3 Cara Hidup Di Saat Ini Tanpa Memikirkan Masa Lalu Dan Masa Depan

3 Cara Hidup Di Saat Ini Tanpa Memikirkan Masa Lalu Dan Masa Depan

Cara Hidup Di Saat Ini Tanpa Memikirkan Masa Lalu Dan Masa Depan


Selalu memikirkan masa lalu atau masa depan Anda yang belum jelas membuat Anda hidup tidak nyaman.

Selain itu, Anda akan kehilangan masa kini yang amat berharga, sebab hal itu dapat membuat Anda lebih banyak merenung ataupun melamun.

Alangkah baiknya Anda melakukan hidup di saat ini tanpa memikirkan masa lalu dan masa depan.

Pastinya Anda sering mengingat kenangan masa lalu baik yang menyenangkan maupun yang tidak.

Hal bisa membuat Anda trauma dengan segala apa yang telah terjadi, bahkan itu dapat mengganngu aktifitas Anda di masa kini.

Sementara itu, Anda tidak perlu begitu serius memikirkan masa depan yang sifatnya masih abstrak, sebab masa depan tidak harus Anda pikirkan selalu hanya saja Anda harus melakukan yang terbaik untuk saat ini.

Jadi, jalani hidup Anda di saat ini tanpa memikirkan masa lalu dan masa depan.

Sebagaimana pepatah yang diungkapkan oleh James Thurber “Jangan melihat masa lalu dengan penyesalan, jangan melihat masa depan dengan ketakutan, namun lihatlah sekitarmu dengan kesadaran.”

Berikut Cara Hidup Di Saat Ini Tanpa Memikirkan Masa Lalu Dan Masa Depan


1. Lupakan Masa Lalu Anda yang Buruk

Setiap orang pastinya mempunyai masa lalu entah itu baik maupun buruk.

Meskipun demikian, yang menjadi permasalah adalah ketika Anda masih sering mengingat dengan masa lalu Anda yang buruk.

Hal itu sebenarnya dapat mengganggu Anda dalam menjalani hidup saat ini. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar tidak selalu mengingat masa lalu Anda yang buruk.

Jika Anda memiliki trauma akibat masa lalu yang buruk, sebaiknya segera hilangkan trauma tersebut dengan konsultasi ke dokter atau psikolog.

Trauma buruk harus Anda hilangkan agar kehidupan masa kini tetap berjalan dengan bahagia tanpa bayang-bayang pengalaman yang buruk bagi Anda.


Baca Juga : 8 Cara Hidup Dengan Pikiran Yang Tenang


Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan dan bermanfaat agar tidak selalu teringat dengan masa lalu yang buruk.

Ingatlah bahwa dalam suatu masa juga ada momen yang baik dan membahagiakan pula. Jadikan masa lalu Anda yang baik sebagai motivasi dalam menjalani hidup di saat ini.

Jika Anda pernah mempunyai masalah dengan orang lain dan masih terjadi hingga saat ini, alangkah baiknya segera menyelesaikan masalah tersebut dengan berdamai atau saling memaafkan.

Setidaknya dengan cara ini Anda akan lebih tenang dan mudah untuk melupakan masalah tersebut juga masa lalu Anda yang buruk.

Demikian, jangan sesali masa lalu Anda sebab yang telah terjadi biarlah tidak baik untuk Anda ungkit dan jadikan sebagai beban dalam menghadapi hidup saat ini.

Perlu Anda ingat bahwa masa lalu yang merupakan bagian dari pengalam Anda merupakan pelajaran bagi Anda untuk menjalni hidup saat ini.

Alangkah baiknya Anda melupakan masa lalu yang buruk dan tidak berguna bagi Anda untuk menjalani hidup saat ini.


2. Tidak Terlalu Khawatir dengan Masa Depan

Bagaimanapun setiap orang memiliki impian atau cita-cita untuk masa depan.

Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan apa dan bagaimana yang akan terjadi pada masa depan Anda dengan begitu keras.

Sebab, masa depan tidak harus melulu dipikirkan, hanya saja perlu Anda berusaha, melakukan yang terbaik, serta berdoa untuk saat ini.

Masa depan merupakan merupakan teka-teki kehidupan yang tidak bisa selalu Anda pikirkan. Agar Anda tidak selalu mengkhawatirkan masa depan yang belum jelas, alangkah baiknya Anda berfokus pada aktifitas atau pekerjaan Anda saat ini.

Anda bisa membaca buku dengan berbagai tema seperti tema liburan dan sebagainya agar hidup Anda lebih tenangdi saat ini.

Jangan bayangkan hal-hal buruk tentang masa depan yang belum tentu terjadi pula. Lakukan semua hal yang Anda mampu dan sukai saat ini, sebab nantinya hal itu mempengaruhi masa depan Anda pula.

Melakukan aktifitas semengalir mungkin dapat menghidarkan Anda dari kecemasan tentang masa depan. Ikuti alur kehidupan Anda saat ini dengan enjoy dan bahaagia.

Tidak memimpikan suatu hal yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kemampuan Anda merupakan cara efektif dalam menjalani hidup semengalir mungkin.

Demikiaan, Anda tidak perlu cemas dengan apa yang akan terjadi pada masa depan Anda yang masih menjadi misteri.


3. Tetap Fokus pada Masa Sekarang

Agar tetap fokus di saat ini Anda bisa mencari kesibukan yang bermanfaat bagi diri sendiri. Seperti halnya menekuni hobi Anda dan menjadikannya sebagai salah satu hiburan atau mengisi waktu luang.

Agar waktu luang Anda tidak terbuang sia-sia dengan memikirkan masa lalu dan masa depan yang belum menentu.

Jika Anda terbebani masalah akibat masa lalu mapun masa depan, sebaiknya tenangkan diri terlebih dahulu dengan cara meditasi dan sebagainya.

Lakukan meditasi dalam beberapa menit saja untuk sejenak menikmati kehidupan masa kini. Terlebih jika Anda lakukan di tempat terbuka yang banyak mengandung udara segar. Sehingga, Anda bisa melakukan meditasi sambil menikmati pemandangan sekitar dan bersantai sejenak.

Hal ini dapat menghilangkan stres Anda akibat masalah ataupun yang lainnya.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki banyak pekerjaan atau tugas, alangkah baiknya Anda berfokus pada pekerjaan Anda saat ini yang belum tuntas.

Secara tidak langsung cara ini bisa melupkan Anda dari bayang-bayang masa lalu dan masa depan yang belum menentu.

Jangan lupa kerjakan pekerjaan Anda dengan surius dan fokus agar tidak terjadi banyak kesalahan. Jika sudah selesai semua pekerjaan saat ini, Anda bisa melakukan beberapa hal yang menyenangkan sebagai bentuk refreshing seperti jalan-jalan dan sebagainya.