7 Tips dan Cara Melatih Rottweiler Dengan Baik Dan Benar

7 Tips dan Cara Melatih Rottweiler Dengan Baik Dan Benar

Tips dan Cara Melatih Rottweiler Dengan Baik Dan Benar

Anjing yang satu ini sepintas memang terlihat menyeramkan. Tak heran jika banyak yang memeliharanya untuk dijadikan penjaga keamanan rumah. Insting hewan ini sangat tajam, jika dilatih ia akan bisa mengenali bahaya dengan baik. Apalagi Rottweiler termasuk hewan yang cerdas, sedikit saja belajar, pasti Anda akan takjub dengan kemampuannya. Lalu, bagaimana cara melatih Rottweiler ?

Kemampuan anjing ini setelah dilatih terbukti luar biasa. Pada awalnya zaman dahulu Rottweiler pasca menerima pelatihan dipakai sebagai anjing yang dipekerjakan di peternakan Jerman. Bahkan diantara pekerjaan yang dilakukan termasuk pekerjaan kasar seperti menarik barang, penarik gerobak, penjaga ternak, dan lain – lain.


7 Tips dan Cara Melatih Rottweiler Dengan Baik Dan Benar



Diketahui bahwa belakangan ini anjing Rottweiler banyak dipakai untuk kemiliteran dan pelacakan. Kondisi fisik, tubuh besar, dan sangar memang mendukung fungsinya tersebut. Tetapi jangan salah, sebetulnya Rottweiler sangat penyayang dan bisa melindungi apapun yang dekat dengannya. Ia juga bisa diajak bermain, bahkan juga sanggup untuk menjaga anak – anak di taman.


Apa Saja Tips dan Cara Melatih Rottweiler?


1. Kenali Sifat dan Cara Merawatnya

Agar Anda bisa lebih mudah dalam mengendalikan Rottweiler, Anda wajib tahu bagaiamana sifat – sifat dan asal usul binatang ini. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana cara memelihara dan merawatnya dengan benar. Seperti menyisir bulunya yang memiliki masa kerontokan dua kali dalam setahun, memberi makan daging setiap hari, dan memeriksakan ke dokter minimal 6 bulan sekali.

Ketahuilah! Rottweiler merupakan anjing yang berukuran lumayan besar, beratnya bisa mencapai 60 kg. untuk itu, tempat tingggal pun harus cukup luas, tempat yang sempit bisa membuatnya stress. Hewan ini sifatnya sangat aktif, berani, dan kuat. Jika Anda baik dan sering mengajaknya bermain ia akan bersikap lembut terhadap Anda dan tidak segan – segan melindungi jika ada bahaya.


2. Pahami Karakter Rottweiler

Karena Rottweiler tergolong karnivora yang sifatnya bisa menyerang, maka Anda harus betul – betul mengetahui karakter dan tabiat anjing ini. Diantara karakter yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Hiperaktif dan ingin selalu bergerak melebihi batas normal jenis anjing lain.

Suka mengunyah barang, bermain, dan beberapa perilaku destruktif seperti merengek (banyak menggonggong saat menginginkan sesuatu) dan menggali

Agresif

Sering bertindak dominan terhadap hewan lain maupun manusia

Suka bersosialisasi dan pandai membangun ikatan bahkan dengan manusia

Protektif dan loyal

Karakter ini bisa menjadi berbeda – beda di setiap Rottweiler, namun penjelasan di atas merupakan uraian secara umum.


3. Susun Jadwal Latihan

Setelah Anda telah mengenal anjing Anda dengan baik, mulailah untuk merencakan pelatihan yang akan Anda berikan. Tentukan goals untuk pelatihan pada Rottweiler Anda. Misalnya menargetkan Rottweiler bersikap ramah kepada orang lain selain Anda dalam dua minggu, bisa bersosialisasi dan tidak bersikap dominan dengan anjing lain dalam tiga minggu, dan lain – lain.


4. Melatih Sejak Usia Dini

Jika Anda ingin memiliki Rottweiler yang tangkas dan terlatih, belilah anjing yang masih kecil. Ia akan lebih mudah untuk diatur dibandingkan ketika Anda membeli anjing dewasa. Pelatihan anjing paling baik dimulai pada usia enam minggu. Tetapi jika Anda sudah terlanjur membeli Rottweiler dewasa, tidak apa – apa. Perlakukan ia dengan baik.


Baca Juga : 7 Cara Melatih Merpati Pos Dengan Baik Dan Benar


Jika Anda bersikap baik, maka anjing tesebut akan bisa memahami Anda dan melakukan apa yang pemiliknya inginkan. Hanya saja, Anda harus lebih bersabar. Sering – seringlah memanjakan dan mengelusnya, dengan begitu ia akan takhluk kepada Anda.


5. Melatih Dengan Gerakan 

Anda tidak harus mendominasi hewan ini saat berlatih. Ingatlah, bahwa sifat dasar hewan ini sering mendominasi hewan lain maupun apa saja yang berada di lingkungannya. Bawa Rottweiler Anda ke tanah lapang. Pertama – tama latihlah ia untuk mengikuti barang, dengan cara menggerakkan barang yang ia sukai dengan gerakan berputar – putar sampai hewan ini mengikuti arah gerak tangan Anda.

Jika sudah fasih, mulailah untuk melempar jauh. Pasti ia akan mengikutinya. Umumnya ia akan melihat Anda ketika bisa mengejarnya. Lambaikan tangan Anda dan panggil namanya supaya ia kembali. Lakukan pelatihan ini berkali – kali. Sesekali gantilah barang yang Anda lempar.

Anda juga bisa memberikan latihan simple seperti menyuruhnya duduk sesuai perintah. Duduklah di lantai, lalu panggil anjing Anda. Setelah itu pukul – pukulkan telapak tangan Anda di atas lantai di samping Anda sambil Anda mencontohkan duduk berjongkok. Lakukan berulang – ulang hingga anjing ini mengerti. Setelah ia melakukan apa yang Anda inginkan jangan lupa beri penghargaan dengan memberinya snack.


6. Melatih Supaya Tidak Menggigit

Cara melatih Rottweiler agar tidak bersikap agresif yaitu dengan cara membangun kepatuhan dan hubungan dengan orang sekitar. Perilaku destruktif anjing ini bisa diminimalisir dengan memberinya pelatihan tali kekang dan memberinya mainan spesial di kandang supaya kebiasaannya mengunyah bisa tersalurkan.

Latihlah agar Rottweiler Anda mengerti kata “No” yang berarti tidak. Caranya, pasanglah snack anjing di dekatnya, lalu saat ia akan memakannya tarik piring anjing dan katakana “No’ dengan nada tegas dan disiplin. Jangan lupa lakukan berulang – ulang dan lakukan saat anjing dalam kondisi perut kenyang supaya ia tidak menyalak.

Apabila ia memahami kata “No” maka saat ingin menyerang orang dan Anda mengatakan “No” maka kemungkinan Rottweiler untuk melanjutkan serangan akan kecil.


7. Jangan Bersikap Kasar

Meskipun anjing tergolong dalam kategori hewan buas, tetapi berperilaku kasar pada hewan ini tidak dibenarkan. Jangan sampai Anda memukulnya, terlalu lama mengikatnya di rantai tanpa memberi makan dan minum, dan jangan sampai menyiksanya. Rottweiler bisa saja mengalami stress dan lama – lama ia tidak akan memiliki nafsu makan hingga akhirnya mati.