Skip to main content

4 Cara Bermain Kibor Untuk Pemula


Cara Bermain Kibor


Apakah Anda ingin memainkan beberapa lagu favorit Anda, tetapi tidak tahu cara bermain kibor? Tidak tahu dari mana harus memulainya? Tidak perlu bingung, ada banyak trik dan panduan yang bisa Anda pelajari agar bisa menguasai alat musik satu ini.


4 Cara Bermain Kibor Untuk Pemula



Kibor adalah alat musik multifungsi yang bisa memainkan segala nada. Baik nada piano, suling, biola, terompet. Ya, satu alat yang bisa memainkan beragam suara. Bagi Anda yang ingin belajar bermain kibor, berikut adalah tips untuk bermain kibor.

Pengertian Alat Musik Kibor

Kibor, sebuah alat musik yang dapat dengan mudah memainkan hampir semua gaya musik. Mulai  dari musik klasik, jazz, blues, dan kontemporer, semua bisa dimainkan oleh satu alat musik saja, yang bernama kibor.

Kibor dilengkapi dengan berbagai fitur seperti style, voice, sequencer, parameter monitor, potensiometer volume, pitch,  modulation serta masih banyak fitur menarik lainnya. Banyak orang salah menduga bahwa kibor dan piano merupakan sebuah alat musik yang sama.

Padahal, realitanya kibor dan piano adalah dua alat musik yang berbeda. Perbedaan kibor dan piano terletak pada materialnya. Kibor menggunakan komponen listrik yang bisa membantu alat musik multifungsi ini untuk mengeraskan atau mengecilkan suara.

Sementara piano sendiri materialnya terbuat dari senar dan hammer stick yang dibungkus oleh busa dan kulit. Suara yang dihasilkan dari piano merupakan bentuk dari resonansi dan gema yang muncul dari getaran besi senar yang mengenai besi batangan dan kayu ebony. Getaran itulah yang pada akhirnya memancarkan suara sehingga terdengarlah alunan musik khas piano.

Cara Bermain Kibor

Pada dasarnya cara bermain kibor dan piano memang memiliki sedikit persamaan. Namun untuk bermain kibor, Anda harus mengatur tuts kibor Anda pada bagian left. Di bagian left ini Anda perlu mengaturnya sebagai bass. Sementara untuk tuts right kibornya, Anda atur sebagai organ atau bisa juga diatur sebagai string. 




Ingin mengatur tuts right menjadi organ atau string disesuaikan dengan keinginan Anda, namun kebanyakan orang suka mengaturnya menjadi organ. Setelah semua sudah Anda atur, maka berikut ini adalah cara bermain kibor :

1. Siapkan chord lagu yang ingin Ada mainkan di depan kibor. 

2. Gunakan bagian jari tangan kiri Anda sebagai bass, kemudian tekan tuts yang sesuai dengan chord. 

3. Selanjutnya gunakan jari tangan kanan untuk menekan melodi-melodi yang ingin dimainkan.

4. Terakhir, sesuaikan tekanan antara tangan kanan dengan tangan kiri Anda. Langkah terakhir satu ini memang bisa dikatakan langkah yang paling sulit. 

Bagaimana cara menyesuaikan tekanan antara tangan kanan dengan tangan kiri Anda agar bisa bermain kibor dengan mudah dan nada yang dihasilkan indah?

Jawabannya adalah teruslah berlatih dan berlatih. Dengan Anda rajin berlatih memainkan kibor, maka Anda akan menjadi semakin terbiasa bermain alat musik kibor. 

Mempelajari Nada Dasar Chord dalam Kibor

Untuk bisa bermain kibor dengan baik, adalah dimulai dari memahami nada-nada dasar dalam chord. Pasti Anda tidak asing dengan nada “do re mi fa so la si do” bukan? Nah, untuk memainkan nada-nada tersebut pastinya Anda harus memahami chord dalam kibor. 

Berikut ini adalah not angka yang mewakili nada dasar chord dalam kibor beserta penjelasannya :

1. Nada  awal yang memiliki not 1 atau Do adalah C.
2. Nada kedua yang memiliki not 2 atau Re adalah D. 
3. Nada  ketiga yang memiliki not 3 atau Mi adalah E.
4. Nada keempat yang memiliki not 4 atau Fa adalah F.
5. Nada kelima yang memiliki not 5 atau Sol adalah G.
6. Nada keenam yang memiliki not 6 atau La adalah A
7. Nada ketujuh yang memiliki not 7 atau Si adalah B.
8. Nada kedelapan yang memiliki not 1′ atau Do adalah C’.

Jangan terkecoh dengan not angka C dan C’ yang hampir memiliki kesamaan karena simbol “C” tanpa koma di atas atau dibaca do adalah nada awal yang paling rendah. Sementara simbol “ C’ ” dengan koma di atas yang juga sama di baca do memiliki nada dengan oktav satu lebih tinggi.

Tips Cara Bermain Kibor

Tidak ada pekerjaan yang sulit untuk dilakukan selama Anda mau terus berusaha dan berlatih. Untuk menjadi pemain kibor yang handal, maka Anda bisa simak tips agar bisa mahir memainkan kibor di bawah ini :

1. Tekun dan Sabar

Tekun dan sabar adalah kunci yang paling utama jika ingin mahir memainkan kibor. Tidak mudah memang memainkan alat musik multifungsi satu ini. Oleh sebab itu, ketekunan dan kesabaran menjadi kunci utamanya. 

Tidak perlu kecewa jika setiap berlatih Anda salah nada, karena dengan kesalahan itu Anda bisa belajar bagaimana memainkan nada yang benar. Jangankan orang yang pertama belajar,orang yang sudah pandai memainkan kibor saja juga tidak luput dari kesalahan memainkan nada.

2. Mencari Guru Privat

Jika Anda benar-benar serius ingin bisa memainkan kibor dengan mahir, maka Anda bisa mencari guru privat yang berpengalaman. Guru privat atau tentor yang memiliki pengalaman di bidangnya akan sangat membantu Anda dalam proses melatih cara bermain kibor.

3. Mengikuti Komunitas Alat Musik Kibor

Jika Anda tidak memiliki banyak biaya untuk bisa menggunakan jasa guru privat agar lebih mahir bermain kibor, Anda bisa mengikuti komunitas pemain kibor. Saat ini banyak pecinta alat musik yang mendirikan komunitasnya, salah satunya adalah pemain kibor. Jadi dengan bergabungnya Anda di komunitas ini, Anda akan diarahkan bagaimana cara bermain kibor yang baik.