Skip to main content

3 Cara Bermain Uno Untuk Pemula

Cara Bermain Uno

Kartu uno, adalah permainan kartu yang jarang digunakan dan kurang populer bila dibandingkan dengan kartu remi. Maka dari itu, cara bermain uno pun juga masih banyk yang belum memahaminya.  

Namun cara memainkan kartu uno tidak jauh berbeda dengan memainkan kartu remi. Namanya juga permainan kartu, maka tidak asyik jika Anda hanya bermain sendiri. Mau tahu bagaimana cara memainkan kartu uno? 

Cara Bermain Uno Untuk Pemula


Permainan kartu uno pada awalnya digagas oleh Merle Robbins dan dikembangkan pada tahun 1971.   Merle Robbins tinggal di kota Reading, Ohio, pinggiran kota Cincinnati.  Cara bermain uno adalah :

1. Ajaklah Teman untuk Bermain

Hampir sama dengan cara bermain kartu remi, permainan kartu uno juga membutuhkan banyak pemain dan tidak bisa dilakukan sendiri.  Jadi jika Anda ingin bermain  uno, maka ajaklah beberapa teman Anda sekitar 5-10 orang. 

2. Kocok Kartu Uno

Setelah mengajak beberapa pemain, maka Anda atau salah satu dari teman Anda harus mengocok kartu. Namun, saat mengocok kartu uno, baliklah kartu tersebut kemudian bagi ke semua pemain dengan masing-masing orang mendapatkan 7 kartu dan sisanya letakkan di atas meja. Jumlah satu set kartu uno sendiri adalah 108 buah. 

3. Mulailah Permainan

Setelah kartu dibagi kepada semua pemain, maka permainan kartu Uno bisa dimulai. Nah, hal yang perlu diketahui bagi orang yang belum pernah sama sekali bermain kartu uno adalah tipe-tipe kartu dan bagaimana peraturan yang berlaku dari permainan uno. Nah, kartu uno terbagi menjadi 4 tipe, pertama kartu biasa dengan warna merah, hijau, biru dan kuning. 

Tipe kedua kartu aksi yang terdiri dari draw 2, reverse, dan skip. Ketiga tipe kartu wild dan keempat kartu wild draw four.Lalu apa yang membedakan tipe kartu tersebut antar satu dan lainnya? Untuk tipe kartu biasa, semua warna memiliki nilai atau poin yang sama, sementara kartu lainnya memiliki nilai 0.

Jadi aturan bermain uno adalah setelah kartu dibagikan, maka letakkan satu kartu di atas sisa tumpukan kertas uno. Kartu Anda harus memiliki angka, warna, atau tulisan yang sama sebagaimana kartu yang telah dibuka di sisa kartu yang diletakkan di atas meja tadi. 

Jika Anda mendapatkan kartu Wild Two maka Anda tidak bisa meletakkan kartu ini. Anda hanya meletakkan kartu wild two jika kartu yang telah dibuang pemain lain berwarna sama. Jadi apabila kartu yang dibuang oleh pemain lain warnanya biru, maka Anda hanya bisa meletakkan kartu wild Two yang berwarna merah yang dikeluarkan. 






Nah, jika Anda mendapatkan kartu dengan jenis ini, maka teman yang bermain setelah Anda harus mengambil 2 kartu dari tumpukan sisa kartu tadi. Sementara jika Anda mendapatkan kartu reverse, maka Anda hanya bisa mengubah arah permainan. Misalnya, jika permainan tadi awalnya searah jarum jam maka bisa menjadi berlawanan dengan arah jarum jam. 

Kemudian jika Anda mendapatkan kartu skip, maka pemain sesudah Anda harus dilewati, sesuai dengan nama kartu ini, skip, maka pemain yang mendapat giliran harus di-skip. Nah, kartu reverse ini bisa dikeluarkan jika kartu yang dibuang di atas meja warnanya sama dengan kartu reverse Anda.
Adapun jika Anda mendapatkan tipe kartu wild, Anda bisa mengeluarkan kartu ini kapanpun yang Anda mau tanpa menyesuaikan dengan warna kartu yang dibuka di atas meja permainan.  Jika dalam permainan kartu remi, kartu wild ini adalah As yang memiliki nilai tinggi.

Kartu wild bisa dikatakan sebagai kartu penyelamat karena jika kartu yang dibuka adalah kartu berwarna hijau dan Anda tidak memiliki kartu dengan warna hijau, kartu wild ini bisa menyelamatkan Anda. 

Tapi adalagi kartu yang lebih penyelamat lagi di atas kartu wild, yaitu tipe Wild Four. Sama halnya dengan kartu wild, Anda bisa mengeluarkan kartu wild four ini semau Anda tanpa menyesuaikan warna. 

Namun yang tidak menyenangkan tentunya adalah pemain setelah Anda, ia harus mengambil 4 kartu dari sisa kartu di atas meja itu.  Anda juga bisa menentukan semau Anda kartu dengan warna apa yang akan digunakan untuk melanjutkan kembali permainan.

Sama halnya dengan kartu remi, siapa yang paling cepat menghabiskan kartu yang didapatnya, maka ia lah yang menjadi pemenangnya. Sebaliknya, siapa yang terakhir bermain maka ia lah yang kalah dalam permainan. 

Siapa yang kalah  akan mendapat hukuman mengocok kartu dan membagikannya kepada peserta. Bagaimana? Masih bingung cara bermain uno? Permainan kartu ini tidak begitu sulit, asal Anda mau ikut bermain sela,a 2-3 kali bersama teman-teman, maka Anda akan paham dengan sendirinya karena permainan kartu uno sangat mudah untuk dipahami. 

Strategi Bermain Kartu Uno

Jika Anda ingin menang dalam permainan, maka Anda harus memiliki strategi. Anda bisa menggunakan tips atau strategi bermain uno di bawah  ini :

1. Buang Kartu dengan Nilai Tertinggi

Agar bisa memenangkan permainan, Anda bisa mencoba untuk mengeluarkan kartu dengan nilai yang paling tinggi. Jika Anda memberikan kartu dengan poin tinggi maka  jumlah poin dari kartu yang Anda bawa tidak akan banyak.

2. Keluarkan warna yang sama 

Jika Anda memiliki kartu dengan warna yang sama dalam jumlah yang banyak buanglah kartu tersebut.  Jangan sampai di akhir permainan, Anda memegang kartu dengan warna yang sama semua.

3. Gunakan kartu wild

Jika Anda beruntung mendapatkan kartu wild dan wild four, maka Anda bisa mengendalikan permainan selanjutnya dan bukan tidak mungkin bisa memenangkan permainan uno.