeprek atau ditumbuk. Ambil satu bubuk kunyit seujung sendok teh dan campur dengan madu serta air hangat. Minum 3 kali dalam sehari selama batuk belum mereda.

6. Anda dapat memanfaatkan daun kemangi untuk membantu mengatasi batuk kering maupun berdahak. Caranya adalah dengan menghaluskan daun kemangi kemudian oleskan pada dada dan punggung Anda secukupnya. Daun kemangi juga mampu melancarkan pernapasan, sehingga Anda dapat istirahat dengan tenang dan nyaman.

7. Anda dapat mengoleskan minyak kayu putih saat batuk. Minyak kayu putih secara efektif dapat meredakan batuk berdahak dengan sebab mampu mengangkat lendir dari tenggorokan Anda sehingga dengan mudah keluar. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan minyak kayu putih pada dada Anda. Lakukan cara ini hingga batuk mereda.

8. Bagi Anda yang suka merokok, alangkah baiknya jika Anda mulai mengurangi dan berhenti merokok. Hal ini merupakan upaya mengatasi batuk yang selama Anda derita. Mengingat rokok sering mengganggu pada saluran pernapasan Anda, bahkan asap rokok yang Anda hirup maupun hisab akan masuk dalam tubuh yang berdampak pada kesehatan paru-paru. Demikian berhenti merokok merupakan cara efektif untuk mengatasi batuk.