Skip to main content

Cara Melakukan Verifikasi Akun Yahoo


Terkadang beberapa dari Anda saat masuk atau melakukan log in ke akun Yahoo pasti diminta untuk melakukan verifikasi. Tenang saja, biasanya hal tersebut terjadi karena keamanan akun Anda yang kurang baik. Yahoo memastikan apakah Anda benar pemilik akun dengan meminta Anda melakukan verifikasi. Jadi, bagaimana cara melakukan verifikasi akun Yahoo?

Mungkin akan sedikit menjengkelkan, selain menyita waktu mungkin Anda akan menjadi was – was memikirkan apakah akun Anda sedang bermasalah. Cara terbaik adalah dengan mengikuti stepnya agar akun Anda selamat dan tidak dihapus oleh Yahoo. Berikut ini akan dijelaskan selengkap –lengkapya mengenai verifikasi akun Yahoo. Untuk itu, simaklah baik – baik penjelasan berikut ini!

Cara Melakukan Verifikasi Akun Yahoo Dengan Email Alternatif 


Untuk melakukan verifikasi, hampir setiap komputer berlaku cara yang sama. Sistem operasi dan spesifikasi gadget sama sekali tidak akan memberikan pengaruh. Jadi, cara – cara yang akan dijelaskan nanti akan bisa diterapkan dengan semua akun Yahoo milik Anda.

1. Sign In Ke Email Alternatif

Saat pertama kali Anda mendaftar akun, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email alternatif bukan? Inilah salah satu fungsinya, kini saatnya menggunakan fasilitas tersebut. Ketikkan alamat email beserta passwordnya, lalu buka.

Cara Melakukan Verifikasi Akun Yahoo


2. Buka Inbox Atau Kotak Masuk

Setelah akun Anda terbuka, bukalah kotak masuknya. Temukan pesan masuk yang memiliki judul “Verification E-mail” Apabila Anda masih tidak bisa menemukannya, Anda bisa memanfaatkan fasilitas Search pada inbox Anda. Bisa juga Anda mengeceknya lewat kotak Spam, kemungkinan pesan masuk pada bagian tersebut.



3. Memverifikasi Akun

Jika Anda sudah menemukan pesan verifikasi email yang dimaksud segeralah membukanya. Baca dengan teliti sampai Anda menemukan tautan verifikasi. Klik tautan apabila telah menemukannya. Biasanya tautan akan berada di akhir pesan dengan ditandai font yang berukuran lebih besar dan warna berbeda. Setelah mengekliknya, maka Anda bisa memasuki email yahoo Anda kembali.


Baca Juga : 9 Cara Memakai Sepatu Baru Dengan nyaman

Cara Melakukan Verifikasi Akun Yahoo Via SMS

Selain cara di atas, ada cara lain untuk verifikasi yaitu via SMS. Pada umumnya hal ini bisa terjadi karena Anda melakukan perjalanan jauh dan membuka email di tempat baru. Misalnya kunjungan lintas negara atau berpergian ke lain provinsi dan pulau. Bagaimana caranya?

1. Masuk Akun

Langkah pertama adalah silakan untuk melakukan Log in terlebih dahulu pada akun Anda, setelah itu ikuti step selanjutnya dengan mematuhi perintah yang Yahoo berikan. Klik dan pilih “Keamanan Akun” atau pilih “Account Security” jika setelan Anda menggunakan Bahasa Inggris.

Cara Melakukan Verifikasi Akun Yahoo


2. Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Akan segera tampil perintah untuk memasukkan nomor telepon dalam kotak. Segera masukkan nomor telepon seluler Anda. Cek sekali lagi, jangan sampai ada typo. Lalu plihlah “Send SMS”. Tunggu beberapa saat sampai ada pesan masuk yang mengirimkan Anda kode 5 digit angka. Inilah yang disebut dengan langkah pertama.

Untuk langkah kedua, jika sudah, masukkan ke dalam kotak di bawah tulisan “Enter the verification code that we sent to you”. Setelah itu pilih dan klik “Verify”. Apabila berhasil, maka anda akan bisa membuka email dengan normal kembali. Biasanya setelahnya akan pop up pemberithuan yang akan melanjutkan Anda menuju aplikasi ulang. Pilih saja “Skip”.

3. Menghilangkan Permintaan Verifikasi 2 Langkah

Agar ke depannya Anda tidak perlu melakukan verifikasi seperti ini lagi, karena Anda menganggap ini merepotkan maka Anda bisa menonaktifkan fasilitas ini dengan cara meng-klik “Two Step Verification” mengubahnya menjadi tidak aktif.

Bagaimana Cara Verifikasi Jika Nomor Telepon Sudah Ganti ?

Masalah tentang kata sandi memang sangat pelik. Terutama jika sudah lama akun memang tidak pernah dibuka kembali. Terkadang untuk memverifikasinya kembali pun membutuhkan data yang pemilik akun sendiripun lupa atau sudah tidak valid lagi seperti nomor telepon lama dan pertanyaan mengenai keamanan yang dahulu dipilih namun sekarang sudah dilupakan. Inilah cara untuk mengatasinya:

1. Langkah Satu

Bukalah Yahoo dan masuk pada halaman bantuannya. Jika tidak tahu caranya Anda bisa mencaritahunya lewat internet.

2. Langkah Dua

Cari dan klik pada “Topics” lalu pilih “Password and Sign In”. Lalu pada bagian Sub – topics, Anda bisa mencari dan memilih menu “Forgot My Password”. Selanjutnya akan muncul kotak di sampingnya berupa Recommended Options lalu dalam kotak di bawahnya silakan untuk memasukkan alamat ID Yahoo Anda dan klik “Submit”

3. Langkah Tiga

Pada tampilan PC Anda akan tertera tulisan “We’re here to help” dengan logo amplop di bawahnya, maka pilihlah. Akan segera tampil form yang harus Anda isi dengan data yang benar. Biasanya nama, Yahoo ID, tanggal lahir, penjelasan alasan atau issue yang sedang Anda hadapi, dan lain – lain. Setelah selesai, silakan mengirim form tersebut. Anda akan segera mendapat balasan.
Balaslah dengan mengirim dan mengisikan tanggal ahir dan nomor HP baru. Jika permintaan disetujui, maka Yahoo akan memberikan password baru kepada Anda.

Alasan Verifikasi Akun Yahoo

Verifikasi biasanya bukan terjadi bukan tanpa sebab. Karena ini menyangkut keamanan dan privasi maka pihak Yahoo berusaha untuk melindungi akun Yahoo milik Anda. Apa saja penyebab hal seperti ini bisa terjadi? Beberapa alasan di bawah ini akan menjawab pertanyaan Anda.

1. Telah diketahui bahwa ada aktivitas tidak biasa pada akun Anda.

2. Browser yang Anda gunakan untuk Sign In tidak terpercaya atau tidak bisa dikenali oleh Yahoo.

3. Perpindahan, misalnya biasanya Anda memakai akun di Kota Medan tetapi suatu hari Anda ke Toronto Amerika Serikat dan menggunakan akun yang sama di sana.

4. Adanya masalah terhadap VPN dan Server Proxy.

5. Sadar atau tidak, Anda melakukan Sign In dengan penyamaran.

6. Ada seseorang yang mencoba memasuki akun Anda dengan mencobakan password berkali – kali.

7. History dan Cookie telah Anda hapus dari PC.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar