Skip to main content

3 Cara Bermain Ular Tangga Untuk Pemula

Cara Bermain Ular Tangga

Siapa yang suka bermain ular tangga? Cara bermain ular tangga yang simple ini sangat disukai oleh semua kalangan. Permainan ular tangga dinilai sangat menghibur dan seru sekali untuk dimainkan oleh banyak orang.


3 Cara Bermain Ular Tangga Untuk Pemula



 Tapi semudah apakah bermain ular tangga itu sendiri? Mau tahu bagaimana cara bermain ular tangga yang sangat terkenal ini? Cari tahu jawabannya di bawah ini :

Sejarah Permainan Ular Tangga

Sebelum mengetahui cara bermain ular tangga, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu sejarah dan filosofi dari permainan ular tangga. Permainan ular tangga memiliki sejarah dan nilai filosofis yang sangat bagus sekali dan patut untuk dijadikan sebuah pelajaran hidup. Maka dari itu tidak heran, jika permainan yang memiliki sejarah panjang ini banyak digemari.

Tentu saja bukan hanya digemari dalam segi permainannya saja, tapi pelajaran yang bisa dipetik dari permainan ular tangga juga banyak yang menyukai.

Ular Tangga adalah permainan orang India kuno yang kemudian menjadi banyak dimainkan oleh penduduk seluruh dunia. Permainan ini bisa dimainkan oleh 2-5 orang, tapi tidak bisa dimainkan oleh 1 orang saja, ya!

Permainan ini menggunakan sebuah kertas atau papan yang sudah tergambar simbol tangga dan ular di mana gambar tangga dan ular itu masing-masing menghubungkan kotak menuju garis finish atau puncak.

Tujuan dari permainan ular tangga adalah untuk mencapai puncak yang akan dibantu dengan tangga untuk naik atau justru akan turun langkah dengan ular. Bisa dikatakan permainan yang populer di India ini adalah kontes balapan yang sederhana berdasarkan keberuntungan saja.

Menurut sejarah, permainan ular tangga juga memiliki nilai filosofis di mana simbol tangga sendiri mewakili perjalanan hidup baik dan ular adalah simbol kejahatan yang membuat manusia turun derajat.



Baca Juga : 3 Cara Bermain Uno Untuk Pemula



Permainan ular tangga sendiri populer di India kuno dengan nama Moksha Patam. Permainan ular tangga juga ditafsirkan dan digunakan sebagai alat untuk mengajarkan perbuatan baik dan juga baik.  Ya, tangga merepresentasikan sebuah sifat dermawan, iman yang kuat dan kerendahan hati.

Adapun ular merepresentasikan sifat buruk seperti nafsu, amarah, pembunuhan, dan pencurian. Maka dari itu, pelajaran moralitas dari permainan ular tangga yang bisa dipetik adalah bahwa seseorang dapat mencapai keselamatan melalui perbuatan baik dengan simbol “tangga”.

Sementara seseorang yang melakukan kejahatan akan mewarisi kelahiran kembali ke bentuk kehidupan yang lebih rendah dengan simbol “ular”. Maka dari itu, tidak heran jika jumlah tangga lebih sedikit daripada jumlah ular di papan permainan. Hal ini sebagai pengingat bahwa jalan kebaikan jauh lebih sulit untuk dijalani daripada jalan penuh dosa.

Cara Bermain Ular Tangga

Nah, setelah mengetahui sejarah dan filosofi dari permainan ular tangga, pasti Anda sudah memiliki gambaran bagaimana bermain ular tangga bukan?  Berikut ini adalah panduan bagi Anda yang ingin sekali bisa bermain ular tangga.

1. Ajaklah Teman

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, bahwa permainan ular tangga tidak bisa dimainkan secara individual. Permainan ular tangga setidaknya membutuhkan minimal 2 orang pemain dan maksimal 5 orang pemain. Semakin banyak pemain nantinya hanya akan menjadi lebih ricuh dan saling berebut.

2. Kocok Dadu

Setelah Anda mengajak beberapa teman untuk bermain, maka permainan bisa dimulai. Jika jumlah pemain ada 3, maka siapkan benda kecil sebagai penanda. Pada umumnya benda kecil sebagai penanda sudah disiapkan dalam satu set permainan ular tangga dengan bentuk keroncong.

Nah, keroncong ini memiliki warna yang berbeda untuk membedakan kepemilikan, ada warna merah, biru atau hijau. Jika Anda memegang warna hijau, maka sisanya adalah untuk dua teman Anda.
Untuk memulai permainan, Anda bisa berunding atau “suit” untuk menentukan siapa pemain pertama. Jika sudah sepakat siapa yang memulai permainan, maka ia harus mengocok dadu ke dalam “ember” kecil yang telah disediakan dan melemparnya.

Jika dalam satu set permainan ular tangga itu tidak disediakan ember kecil, maka Anda bisa mengocoknya dengan tangan Anda dan lemparkan perlahan ke tengah-tengah permainan.
Dadu yang disediakan dalam ular tangga ini memiliki bentuk kubus dengan 6 sisi dan masing-masing sisi memiliki poin 1 hingga 6. Jika Anda beruntung, maka Anda bisa mendapatkan angka 6 sebagai angka yang paling besar.

3. Mulailah Bermain

Jika dadu sudah dikocok di dalam “ember” kecil maka bukalah “ember” tersebut dan langkahkan keroncong mini Anda sesuai dengan poin yang Anda dapatkan.  Jika Anda mendapat poin lama, maka gerakkan keroncong Anda 6 langkah ke kotak angka 6, begitu seterusnya.

Namun, langkah untuk mencapai puncak atau finish tidak akan mudah. Puncak atau finish dari permainan ular tangga umumnya adalah 100 kotak atau angka 100. Jika Anda sedang tidak beruntung mendapatkan poin dari dadu yang Anda kocok lalu langkah Anda bertemu dengan kotak yang ada simbol ular, maka Anda harus turun.

Anda akan merasa sangat sial jika Anda sudah berada di angka menuju 100 dan bertemu simbol ular, mau tidak mau Anda harus turun ke angka di bawahnya.  Sebaliknya, jika Anda mendapatkan tangga, maka Anda beruntung, langkah Anda menuju puncak akan semakin mudah.

Permainan ular tangga benar-benar penuh dengan faktor keberuntungan. Siapa yang menjadi orang pertama yang mencapai garis finish di angka 100, maka dia lah pemenangnya. Untuk menuju garis itulah, semua mengandalkan keberuntungan ketika pemain mengocok dadu. Namun, karena ular tangga hanyalah sebuah permainan, jadi tidak masalah jika hanya untuk agenda seru-seruan bersama teman-teman Anda.