Cara Memakan Buah Kiwi Dengan Baik Dan Benar

Cara Memakan Buah Kiwi Dengan Baik Dan Benar

Cara Memakan Buah Kiwi

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang berasal dari Tiongkok dan New Zealand dan termasuk ke dalam jenis beri yang dapat dimakan. Cara memakan buah kiwi juga beragam dan tentu saja kaya akan manfaat. Buah ini amat mudah dikenali karena memiliki ciri yang unik yaitu memiliki bulu halus berwarna coklat dan berbentuk kira-kira seperti telur.

Buah segar yang satu ini  cukup mudah anda temukan seperti di pasar maupun swalayan. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal. Sehingga cocok untuk anda jadikan cemilan sehari-hari. Hanya dengan cara memakan buah kiwi secara rutin, anda bisa menjaga kesehatan tubuh anda.

Sama seperti buah lainnya, ada baiknya sebelum anda mengkonsumsi buah kiwi bilas dengan air bersih terlebih dahulu. Karena bahan kimia dari pestisida masih menempel pada kulit buah dan dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Cara Memakan Buah Kiwi Dengan Baik Dan Benar


1. Buah kiwi dapat langsung dimakan beserta kulitnya. Memakan kulit kiwi tidak berbahaya untuk dikonsumsi karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan anda.

2. Anda juga bisa memakan buah kiwi seperti anda memakan buah alpukat. Anda cukup membelah buah kiwi dan langsung memakan daging buah dengan sendok. Sama sekali tidak susah karena buah kiwi yang telah matang tidak sulit untuk dipisahkan dari kulitnya.

3. Cara memakan buah kiwi dengan cara menikmati dengan krim atau madu juga menambah kenikmatan kiwi. Cukup anda potong-potong kecil lalu tuang sedikit krim atau madu di atasnya.

4. Anda juga bisa menjadikan kiwi sebagai jus atau tambahkan sedikit es dan susu  menjadi smoothie. Anda juga bisa mencampur dengan buah lain dan tentunya menjadi lebih sehat.

5. Anda dapat menjadikan buah kiwi sebagai selai atau saus buah.

a. Haluskan 3 buah kiwi dengan blender.

b. Masukkan buah kiwi yang telah dihaluskan ke dalam wajan bersama gula dan sedikit kayu manis.

c. Tunggu adonan kiwi mendidih sambil diaduk rata.

d. Jika air sudah mongering tambahkan lair dan gula sampai adonan selai mulai kering dan mulai mengeras.



Baca Juga : Cara Memakan Buah Apel Dengan Baik Dan Benar



e. Lalu angkat selai dan masukkan ke dalam toples, selai kiwi siap disajikan.

6. Jika anda kurang menyukai sarapan berat, anda juga bisa mencampur potongan buah kiwi dengan oatmeal dan susu. Campuran kiwi dan oatmeal sangat cocok anda nikmati sebelum memulai kegiatan anda dan memiliki nutrisi yang cukup.

7. Anda dapat membuat es krim dengan rasa kiwi.

Bahan :

a. 6 buah kiwi segar
b. Satu gelas penuh gula pasir
c. 2 butir telur
d. 2 gelas whipe cream


Cara membuat :

a. Kupas buah kiwi dan haluskan dengan blender.

b. Masukkan 2 sendok makan  gula dan masukkan ke lemari pendingin

c. Kocok telur sampai halus dan masukkan gula pasir kemudian aduk hingga tercampur rata.

d. Masukkan whipe cream kedalam telur kocok beserta buah kiwi yang telah dihaluskan dan aduk hingga merata.

e. Masukkan kembali ke lemari pendingin selama satu jam.

8. Membuat puding dengan taburan potongan buah kiwi yang kecil juga dapat menambah kesegaran pudding anda.

9. Jika anda sedang melakukan diet sehat, anda juga bisa memasukkan buah kiwi ke dalam list menu salad anda.

10. Anda juga dapat membuat kue dengan rasa kiwi, menjadikan kiwi sebagai adonan dapat memberi variasi rasa dan mengontrol kalori pada roti yang anda konsumsi.


Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengkonsumsi buah kiwi secara teratur dapat membantu agar tubuh anda tetap sehat. Selain manfaat bagi kesehatan tubuh ternyata buah kiwi juga dapat dijadikan sebagai perawatan kecantikan wanita. Tidak heran banyak produsen perawatan menjadikan kiwi sebagai bahan utama produksi.

1. Tidak hanya daging buah kiwi, kulit buah kiwi juga baik untuk kesehatan kulit dan mata anda.

2. Menurut penelitian mengatakan bahwa buah kiwi mampu mencegah  trigliserida.

3. Buah kiwi  dapat menyeimbangkan kalori tubuh anda sehingga dapat mencegah lemak jahat pada tubuh.

4. Buah kiwi juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai konstipasi penyakit kehamilan.

5. Buah kiwi juga dapat dikonsumsi untuk mengurangi gejala sesak nafas maupun batuk

6. Dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam.

7. Buah baik digunakan sebagai buah pendamping diet sehat

8. Buah kiwi juga dapat menjaga kerusakan DNA manusia karena antioksidan yang cukup tinggi dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Efek Samping Buah Kiwi

Akan tetapi anda juga harus berhati-hati saat mengkonsumsi buah kiwi, karena ada beberapa yang terkena alergi karena kulit tidak dapat menerima kandungan yang terdapat dalam kiwi. Beberapa penelitian menyebutkan alergi yang dapat disebabkan oleh kiwi cukup banyak.

Alergi yang disebabkan oleh kiwi dapat berupa alergi oral ringan dan ter alokasi hingga kondisi yang fatal, khususnya pada anak-anak. Kandungan oksalat yang banyak pada kiwi juga dapat memicu batu ginjal jika terlalu sering dikonsumsi. Karena kelebihan oksalat pada tubuh manusia mengganggu beberapa penyerapan nutrisi seperti kalsium dan magnesium.

Oleh sebab itu anda disarankan mengkonsumsi buah kiwi secukupnya. Jangan terlalu sering. Anda bisa selingi dengan buah lain. Jika gejala seperti di atas mulai anda rasakan sebaiknya langsung anda konsultasikan dengan dokter anda.

Buah Kiwi Untuk Kecantikan

1. Buah kiwi dapat anda gunakan untuk melembabkan kulit anda yang kering dan kusam akibat kegiatan sehari-hari. Karena kandungan air yang ada pada buah kiwi memberikan efek segar pada wajah anda.

2. Buah kiwi juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah anda, sehingga kotoran sulit untuk masuk melalui pori-pori dan mengurangi kemungkinan pertumbuhan jerawat.

3. Buah kiwi juga dapat anda gunakan untuk mencegah dan mengurangi jerawat dengan dicampur dengan air perasan lemon.