Skip to main content

Cara Memakai Henna Di Kulit Bagi Pemula

Cara Memakai Henna

Cara memakai henna di kulit dirasakan cukup sulit bagi beberapa orang, terutama bagi pemula. Bagaimana tidak, saat menorehkan henna di tangan anda harus memiliki ketelitian dan keahlian jika menginginkan hasil yang indah di kulit anda. Jika tidak, maka henna yang anda lukis aka terlihat tidak beraturan dan justru memberikan kesan berantakan di kulit.

Henna merupakan salah satu contoh tato sementara yang terbuat dari tumbuhan henna. Yang kemudian diolah dan dikemas dalam bentuk pasta agar mudah untuk digunakan. Memakai henna di kulit akan meninggalkan bekas bercak warna pada kulit. Akan tetapi jika anda memiliki keahlian untuk membuatnya rapi atau teratur, hal itu justru memberikan kesan seni pada kulit anda.

Memakai henna di kulit juga aman digunakan oleh setiap orang dari segala kalangan, karena tidak menutup kulit sehingga aman digunakan oleh wanita muslim yang harus wudhu sebelum sholat. Dan sebenarnya cukup gampang digunakan jika anda cukup teliti. Atau anda juga bisa melihat beberapa tutorial di youtube.

Cara Memakai Henna Di Kulit Bagi Pemula


1. Carilah pola atau gambar henna yang cukup simple terlebih dahulu. Tidak perlu yang rumit atau pola tradisional, kecuali anda menggunakan untuk acara khusus.

2. Campurkan bubuk henna dengan perasan air lemon selama kurang lebih 24 jam. Hal ini bertujuan untuk membuat warna henna keluar dan tahan lama.

3. Setelah didiamkan selama 24 jam campur kembali dengan perasan air lemon hingga teksturnya menyerupai yoghurt.

4. Masukkan henna kedalam kantong kerucut agar mudah untuk digunakan saat melukis desain di kulit.

5. Tekan ujung kantong kerucut tadi hingga henna mulai keluar dari ujung satunya lagi

6. Mulailah melukis pola desain yang anda inginkan, lakukan dengan posisi tangan vertical.

7. Hati-hati saat menorehkan henna agar tetap rapi dan tidak berantakan.

8. Saat sudah selesai biarkan henna mengering pada kulit anda terlebih dahulu

9. Jika sudah mengering bungkuslah dengan kain atau sesuatu yang teksturnya lembut dan diamkan selama 10-12 jam untuk hasil yang maksimal


Baca Juga : 4 Cara Bermain Biola Bagi Pemula


10. Lalu buka bungkusan setelah 10-12 jam dan bilas secara perlahan dengan air dan sabun

11. Kemudian biarkan kering dan usapkan sedikit minyak zaitun ke bagian yang anda gambarkan henna agar lebih tahan lama.

Dalam penggunaanya, henna juga sering digunakan untuk mewarnai kuku dan rambut. Warna yang dihasilkan juga bagus dan tentu saja lebih ramah pada kulit, karena merupakan bahan alami.

Henna biasa digunakan untuk hari besar beberapa suku bangsa sebagai hiasan atau simbolis suatu acara-acara besar. Biasa ditemukan di Afrika Utara dan Asia Selatan. Cara memakai henna di kulit ini sudah ada sejak sejak tiga ribu tahun. Tidak hanya digunakan untuk melukis atau mewarnai bagian tubuh, namun juga terdapat lukisan-lukisan di gua yang berupa simbol.

Selain hal itu henna juga dipercaya untuk membawa keberuntungan atau nasib baik bagi pemakainya. Karenanya sering dipakai saat sebelum melahirkan atau saat sedang melangsungkan pernikahan dan acara-acara adat lainnya.

Akan tetapi sekarang henna sudah tersebar hampir di seluruh penjuru dunia dan tidak diperuntukkan untuk acara khusus saja. Banyak orang menggunakan sebagai fungsi estetika sehari-hari. Karena lebih praktis daripada tato permanen. Ditambah anda dapat berkreasi karena bersifat temporer. Cara memakai henna di kulit pun semakin praktis dan mudah

Penggunaan henna di setiap daerah juga berbeda-beda. Perbedaannya yang paling terlihat adalah bahan-bahan yang digunakan sebagai campuran henna tersebut. Karena penggunaan henna tanpa menggunakan campuran lain dapat mengurangi ketahanan warna henna tersebut.

Di Indonesia sendiri, penggunaan henna sudah semakin populer. Bukan hanya kalangan atas saja menggunakan henna, bahkan masyarakat biasa pun berbondong untuk menggunakan henna. Khususnya saat acara pernikahan. Bahkan banyak anak remaja yang menggunakan sebagai pengganti tato.



Macam-Macam Kegunaan Henna

1. Seperti yang sudah dijelaskan, tentu saja henna paling banyak digunakan sebagai tato temporer di acara pernikahan atau acara khusus lainnya.

2. Henna juga banyak digunakan sebagai pewarna rambut alami. Henna dapat menghasilkan warna coklat kemerahan pada rambut gelap. Penggunaan henna sebagai pewarna rambut lebih aman dibanding menggunakan pewarna kimia karena dapat sekaligus mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut.

3. Henna juga banyak digunakan untuk mewarnai kuku, warna yang dihasilkan juga lebih tahan lama dan tentu saja alami. Henna memberikan warna kemerahan pada kuku anda.

4. Daun henna ternyata dapat anda gunakan untuk mengobati sakit kepala dengan cara merendam daun henna dengan cuka selama kira-kira 1 jam lalu letakkan pada dahi anda sembari dipijat lembut,

5. Henna juga dapat menyembuhkan luka dan melindungi kulit dari peradangan dan mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Menggunakan henna pada luka juga dapat membuat luka anda cepat mongering.


Bahaya Memakai Henna

Walaupun dari tumbuhan alami dan aman untuk digunakan, henna ternyata dapat menimbulkan bahaya pada penggunanya. Akan tetapi tidak semua henna berbahaya digunakan, akan tetapi akan memberikan efek samping yang tidak baik jika henna berwarna hitam.

Henna pada umumnya berwarna coklat atau hijau. Jika henna yang anda gunakan berwarna hitam, maka henna tersebut mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan ruam atau alergi bagi pengguna yang memiliki kulit sensitif.. Bahkan bisa menyebabkan kulit anda melepuh dan sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Karenanya jika anda hendak menggunakan henna ada baiknya anda melakukan tes untuk mengetahui bagaimana reaksi kulit anda. Jika kulit anda memberikan reaksi yang kurang baik, anda tidak dianjurkan untuk menggunakan henna.