Skip to main content

3 Cara Cepat Menyembuhkan Mata Merah Muda

Cara Cepat Menyembuhkan Mata Merah Muda

Mata merah muda sering disebut juga sebagai konjungtivitis. Penyakit mata merah biasanya disebabkan infeksi, alergi, virus maupun bakteri. Gejala mata merah muda berawal dari mata terasa gatal dan panas serta berair. Selain itu mata biasanya terasa bengkak begitu pula pada kelopak mata. Hal ini biasanya dikarenakan adanya kotoran yang masuk pada kelopak mata. Alangkah baiknya Anda selalu menjaga kesehatan mata sebagai upaya untuk menyembuhkan mata merah muda.

Sebenarnya mata merah muda bisa sembuh dengan sendirinya, namun membutuhkan waktu yang lama juga selagi tidak banyak bakteri yang masuk ke dalam mata. Jika terlalu banyak bakteri yang masuk dan bahkan anda sering menguceknya karena tidak sabar dengn rasa gatalnya justru membuat mata Anda semakin buruk. Meskipun demikian, mata merah muda sebenarnya tidak mempengaruhi penglihatan Anda. Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara menyembuhkan mata merah muda.

Cara Cepat Menyembuhkan Mata Merah Muda



1. Mata merah muda yang disebabkan bakteri

Jika mata merah Anda disebabkan bakteri dapat disembuhkan dengan memberinya obat tetas antibiotik seperti ciprofloxacin, ofloxacin, tobramycin, dan gentamicin. Selain itu, Anda juga bisa menyembuhkan mata dengan cara membersihkan bagian kelopak dan bulu mata yang sedikit lengket menggunakan kapas basah. Jangan lupa ganti kapas jika ingin melakukan pada mata yang satunya.

Sebenarnya mata merah muda yang disebabkan bakteri tidak begitu berbahaya sehingga tidak bisa menular pula. Selain itu proses penyembuhannya hanya membutuhkan waktu yang sebentar.



Baca Juga : 4 Cara Cepat Mengatasi Batuk Ringan Secara Alami



Jika Anda ingin mengatasinya dengan cara alami, Anda bisa memanfaatkan kunyit untuk menyembuhkan mata merah muda. Kunyit ini mengandung zat antibiotik serta antiseptik, sehingga sangat cocok untuk menyembuhkan mata merah muda akibat bakteri.

Demikian, kunyit juga dapat mencegah infeksi pada mata Anda. Cara melakukannya mudah yaitu campurkan sepotong kunyit pada air mendidik kemudian taruh dalam gelas. Lalu saring air kunyit tersebut untuk Anda gunakan sebagai obat pembasuh kelopak mata. Lakukan cara ini dengan hati-hati.


2. Mata merah muda yang disebabkan alergi

Sebenarnya matas merah muda yang disebabkan alergi juga tidak termasuk penyakit mata yang berbahaya dan menular, sehingga butuh waktu yang sebentar dalam proses penyembuhan. Kondisi mata merah muda karena alergi biasanya dibarengi dengan flu, hidung merah ingusan, ataupun batuk.
Sebelum Anda ingin mengobati mata, alangkah baiknya Anda periksa terlebih dahulu pada dokter.

Hal itu bertujuan memperjelas penyebab alergi yang anda derita. Jika Anda ingin melakukan penyembuhan secara alami tanpa bantuan obat-obatan, Anda bisa mengompresnya dengan air dingin menggunakan lap yang bersih. Lakukan cara ini dengan posisi mata tertutup agar tidak airnya tidak masuk ke dalam mata. Selain itu Anda juga bisa mengobatinya dengan obat herbal seperti galphimia, euphorbium, dan allium cepa.

Ada obat tetes khusus yang disebabkan alergi seperti antihistamin dan anti-inflammatory. Anda bisa langsung meneteskannya pada mata 2 kali dalam sehari hingga mata merah Anda sembuh.


3. Mata merah muda yang disebabkan virus

Mata merah muda yang disebabkan oleh virus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 1-2 minggu. Terkecuali jika Anda terkena virus berbahaya seperti virus herpes simplex. Mata merah yang disebabkan virus herpes merupakan jenis penyakit mata yang cukup sulit diatasi, juga bisa menular. Proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama mulai dari 2-3 minggu. Anda bisa mengatasinya dengan cara memberi obat antivirus ataupun antiviral.


Pencegahan Mata Merah Muda

Penyakit mata merah muda ini dapat menular jika terjadi kontak langsung dengan penderita. Jadi, untuk mencegahnya Anda tidak boleh kontak langsung dengan penderita. Adapun cara lain untuk mencegah mata merah muda sebagai berikut:

1. Rajin mencuci tangan dengan benar apalagi hendak menyentuh mata Anda.

2. Selain itu jangan bertukar alat kosmetik yang berkaitan dengan mata, lensa kontak, dan kaca mata khususnya dengan penderita mata sakit.

3. Jika mata Anda terasa gatal, jangan segera menguceknya sebab hal itu akan menimbulkan iritasi serta masuknya bakteri yang menempel pada tangan ke dalam mata.

4. Selalu bersihkan tempat tidur, bantal, maupun guling serta pakaian Anda, sebab di situ bisa jadi terdapat banyak bakteri yang menempel. Mengingat benda-benda ini sangat mungkin menempel pada mata Anda.