14 Teknik Cara Berpakaian Gaya Grunge

14 Teknik Cara Berpakaian Gaya Grunge

Cara Berpakaian Gaya Grunge

Berpenampilan secara grunge merupakan cara berpakaian dengan mendasarkan aliran musik grunge. Cara berpakaian grunge cenderung kotor, berantakan, menggunakan banyak kain flanel, tetapi nyaman dipakai. Cara berpakaian gaya grunge tidak terlalu rumit, Anda cukup merobek sedikit bahan jin dari pakaian yang Anda kenakan, berburu pakaian di toko loak, dan bersikap masa bodoh. Jika Anda masih belum memiliki gambaran, simak cara berpakaian grunge berikut.

Teknik Cara Berpakaian Gaya Grunge

Jika Anda bosan dengan penampilan yang monoton dan itu-itu saja, Anda bisa beralih ke gaya pakaian yang antimainstream. Gaya grunge dapat menjadi pilihan Anda. Gaya grunge yang terlihat berantakan dan kotor membuat gaya ini begitu menarik di hati penggemarnya.

1. Pakailah pakaian dengan konsep tidak terawat

Cara berpakaian gaya grunge menggabungkan gaya punk dan gaya pekerja. Gaya ini mengutamakan prinsip masa bodoh dan berantakan. Maka, jika Anda ingin berpakaian dengan gaya grunge tentu harus memerhatikan prinsip tersebut. Anda dapat mengenakan pakaian dengan tidak rapi, tidak mengancingkan baju, atau melipat lengan pakaian secara tidak rapi.

2. Kunjungi toko loak

Toko loak memuat banyak variasi pakaian dengan konsep murah dan dapat dipakai sembarangan. Carilah pakaian dengan warna gelap dan ukuran yang lebih besar dari badan Anda. Dengan begitu, aura “masa bodoh” dan “tidak terawat” yang merupakan ciri utama gaya grunge dapat terpancar.

3. Berpakaianlah secara berlapis

Pakaian berlapis pun dapat menampilkan “masa bodoh” khas gaya grunge. Pakaian Anda pun tidak harus serasi agar aura “tidak terawat” dapat terpancar.

4. Pakai celana atau pakaian berbahan jin yang robek

Pakaian jin yang robek semakin menampilkan kesan “masa bodoh” dan “tidak terawat” khas gaya grunge. Pakailah jin yang sedikit longgar dan memudar. Pakaian jin yang Anda robek sendiri terkesan lebih autentik bergaya grunge daripada pakaian jin robek yang dijual di toko. Anda dapat merobek jin menggunakan pisau cukur dan buatlah lebih robek dengan jari-jari tangan Anda.



Baca Juga : 6 Cara Bernapas Dalam Dengan Teknik Pernapasan Perut



5. Pakailah kemeja dengan bahan kain flanel

Kemeja flanel merupakan salah satu kunci dari gaya berpakaian grunge. Jangan lupa untuk tetap mencari kemeja dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran badan Anda dengan warna gelap yang sudah agak luntur. Anda dapat mengenakan kaus lengan pendek atau lengan panjang di dalam kemeja.

6. Kenakan sepatu dengan kerah tinggi (high top)

Akan lebih baik jika Anda mengenakan sepatu kerah tinggi dengan warna yang telah usang atau memudar. Anda dapat menggunakan sepatu Converse kerah tinggi atau sepatu but tempur yang telah lecet-lecet. Temukan sepatu-sepatu usang tersebut di toko loak untuk menunjang penampilan gaya grunge Anda.

7. Kenakanlah perhiasan atau aksesoris yang sederhana, jangan terlalu banyak

Gaya grunge tidak memerlihatkan kilauan yang mewah, tetapi lebih menampakkan sisi sederhana yang keren. Pakailah anting yang tidak berkilau, kalung dengan ukuran pas di leher, atau gelang berbahan kulit.

8. Gunakan penutup kepala atau bandana yang telah pudar

Jika Anda senang menggunakan penutup kepala atau bandana, kenakanlah yang telah pudar. Penutup kepala atau bandana yang telah pudar menimbulkan kesan grunge yang sangat khas.

9. Gunakan stoking yang berlubang

Jika Anda penggemar stoking, Anda dapat mencoba menggunakan stoking berlubang. Tentu stoking berlubang semakin memancarkan gaya grunge Anda yang cenderung terlihat “berantakan”.

10. Warnai rambut Anda

Warna rambut yang putih kepirangan menimbulkan kesan grunge yang khas. Apalagi jika rambut asli telah tumbuh kembali, hal tersebut semakin memperkuat gaya grunge Anda. Anda tidak perlu mengecat kembali rambut Anda karena kombinasi warna rambut asli dengan warna rambut yang telah diwarnai dapat memberikan kesan grunge yang kuat.

11. Milikilah rambut yang gondrong

Rambut gondrong semakin menambah kesan “tidak terawat” dan “berantakan”. Anda pun tidak perlu repot-repot ke salon atau tukang cukur secara periodik untuk mencukur rambut Anda.

12. Ubahlah penampilan rambut Anda menjadi gaya berantakan

Sesuai prinsip dari cara berpakaian gaya grunge yang menampilkan kesan berantakan, Anda pun dapat menambah kesan tersebut dengan berpenampilan rambut yang berantakan pula. Rambut Anda tidak perlu tertata rapi. Biarlah acak-acakan sehingga gaya grunge semakin terpancar.

13. Gunakan eyeliner yang cukup tebal di area garis mata

Eyeliner yang cukup tebal dapat menggambarkan bahwa Anda menghabiskan waktu lama di pertunjukan musik grunge dan bersenang-senang sampai puas. Aplikasikan eyeliner di area garis mata Anda dengan cukup tebal.

14. Jika Anda wanita, gunakan warna lipstik merah terang atau merah marun gelap

Lipstik dengan warna merah terang atau merah marun gelap menunjukkan kesan kuat dalam diri Anda. Penampilan grunge Anda pun akan lebih terlihat sempurna.

Bagaimana pendapat Anda tentang gaya grunge? Mudah bukan untuk menerapkan gaya berpakaian dan berpenampilan ala grunge tersebut? Anda dapat mencocokkan setiap potongan pakaian sesuai kreativitas Anda. Anda bisa mengenakan kaos dengan jaket jin lusuh, memakai celana jin yang robek-robek, serta mengenakan sepatu Converse dengan kerah tinggi yang telah memudar.

Hal yang tak kalah diperhatikan ketika bergaya grunge adalah Anda harus percaya diri. Berpakaian gaya grunge mungkin akan dianggap aneh oleh lingkungan konvensional Anda. Namun, jika Anda merasa nyaman dengan gaya tersebut, mengapa tidak? Hal penting adalah bahwa Anda mengikuti kata hati Anda dan tetap berbuat baik terhadap sekitar. Selamat berkreasi dengan gaya grunge!