27 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

27 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Sirsak


Buah sirsak atau bisa juga disebut dengan graviola maupun soursop memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh maupun kecantikan. Namun tidak hanya buahnya, banyak manfaat dun sirsak untuk mengobati berbagai penyakit seperti rematik, kanker, asam urat, dan masih banyak lagi. Daun sirsak juga dapat mempercantik kulit maupun rambut apabila dimanfaatkan secara tepat. 

➤ Kandungan Daun Sirsak 


Banyak laboratorium di Amerika Serikat yang dikabarkan telah melakukan penelitian mengenai kandungan dan manfaat dari daun sirsak. Penelitian tersebut telah dilakukan sejak sekitar tahun 1970. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak mengandung Annonaceous acetogenin, berupa senyawa yang dapat mematikan sel kanker.Selain senyawa tersebut, masih banyak kandungan lain yang membuat daun sirsak digemari sebagai obat maupun penjaga kesehatan dan kecantikan.

Berdasarkan kandungan tersebut, manfaat  daun sirsak secara efektif mampu membunuh sel penyebab pada kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, pankreas, paru-paru, dan beberapa kanker lainnya. Dibandingkan dengan Adriamycin atau kemo terapi, daya kerja daun sirsak 10.000 kuat dalam memperlambat pertumbuhan kanker. Bahannya yang alami juga memberikan efek minimum dibandingkan dengan kemo terapi.

➤ Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan


1. Mengobati Ambeien (Wasir)


Daun sirsak memiliki senyawa yang mampu menghentikan pendarahan pada rektum. Dimana ambeien sendiri merupakan penyakit yang menyerang rektum akibat meningkatnya tekanan dalam pembuluh darah yang ada di sekitar anus. Kandungan daun sirsak juga merilekskan otot yang berada di sekitar rektum, sehingga meminimalisir rasa sakit akibat ambeien. Cara penggunaan untuk ambeien adalah dengan meminum segelas ekstrak daun sirsak satu kali dalam sehari dan lakukan secara rutin.


2. Daun Sirsak untuk Penderita Diabetes


Diabetes ini merupakan penyakit akibat kadar gula yang berlebihan, dimana normalnya berkisar 70 hingga 120 mg. Sehingga penderita diabetes memiliki kadar yang berada di atas normal tersebut. Kandungan daun sirsak sendiri berfungsi untuk menormalkan naik turunnya kadar gula, sehingga menjadi penawar bagi seseorang yang mengalami diabetes.

Cara penggunaannya adalah dengan merebus kurang lebih 5 daun sirsak dalam 3 gelas air putih. Lalu diamkan hingga mendidih, sehingga rebusan akan menguap dan menyisakan kurang lebih 1 gelas air saja. Biarkan beberapa saat, lalu konsumsi selagi hangat. Disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin pada pagi dan malam hari. Tetap lakukan pemeriksaan medis untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.


3. Daun Sirsak untuk Penderita Asam Urat


Mengatasi nyeri, panaspada persendian, serta pembengkakan akibat asam urat atau gout dapat diatasi dengan daun sirsak, berupa sarinya. Caranya adalah dengan rebus kurang lebih 10 daun sirsak yang sudah tua, namun masih hijau, ke dalam 500 ml air. Lalu tunggu hingga mendidih dan menyisakan air setengahnya. Minum pada pagi dan sore hari, tiap konsumsi cukup setengah dari hasil rebusan saja.


4. Daun Sirsak Mengatasi Sakit Punggung


Sakit atau nyeri pada punggung bisa menyerang siapa saja, muladari remaja hingga orang tua, dengan penyebab yang beragam. Bisa akibat terlalu banyak beraktifitas, atau karena faktor usia. Daun sirsak sebagai obat herbal sakit punggung dapat dimanfaatkan dengan cara merebus 20 lembar dalam 1 liter air. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan 1/3 air rebusan saja. Minum sekali sehari kira-kira setengah gelas saja, untuk mengurangi sakit dan nyeri pada punggung.


5. Daun Sirsak untuk Penderita Kanker


Daun sirsak mengandung annonaceous acetoginins. Daun sirsak di indikasikan mampu membunuh selkanker 10 ribu kali lebih kuat dibanding kemoterapi, dan berguna sebagai obat herbal antineoplastik. Menurut Kemenkes RI tahun 2011, zat acetogenuns sendiri dapat membunuh berbagai jenis sel kanker seperti pada usus, prostat, paru-paru, payudara, tidrois, dan kanker pankreas, namun tidak merusak dan mengganggu sel-sel sehat pada tubuh.

Manfaat daun sirsak untuk mengobati kanker dapat diperoleh dengan merebus kurang lebih 10 lembar daun dengan 3 gelas air putih. Tunggu hingga mendidih hingga menyisakan 1 gelas ekstrak daun sirsak. Kemudian minum air ekstrak daun sirsak tersebut setiap pagi. Lakukan secara rutin kurang lebih selama 6 minggu untuk dapat merasakan manfaatnya.


6. Daun Sirsak bagi untuk Penderita Rematik


Rematik merupakan peradangan dan pembengkakan pada otot atau persendian, sehingga bagian tubuh tersebut akan terasa sakit. Rematik sendiri bisa menyerang persendian pada seluruh bagian tubuh. Daun sirsak bisa ditumbuk hingga halus, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terserang rematik. Hasil maksimal bisa didapat dengan melakukannya secara rutin 2 kali sehari, hingga rasa sakit berkurang dan mereda.


7. Daun Sirsak untuk Menurunkan Kadar Kolesterol


Jarang melakukan olahraga serta tidak bisa mengontrol pola makan dengan banyaknya makanan mengandung lemak yang masuk ke tubuh dapat meningkatkan kadar kolesterol/ daun sirsak merupakan obat herbal yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di tubuh. Hasil akan semakin maksimal apabila diimbangi dengan melakukan pola hidup yang sehat.






8. Mampu Mengobati Kista Ovarium


Kista ovarium merupakan tumor jinak yang tumbuh pada ovarium seorang wanita. Namun apabila dibiarkan, kista bisa tumbuh menjadi kanker ovarium. Manfaatkan daun sirsak untuk mengatasi masalah kista ini. Caranya hanya dengan merebus kurang lebih 10 lembar daun sirsak, lalu rebus dengan tiga gelas air. Apabila air rebusan sudah menjadi setengahnya, lalu minum saat hangat maupun dingin. Konsumsi rutin pada pagi hari, untuk hasil maksimal.


9. Mengobati Penyakit pada Hati


Daun sirsak mampu merangsang meningkatnya produksi hormon insulin, sehingga sel beta pada pankreas dapat terbantu. Oleh sebab itu daun sirsak juga dipercaya baik untuk kesehatan organ hati manusia. Memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan daun sirsak dengan olahan teh. Peningkatan hormon insulin juga mampu mengubah glukosa menjadi energi.


Selain sembilan manfaat di atas, masih terdapat beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan, yaitu:


10. Sebagai vermifuge, yaitu sejenis obat anthelmintik yang berguna sebagai pembunuh cacing pada usus.

11. Sebagai anti peradangan, sehingga mampu menurunkan rasa sakit yang diakibatkan peradangan pada tubuh.

12. Sebagai antitumor, mencegah pertumbuhan tumor pada tubuh.

13. Sebagai analgesik, mengurangi rasa sakit pada tubuh.

14. Sebagai Antispasmodic, mampu membuat otot polos lebih relaks.

15. Sebagai nervin, mampu membantu memperkuat saraf.

16. Sebagai hipoglikemik, membantu menurunkan glukosa.

17. Sebagai penurun demam pada tubuh.

18. Sebagai vasogilator, merupakan zat yang baik bagi pembuluh darah.

19. Sebagai anti malaria, mampu mencegah penyakit malaria.

20. Sebagai antimutagenik, merupakan zat yang mencegah mutasi gen.

21. Sebagai antiparasit, membantu mencegah tumbuhnya parasit pada tubuh.

22. Sebagai antivirus, mampu mencegah virus jahat masuk ke dalam tubuh.

23. Sebagai penenang, daun sirsak menghasilkan zat yang mampu menenangkan tubuh.

24. Sebagai Stomakik, mampu meningkatkan nafsu makan seseorang.

25. Sebagai Kardiodepresan, mampu menekan aktivitas jantung berlebih.

26. Sebagai Astrigen, menghasilkan zat yang bisa menciutkan selaput lendir.

27. Sebagai Galactogogue, mampu membantu memproduksi ASI lebih banyak pada ibu menyusui.



➤ Manfaat Daun Sirsak untuk Kecantikan


Daun sirsak selain dimanfaatkan karena mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai penyakit, ternyata manfaat daun sirsak untuk kecantikan juga bisa dirasakan apabila tepat penggunaannya. Salah satu kandungan dalam daun sirsak yang mampu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit maupun rambut adalah vitamin C. Vitamin C dalam daun sirsak terbilang tinggi kandungannya. 


1. Daun Sirsak sebagai Anti Aging


Radikal bebas sebagai penyebab banyak permasalahan pada kulit. Misalnya berhubungan dengan munculnya keriput, pigmentasi berat, hingga garis halus dapat diatasi apabila tubuh mendapatkan antioksidan dengan jumlah yang mencukupi. Kandungan melimpah vitamin C dalam daun sirsak mampu membantu  melepaskan antioksidan, sehingga mampu mengatasi radikal bebas.

Antioksidan yang dihasilkan tersebut mampu menjaga dan mengurangi masalah kecantikan kulit dan wajah dari gejala penuaan. Memaksimalkan manfaat daun sirsak tersebut dapat dengan cara merebusnya kemudian konsumsi ekstraknya. Mencampurkannya dengan teh juga semakin nikmat dan mudah dinikmati, semakin baik karena tentunya mampu membuat kulit wajah anda tampak lebih muda.


2. Daun Sirsak untuk Mengatasi Bisul Kulit


Bisul dirasa sangat mengganggu, selain mengganggu aktivitas karena sakit yang dirasakan akibat bisul, namun juga mengganggu penampilan. Bisul akan semakin berbahaya apabila menimbulkan infeksi pada kulit. Manfaatkan daun sirsak untuk mengatasi masalah bisul pada kulit. Kandungan daun sirsak mampu mengatasi peradangan dengan cara menghaluskannya, kemudian tempelkan hasilnya di bisul dan sekitarnya. Lakukan pagi dan sore hari, sehingga bisul akan mengecil dan kering.


3. Daun Sirsak untuk Mengobati Eksim


Eksim merupakan salah satu masalah pada kulit yang cukup mengganggu. Eksim ini merupakan kondisi kulit akibat peradangan yang menyebabkan kulit terasa gatal. Kulit kemudian akan memerah, kering, hingga pecah-pecah, sehingga terasa kasar. Daun sirsak bisa dimanfaatkan untuk meredakan eksim. Caranya yaitu dengan menumbuk daun, kemudian tempel dan oleskan pada kulit tubuh yang mengalami eksim.


4. Daun Sirsak untuk Mencegah Kutu Rambut


Selain kesehatan pada kulit, manfaat daun sirsak untuk kecantikan juga bisa di aplikasikan ke rambut. Daun sirsak dapat direbus kurang lebih 15 menit, lalu gunakan untuk keramas. Kegunaannya adalah mampu menghilangkan parasit yang hinggap di rambut. Sehingga mampu mengurangi ketombe dan kutu pada rambut. Ketombe hilang dan bebas dari kutu serta parasit tentu meningkatkan kepercayaan diri seseorang.


5. Daun Sirsak Mengurangi Tumbuhnya Komedo


Daun sirsak juga bisa digunakan sebagai masker pada kulit wajah, yaitu untuk membantu mengatasi masalah komedo. Caranya hanya dengan menghaluskan daun sirsak, lalu tambahkan dengan air mawar. Oleskan pada kulit wajah, dan lakukan secara rutin selama 3 kali dalam seminggu.


6. Daun Sirsak Membantu Mengatasi Masalah Tidur


Cukup tidur dan diimbangi dengan pola hidup sehat membantu menjaga kulit tubuh maupun wajah lebih kencang dan halus. Daun sirsak sebagai obat herbal dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Aromaterapi tersebut bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas tidur anda. Aromaterapi akan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, sehingga tidur akan lebih nyenyak dan tenang. 


Cara Memanfaatkan Daun Sirsak untuk Kecantikan


Seperti yang telah dijelaskan di atas, daun sirsak sangat bermanfaat untuk tubuh. Cara memanfaatkan daun sirsak untuk kecantikan sendiri dapat dengan cara mengkonsumsinya atau menjadikannya masker, bahkan untuk sampo rambut. Menghilangkan eksim, bisul, serta komedo pada kult dapat dengan cara menumbuk daun sirsak, lalu oleskan pada bagian tubuh yang mengalami masalah kulit. Apabila ingin sebagai anti penuaan pada kulit, dapat dengan cara:

1. Pilih kurang lebih 5 daun sirsak dengan ciri yang sudah berwarna hijau tua.

2. Potong daun sirsak hingga menjadi potongan kecil-kecil.

3. Siapkan kurang lebih 400 ml air.

4. Masukkan potongan daun sirsak ke dalam air, lalu rebus hingga mendidih.

5. Saat kira-kira air rebusan tinggal setengahnya, angkat, lalu saring daunnya.

6. Hidangkan saat hangat. 


➤ Cara Memanfaatkan Daun Sirsak untuk Kesehatan


Cara memanfaatkan daun sirsak untuk kesehatan tidak jauh berbeda saat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Caranya sama yaitu dengan meminum rebusan dari daun sirsak. Namun akan berbeda banyaknya maupun intensitas meminumnya untuk masalah kesehatan yang ingin dihadapi. Akan semakin nikmat apabila ditambahkan dengan sedikit gula atau madu. Tetap perhatikan jumlah gula dan madu untuk penyakit tertentu seperti diabetes. 

Mengatasi masalah sakit punggung, ambeien, dan rematik cukup merebusnya lalu meminum ekstraknya sebanyak satu kali dalam sehari. Sedangkan untuk mengatasi penyakit lain seperti diabetes, rematik, dan asam urat, dapat mengkonsumsinya lebih rutin, yaitu dua kali dalam sehari, pada pagi dan malam atau sore hari. Mengimbangi dengan pola hidup yang sehat akan semakin menjaga kesehatan pada tubuh.


➤ Efek Samping Mengkonsumsi Daun Sirsak


Berbagai manfaat daun sirsak telah banyak dijelaskan di atas, namun dalam menggunaankannya juga tidak bisa berlebihan. Karena daun sirsak juga bisa memberikan efek samping pada tubuh apabila tidak digunakan sebagai tepat. Efek samping tersebut bisa menimbulkan beberapa penyakit serius. Berikut adalah beberapa efek samping dari mengkonsumsi daun sirsak yang berlebihan.


1. Menjadikan Tekanan pada Darah Rendah


Terdapat penelitian yang menunjukkan mengkonsumsi daun sirsak pada hewan menyebabkan kadar tekanan darah semakin turun. Akan lebih bijak bagi seseorang yang menderita darah rendah untuk sedikit mengkonsumsi atau sama sekali tidak meminum ekstrak daun sirsak dalam bentuk apapun. Apabila ingin mengkonsumsinya pastikan tidak terlalu sering dan dalam kadar yang rendah saja.


2. Hindari Daun Sirsak Bagi Penderita Parkinson


Kandungan daun sirsak terkenal akan manfaatnya.Namun ternyata mengandung juga suatu senyawa kimia yang hadir pada seseorang dengan penyakit parkinson. Penyakit parkinson sendiri merupakan keadaan otak yang rusak, serta saraf yang progresif. Keadaan tersebut menyebabkan gangguan gerakan akibat sel-sel penghasil dopamin menghilang. Bagi anda yang memiliki riwayat parkinson, sangat disarankan untuk menghindari mengkonsumsi daun sirsak.


3. Permasalahan Neurotoksisitas


Neurotoksisitas merupakan gangguan pada saraf (neuron) yang diakibatkan oleh kerusakan otak. Penyakit ini menyebabkan banyak gangguan ingatan, penyebab sakit kepala berlebihan, hingga menjadi disfungsi seksual. Beberapa penelitian menghasilkan efek daun sirsak manusia, yaitu bisa menyebabkan masalah neurotoksisitas tersebut.

Oleh sebab itu hindari mengkonsumsi daunsirsak secara berlebihan. Jangan mengkonsumsinya hingga 3 hari dalam sehari. Mengkonsumsi 2 kali dalam sehari pun hanya untuk permasalahan tertentu saja. Oleh sebab itu selalu waspada dalam penggunaannya meskipun daun yang bermanfaat sebagai obat herbal ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh maupun kulit.

Selain buahnya yang banyak mengandung vitamin dan juga nikmat, itulah banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari daun sirsak. Selain bermanfaat untuk kesehatan, namun juga bermanfaat untuk kecantikan. Caranya bisa dengan meminum ekstraknya maupun dengan mengoleskan hasil tumbukan daunnya ke kulit yang bermasalah. Namun mengkonsumsi daun sirsak berlebihan juga bisa menimbulkan efek yang serius. Oleh sebab itu gunakan perhitungan dan selalu bijak dalam penggunaannya.