8 Dasar-Dasar Cara Bermain Gitar

8 Dasar-Dasar Cara Bermain Gitar

Cara Bermain Gitar

Jika anda ingin mempalajari cara bermain gitar, maka di artikel ini akan dibahas bagaimana langkah memainkan gitar mulai dari dasar-dasarnya. Ada beberapa langkah yang mudah untuk diikuti, termasuk bagaimana cara memegang gitar dan sistem penomoran pada gitar. Cara di bawah ini bisa digunakan untuk gitar elektrik maupun gitar akustik.

Dasar-Dasar Cara Bermain Gitar


1. Cara memegang gitar

Cara memegang gitar yang palling umum adalah bergaya kasual. Jika anda menggunakan tangan kanan, maka letakkan gitar di kaki bagian kanan, lalu dekatkan ke tubuh dan sebaliknya. Pemain gitar baru umumnya membiarkan gitar berada di bagian antara dua kaki, hindarilah hal tersebut. Selalu dekatkan posisi gitar ke tubuh anda lalu duduk dengan tegak namun santai.


2. Sistem penomoran gitar

Cara bermain gitar memiliki 3 penomoran dasar yaitu string, finger dan fret. Fret adalah garis besi di bagian leher gitar. Fret pertama adalah yang terjauh di posisi kiri jika anda menggunakan tangan kanan. Sebelahnya adalah nomor dua dan begitu seterusnya. Hal ini penting untuk mempelajari chord dan skala.

Yang kedua adalah finger. Sistem penomoran ini adalah berdasarkan jari anda. Jari telunjuk adalah jari pertama, jari tengah adalah jari kedua, jari manis adalah jari ketiga dan jari kelingking merupakan jari keempat. Hal ini sangat sederhana namun penting ketika anda meletakkan jari-jari untuk membuat chord.

Yang terakhir adalah string. String yang paling tipis merupakan string pertama, sementara yang paling tebal adalah string keenam. String merupakan penomoran yang paling mudah diingat daripada dua sistem penomoran lainnya.


3. Memilih petikan gitar

Banyak orang yang akan kebingungan ketika memilih alat petik. Untuk pemula, sebaiknya gunakan ukuran standar yang sedang dengan ketebalan sekitar 0.73 mm. Jika rasanya kurang nyaman, anda bisa menggantinya dengan ukuran yang lebih tipis atau lebih tebal. Anda juga bisa memetik dengan ibu jari atau telunjuk jika tidak mau menggunakan alat petikan.


4. Cara memegang petikan gitar

Cara memegang petikan gitar menjadi hal yang subjektif, yaitu tergantung masing-masing orang. Anda bisa memegangnya seperti pemain gitar pada umumnya lalu mencoba dan mencari posisi yang membuat tangan menjadi tidak sakit. Biasanya, petikan akan diapit oleh ibu jari dan kelingking, kemudian senar dipetik dengan menggunakan ujung petikan.


Baca Juga : Cara Bermain Drum Untuk Pemula


Beberapa pemain gitar baru umumnya bermasalah dengan petikan ketika mulai memetik, seperti gerakan kaku atau tangan yang tegang. Jadi, berusahalah untuk rileks. Di sisi lain, cobalah jari-jari mana yang membuat ana merasa nyaman saat memegang petikan. Eksperimen akan membuat anda bisa mengontrol gerakan saat mulai memetik.


5. Teknik memetik

Analogi yang tepat saat anda mulai belajar memetik adalah dengan membayangkan ada sebuah bulu yang tertempel oleh madu di jari anda. Kemudian, berpura-puralah ingin menggibaskan jari anda supaya bulu terlepas dari jari. Gerakan pada pergelangan tangan dan siku yang santai akan membuat suara hasil petikan terdengar indah. Mulailah gerakan memetik ke bawah.

Memetik dengan gerakan ke atas akan menjadi hal yang menantang bagi pemula. Ada sebuah tips yang bisa dilakukan, pertama yaitu anda tidak perlu memetik semua enam senar sekaligus meskipun chord yang anda mainkan menggunakan enam senar. Sebaagian orang umumnya hanya memetik tiga hingga lima senar saat gerakan ke atas.


6. Teknik menghitung ketukan

Sebagian besar lagu menggunakan ketukan empat per empat, yang artinya ada 4 beat dalam setiap satu ukuran musik. Pikirkan ketika anda mendengar suara sebuah lagu dengan pukulan drum 1-2-3-4 kaena nomor tersebut adalah beat musik. Satu petikan ke bawah terhitung satu dan berarti not keseluruhan.


7. Belajar bentuk chord dasar

Dua chord termudah dalam mempelajari gitar ada dua, yaitu E Minor dan D2. Tipsnya adalah bayangkan anda seperti sedang memegang sebuah apel saat memegang gagang gitar. Letakkan tangan di leher gitar, sementara jempol di bagian belakang lehernya. Jangan tempelkan pergelangan tangan maupun terlalu jauh agar tidak kaku.

E Minor Chord

Untuk memainkan chord E minor, letakkan jari kedua pada fret kedua dari senar kelima dan jari ketiga pada fret kedua dari senar keempat. Pastikan jari-jari anda tepat berada di belakang fret dan tidak menyentuh senar yang mengakibatkan suara menjadi aneh atau bahkan tidak keluar. Petiklah perlahan-lahan, kemudian pastikan suara yang keluar jelas dan jernih.

D2 Chord

Chord kedua yang harus dipelajari adalah D2. Caranya adalah letakkan jari pertama di fret kedua dari senar ketia, sementara jari ketiga di fret ketiga dari senar kedua. Lagi, pastikan bahwa jari-jari tepat berada di belakang fret dan tidak menyentuh senarnya. Mulai mainkan pelan-pelan dan bandingkan suaranya dengan rekan anda atau video tutorial.


8. Membuat chord jernih

Jika anda kesulitan untuk membuat cord yang jernih, cobalah untuk menarik sikut untuk lebih dekat dengan tubuh. Hal ini akan berdampak pada posisi tangan ana jauh lebih baik untuk mencapai semua not. Anda juga bisa menggunakan cara ini saat mempraktekan metode klasik seperti duduk atau berdiri dengan strap. Posisi gitar lebih tinggi dan posisinya lebih baik juga.

Tips cara bermain gitar terakhir adalah fokuslah pada satu chord terlebih dahulu, kemudian coba berulang-ulang. Hal ini bisa membantu untuk memori otot anda. Lebih bagus jika anda banyak berlatih setiap harinya sehingga anda bisa merasakan chord itu sendiri. Berlatihlah secara konsisten dan anda akan hafal tanpa merasa kaku.