5 Cara Melempar Bola Lengkung Dalam Permainan Bowling dan Tipsnya

5 Cara Melempar Bola Lengkung Dalam Permainan Bowling dan Tipsnya

5 Cara Melempar Bola Lengkung Dalam Permainan Bowling dan Tipsnya

Bowling adalah salah satu olahraga populer yang digemari oleh para anak muda, baik itu di Indonesia maupun manca negara. Hal itu terbukti ketika Anda menonton film barat sampai ftv Indonesia yang kerap kali menampilkan adegan permainan bowling. Dalam bowling melempar bola adalah kunci utama. Anda harus belajar cara melempar bola lengkung dalam permainan bowling ini jika ingin memainkannya.


5 Cara Melempar Bola Lengkung Dalam Permainan Bowling



Teknik lempar permainan ini tidak bisa sembarang dilakukan. Anda tidak akan bisa strike dan berhasil jika hanya melempar asal – asalan. Belajar teknik ini juga butuh waktu, sehingga Anda harus dituntut untuk bersabar dan melalui banyak latihan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar Anda tetap aman dan tubuh Anda tidak kaget saat memegang bola bowling yang memang berat.


Bagaimana Cara Melempar Bola Lengkung Dalam Permainan Bowling

Di sini akan dijelaskan mengenai teknik lempar bola melengkung yang bisa Anda pelajari dan praktekkan dalam permainan Anda. Perhatikan selengkapnya di bawah ini dengan seksama!


1. Genggam Dengan Benar

Jika Anda ingin mengusai teknik melempar bola, pelajarilah cara menggenggam bola bowling dengan benar terlebih dahulu. Posisikan diri Anda beberapa 50 cm hingga 1 meter dari garis foul. Masukkan jari jempol dalam lubang bola dan rentangkan semua jari yang lain untuk bisa menopangnya. Luruskan kaki searah dengan bidikan pin. Peganglah bola sejajar dengan pergelangan tangan.


2. Posisi Tangan

Posisi tangan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan jari tengah, jari telunjuk, dan jempol pada lubang bola. Ini merupakan posisi standar yang umumnya banyak orang lakukan. Posisi kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa bola begitu saja seperti tengah membawa mug sampai bola dilepaskan.

Posisi telapak tangan terkahir yang bisa Anda gunakan adalah dengan cara memasukkan telunjuk pada lubang bola bowling dan diikuti dengan telapak yang menampungnya. Saat akan dilepas, lakukan gerakan seperti memelintirkan bola. Genggam senyaman mungkin, Anda bisa memilih salah satu cara mana yang paling mudah untuk Anda.


3. Fokus, Perkirakan Tujuan

Fokuslah pada titik pin mana yang Anda tuju. Biasanya agar bisa strike, pin paling tengah lah yang menjadi patokan bidikan utama. Usahakan untuk konsentrasi penuh di step ini. Bayangkanlah ayunan tangan terbaik yang bisa Anda lakukan, perkirakan titik jatuh bola dan hantamannya terhadap pin bowling.


4. Langkah Awal

Mulailah dengan memposisikan permulaan langkah seperti saat melempar bola secara standar. Bawalah bola seperti sedang mengayun di samping badan. Jangan lupa menjaga keseimbangan topangan tangan terhadap permukaan bola.


5. Melepas Bola

Mulailah untuk melepaskan bola setelah sampai di titik paling bawah saat Anda mengayunkan tangan. Lepaskan dengan ibu jari terlebih dahulu. Sebelumnya, ayunkanlah tangan Anda ke atas agar bisa mengarahkan dan mendorong bola dengan kuat ke titik lintasan yang dituju. Jangan sampai Anda menurunkan kecepatan saat melakukan lemparan, ini adalah hal penting agar bola bisa melaju dengan benar.


Baca Juga : 3 Cara Melukis Batu Kali


Teknik ini memang susah – susah gampang. Anda tidak akan bisa melakukannya hanya dalam sekali coba saja. Cara terbaik adalah dengan meminta instruktur bowling untuk mengajari Anda secara profesional. Lakukan latihan setidaknya dua kali dalam satu minggu. Agar bisa terampil Anda butuh waktu. Jadi, rajinlah berlatih dan bersabarlah.


Tips Memilih Bola Bowling

Bola bowling antara satu dengan yang lainnya bisa tidak sama. Jadi Anda harus bisa memilih bola paling tepat agar tembakan yang Anda lakukan berjalan dengan mulus. Hal ini juga akan membantu Anda dalam mempelajari cara melempar bola lengkung dalam permainan bowling.


1. Pilihlah bola yang memiliki berat kira - kira sepuluh persen dari berat tubuh Anda. Jika berat badan Anda 65 kg, maka pilihlah bola dengan berat maksimal 7 kg.

2. Jika sedang dalam keadaan kurang fit, pilihlah bola yang ringan.

3. Pilihlah bola dengan lubang yang untuk penggenggamannya menggunakan ujung jari.

4. Bola terbaik adalah bola yang bahannya berlapis getah atau bisa juga uretan.

5. Meminta saran kepada yang lebih mengetahui itu perlu, apalagi untuk Anda yang bermain bowling sebagai pemula.


Tips Bermain Bola Bowling

Untuk mendukung permainan bowling Anda, berikut ini ada tips yang bisa Anda terapkan dalam permainan.

1. Gunakan Sepatu Bowling

Agar aman, jangan pernah gunakan sepatu gaya karena bisa berbahaya. Anda akan mudah terpeleset di dalam arena. Untuk mendapatkan sepatu bowling Anda bisa menanyakan kepada petugas arena bowling. Biasanya mereka menyewakan sepatu khusus bowling dalam berbagai ukuran.

2. Gunakan Sarung Tangan

Ingatlah bahwa bola bowling bisa semakin licin jika tangan Anda berkeringat. Siapkanlah sarung tangan khusus sebelum Anda melakukan olahraga ini. Anda juga bisa mendapatkan sarung tangan khusus ini di arena bowling dengan menyewanya. Jika tidak ingin menyewa, bawalah handuk kecil atau tisu yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan keringat pada telapak tangan Anda.

3. Memilih Bola

Cara memilih bola sudah dijelaskan pada subjudul sebelumnya, untuk itu perhatikanlah baik – baik ya!

4. Pakaian Nyaman

Jika Anda ingin bermain bola bowling pakailah pakaian nyaman atau pakaian yang sporty. Terutama untuk para wanita, Anda tidak dianjurkan untuk memakai mini dress dan pakaian yang bisa mengganggu ayunan tangan.

5. Bermain Secara Group

Agar permainan menjadi lebih seru, sebaiknya jangan bermain sendiri. Ajaklah kawan atau saudara. Hal ini juga bisa mendorong Anda untuk bermain secar maksimal. Jika bermain dengan lawan, maka anda akan tertantang untuk selalu melakukan lebih baik dari lawan Anda.