13 Cara Bersiap Menjalani Endoskopi

13 Cara Bersiap Menjalani Endoskopi

Cara Bersiap Menjalani Endoskopi


Endoskopi adalah pemeriksaan kesehatan tubuh bagian pencernaan menggunakan endoskop. Endoskop merupakan alat berupa kamera kecil yang memiliki selang panjang tetapi bersifat lentur dan tipis. Endoskop dimasukkan melalui mulut untuk melihat kondisi struktur pada sistem pencernaan.

Proses tersebut tidak membutuhkan rawat inap dan merupakan pemeriksaan yang lazim dilakukan di dunia medis. Namun, mungkin Anda tidak familiar dengan pemeriksaan tersebut. Jangan khawatir, artikel ini mengupas tuntas tentang cara bersiap menjalani endoskopi agar Anda tidak ragu menjalaninya.

Cara Bersiap Menjalani Endoskopi

Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini sebagai cara bersiap menjalani endoskopi:

1. Konsultasi dengan dokter

Pergilah ke dokter dan tanyakan perihal kondisi Anda. Jangan langsung memutuskan endoskopi secara sepihak jika Anda tidak memiliki latar belakang medis yang mumpuni. Hal tersebut karena hal-hal medis menyangkut kesehatan dan nyawa Anda.

2. Pahamkan diri Anda mengapa Anda harus menjalani endoskopi

Pemahaman yang kuat tentang pentingnya endoskopi membuat Anda mantap dan tidak ragu-ragu untuk menjalani pemeriksaan ini. Ingat keluarga, mimpi, dan cita-cita Anda. Anda akan merasa perlu menjalani pengobatan untuk menjalani hidup sehat bersama orang-orang tercinta dan membangun masa depan cerah yang Anda impikan. Oleh sebab itu, berbagai pengobatan dan pemeriksaan akan Anda lakukan, termasuk melakukan endoskopi.

3. Mempelajari prosedur endoskopi

Untuk mempersiapkan diri Anda dengan matang, Anda perlu mempelajari prosedur dari endoskopi. Pelajari langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan, cari tahu apa saja yang harus Anda persiapkan. Sampel jaringan pencernaan Anda bisa saja diambil oleh dokter jika hal tersebut penting dilakukan. Jangan khawatir, tetap tenang, dan siapkan diri secara baik.\



Baca Juga : 10 Cara Bersabar yang Ampuh


4. Cari tahu apa yang akan terjadi

Agar Anda semakin siap, cari tahu apa saja yang akan terjadi. Cari tahu tentang posisi tubuh Anda selama menjalani endoskopi, apakah memerlukan rawat inap atau tidak, atau alat apa yang akan digunakan. Umumnya, endoskopi dilakukan dalam posisi berbaring miring atau telentang, tidak memerlukan alat inap, dan menggunakan alat kecil yang akan dimasukkan ke dalam tubuh Anda.

5. Tanyakan berbagai hal yang belum jelas kepada dokter

Anda dapat menanyakan keraguan-keraguan Anda kepada dokter agar Anda dapat yakin dan siap. Tanyakan efek samping, fungsi prosedur ini untuk kesehatan, atau Anda dapat bertanya tentang rasa yang dihasilkan dari prosedur tersebut.

6. Persiapkan tubuh Anda sebelum melakukan prosedur endoskopi

Anda perlu untuk beristirahat cukup pada malam hari sebelum dilakukan prosedur tersebut. Hal tersebut dilakukan agar tubuh Anda tetap prima. Berkonsultasilah kepada dokter tentang penggunaan obat-obat tersebut, apakah perlu dihentikan atau tidak. Umumnya, penggunaan obat tertentu bisa mengganggu prosedur ini, misalnya obat pengencer darah, obat tekanan darah, atau suplemen tertentu.

7. Lakukan puasa sebelum menjalani endoskopi

Sebaiknya Anda berpuasa selama delapan jam sebelum endoskopi agar saluran pencernaan bagian atas tidak terisi oleh makanan atau minuman. Hal tersebut karena dokter akan memeriksa saluran pencernaan bagian atas untuk menghasilkan gambar yang jelas sehingga perlu adanya pengosongan makanan dan minuman. Selain itu, sebaiknya jangan merokok selama enam jam sebelum endoskopi karena merokok dapat mengganggu hasil pemeriksaan.

8. Perhatikan apa yang Anda butuhkan sebelum atau selama pemeriksaan

Endoskopi akan berlangsung selama 30 hingga 45 menit. Pertimbangkan apakah anda perlu membuang air kecil sebelum pemeriksaan atau tidak. Pakailah pakaian yang nyaman dan perhiasan yang tidak mengganggu gerak Anda agar pemeriksaan berjalan lancar.

9. Lakukan petunjuk dari dokter

Petunjuk yang diberikan oleh dokter dimaksudkan untuk kebaikan Anda. Ikutilah langkah-langkah dari dokter, misalnya untuk berpuasa, tidak meminum obat tertentu, dan tidak merokok sebelum endoskopi. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan Anda dan ikutilah petunjuk dari dokter yang telah diberikan sesuai kondisi Anda. Jangan ragu untuk meminta bantuan keluarga untuk mengingatkan Anda tentang petunjuk dokter agar Anda dapat lebih disiplin.

10. Carilah orang yang Anda percaya untuk mendampingi Anda

Anda perlu mengajak orang untuk menemani Anda karena Anda akan diberi obat penenang selama menjalani endoskopi. Artinya, Anda tidak dapat mengemudi sendiri sehingga bantuan dari orang lain sangat penting. Selain itu, orang yang menemani Anda dapat memberikan dukungan moriil untuk menguatkan Anda.

11. Bersiaplah jika muncul efek samping

Umumnya endoskopi tidak memiliki efek samping. Namun, risiko tetap ada pada prosedur apapun, termasuk endoskopi. Anda perlu waspada dan mencari tahu. Segera hubungi atau pergi ke dokter jika Anda mengalami nyeri pada lambung, muntah, atau sulit bernafas. Tindakan yang cepat diambil akan membuat risiko efek samping tidak terlalu parah.

12. Menyiapkan diri dan mental untuk mengetahui hasil endoskopi

Bisa jadi hasil endoskopi sesuai harapan Anda, bisa juga meleset dan tidak sesuai ekspektasi Anda. Jangan patah semangat jika hasil endoskopi tidak sesuai keinginan Anda. Tetaplah berusaha untuk menjalani pengobatan terbaik. Selalu bersabar dan bersyukur atas semua kejadian. Hal tersebut akan mendatangkan kebahagian yang hakiki walaupun hasil tidak sesuai dengan ekspektasi Anda.

13. Berdoa sesuai keyakinan Anda

Cara bersiap menjalani endoskopi tak akan lengkap tanpa berdoa. Berdoa dapat menenangkan hati Anda. Dekatlah dengan Tuhan, beribadahlah dengan ikhlas. Hal tersebut dapat menjadi kekuatan untuk menyiapkan batin dan mental Anda. Mintalah doa dari keluarga dan teman-teman dekat. Lingkungan yang mendukung dan mendoakan Anda akan menjadi kekuatan yang besar bagi Anda. Akhirnya, Anda pun tak takut untuk menjalani perawatan apa saja karena Anda sudah yakin dan mantap.