3 Cara Jogging Yang Benar

3 Cara Jogging Yang Benar

cara jogging yang benar


Setiap orang pasti sering mendengar kata jogging. Namun, belum tentu mengetahui cara jogging yang baik dan benar. Sebab jogging merupakan olahraga yang paling murah serta mudah.

Secara umum jogging adalah olahraga yang dilakukan dengan cara lari-lari kecil dengan tujuan berbagai tujuan.

Jogging merupakan olahraga yang cukup sederhana dan mudah. Meskipun demikian, jogging mempunyai teknik dan cara tersendiri yang patut Anda ketahui agar lebih banyak memberi manfaat bagi kesehatan fisik Anda.

Sebab, jogging memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda jika dilakukan dengan baik dan benar.

Cara Jogging Yang Benar


Tahap Persiapan

1. Sebelum memulai melakukan jogging persiapkan sepatu lari yang tepat. Sepatu yang Anda pakai pastikan sesuai dengan ukuran dan kegunaan agar nyaman untuk Anda pakai saat melakukan jogging.

Jangan lupa pula untuk mengikat tali sepatu dengan benar dan kuat agar aktifitas jogging Anda tidak terganggu dengan tali sepatu yang memudar.

2. Ada lagi yang harus Anda persiapkan sebelum jogging adalah pakaian baik itu kaos ataupun celana.

Pilihlah pakaian yang kainnya mudah menyerap keringat seperti bahan spandex dan semacamnya. Selain itu, gunakan pakaian yang longgar agar lebih nyaman ketika Anda gunakan saat melakukan jogging.

3. Tentukan jarak atau jalur untuk Anda melakukan jogging agar tidak kebingungan saat melakukan jogging.

Pilihlah jalur yang sekiranya aman dan nyaman untuk Anda lalui juga pilih jalan yang sepi dari kendaraan.

Sebaiknya jalur jogging tidak terlalu panjang agar tidak menimbulkan kelelahan yang berlebihan bagi Anda, ambillah panjang jalur yang cukup sesuai dengan kemampuan Anda.


Tahap Aksi

1. Sebelum memulai lari-lari kecil, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu agar pada saat Anda melakukan jogging tidak kaget.

Dengan pemanasan terlebih dahulu, Anda tidak akan merasakan nyeri atau pegal setelah jogging selesai. Pemanasan bisa Anda lakukan dengan cara semacam senam ringan selama 4-5 menit.

2. Perhatikan posisi anggota badan Anda saat melakukan jogging. Keseimbangan antara kaki, tangan, kepala, hingga perut harus tetap terjaga.

Untuk itu pada saat melakukan lari kecil selalu tegakkan kepala serta menghadap lurus ke depan. Tumit Anda jadikan sebagai tumpuan saat mendaratkan kaki Anda ke tanah.

Hal ini cukup efektif membantu Anda untuk mengurangi rasa lelah pada kaki. Sementara itu, posisi tangan yang benar adalah tetap menggenggam namun dengan santai agar otot-otot tangan Anda tidak tegang.



Baca Juga : 3 Cara Hidup Di Saat Ini Tanpa Memikirkan Masa Lalu Dan Masa Depan



Jangan lupa tekuk tangan Anda secara santai pula saat melakukan lari kecil. Bagi Anda yang ingin mengecilkan perut Anda yang buncit juga harus memperhatikan posisi perut.

Pada saat lari kecil lakukan penarikan otot perut ke dan tahan selama melakukan lari kecil sehingga akan membantu mengurangi ukuran perut Anda yang buncit.

3. Pada tahap awal lakukan lari secara perlahan kemudian semakin lama Anda bisa menambah kecepatan lari.

Namun, perlu diingat bahwa kecepatan lari sesuaikan dengan kemampuan Anda, sehingga jangan sampai terlalu kencang.

Jika Anda berasa pernapasan mulai tersendat, kurangi kecepatan lari Anda.


Tips Tentang Jogging

1. Agar jogging yang Anda lakukan efektif membantu mengurangi berat badan maupun perut buncit Anda harus melakukannya secara teratur.

Jogging biasanya dilakukan pada pagi hari bahkan malam. Jika Anda sering melakukannya pada pagi hari sebaiknya selalu lakukan secara rutin pada waktu yang sama.

Selain itu jaga rutinitas mengenai jarak atau jalur yang Anda tempuh dalam melakukan jogging.

2. Pada saat Anda melakukan jogging pasti terasa haus, sehingga Anda bisa membawa air minum untuk menghindari dehidrasi.

Minumlah secukupnya, jangan terlalu banyak karena bisa menimbulkan kaget atau sakit perut jika kebanyakan.

3. Jangan sampai kekenyangan pada saat jogging. Sebelum melakukan jogging jangan terlalu banyak makan, sebab hal itu membuat Anda lemah dan cepat lelah pada saat jogging.

Makan buah pisang menjadi alternatif bagi Anda untuk menghindari rasa kekenyangan, namun jangan dulu makan nasi.

4. Jika Anda ingin jogging menjadi menyenangkan Anda bisa mengajak teman. Semakin banyak teman bisa membuat Anda semakin semangat dan punya teman untuk ngobrol santai saat jogging.

Hal ini bisa memberi kesan jogging Anda tidak membosankan dan tetap enjoy.

5. Jangan lupa selalu luruskan lengan kaki Anda ketika selesai melakukan jogging. Hal bermanfaat agar otot-otot kaki Anda agar tidak kaku serta bisa lentur kembali.

Melakukan cara jogging sebagaimana di atas yang baik dan benar akan memberi beberapa manfaat bagi Anda, diantaranya adalah:

1. Menguatkan tulang kaki

Lari-lari kecil yang Anda lakukan bisa menguatkan tulang kaki Anda apalagi jika dilakukan secara teratur.

2. Membakar kalori dalam tubuh

Pada saat Anda melakukan olah pernapasan pada perut selama jogging hal itulah yang membuat kalori Anda mulai berkurang. Apalagi jika Anda melakukan jogging pada malam hari setelah makan malam.

3. Menjaga kesehatan jantung

Pada saat Anda melakukan lari-lari kecil, detak jantung Anda menjadi lebih aktif. Hal itu menjadikan jantung Anda lebih sehat jika dibandingkan dengan ketika Anda tidak melakukan aktifitas apapun.

4. Membantu meningkatkan konsentrasi

Ketika Anda pada posisi pandangan lurus saat jogging, dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda.

Terlebih jika dilakukan pada pagi hari dengan situasi udara yang masih fresh. Jadi, pandangan lurus saat jogging bukan hanya untuk menentukana ataupu  menyiapkan jalur yang akan Anda tempu, namun juga untuk meningkatkan konsentrasi Anda baik dalam hal pikiran maupun pandangan mata.

5. Meningkatkan nafsu makan

Setelah Anda melakukan jogging pasti merasakan perubahan yang berarti bagi fisik Anda. Anda akan merasa lebih fresh sehingga akan meningkatkan nafsu makan.

6. Menghilangkan stres

Stres yang Anda alami bisa teratasi dengan jogging sebagaimana melakukan lari-lari kecil khususnya di tempat yang sepi dan nyaman.

Terlebih didukung dengan pemandangan atau situasi alam sekitar yang Anda lalui pada saat jogging. Hal ini membuat pikiran Anda lebih segar serta dapat melupakan beban pikiran.

7. Meningkatkan semangat menjalani aktifitas

Jogging pada pagi hari mampu membangkitkan Anda untuk mejadi orang yang lebih giat dan rajin. Sebab, Anda sudah bangun pagi dengan segala persiapan jogging kemudian melanjutkan aktifitas selanjutnya seperti mandi untuk menghilangkan bau badan setelah berjogging.

Lalu melakukan rutinitas Anda sebagaimana mestinya seperti bekerja, sekolah, dan sebagainya.