Skip to main content

Cara Melakukan Sharing Printer Yang Benar

Cara Melakukan Sharing Printer Yang Benar


Anda ingin membuka persewaan perangkat komputer namun tak punya cukup modal untuk pembelian printer setiap komputer? Saat ini perkembangan teknologi memungkinkan optimalisasi penggunaan printer, sehingga mampu menerima perintah cetak dokumen dari beberapa perangkat komputer sekaligus. Teknologi ini dikenal sebagai “Sharing Printer”.


Cara Melakukan Sharing Printer Yang Benar



Untuk mengetahui Cara Melakukan Sharing Printer, mari simak artikel berikut ini.

Saat ini teknologi sharing printer banyak digunakan baik pada perusahaan maupun secara personal. Fiturnya mampu menghemat pengeluaran untuk pembelian perangkat printer pada setiap perangkat komputer.

Teknologi sharing printer juga mampu menghemat waktu anda, karena anda tidak perlu kesana-kemari hanya untuk mencetak dokumen. Penggunaan yang optimal ini dianggap cukup menguntungkan dan efisien bila digunakan dalam dunia bisnis seperti persewaan, warnet hingga perkantoran.

Sharing printer dapat dilakukan pada sebuah printer dengan beberapa komputer yang telah terhubung melalui jaringan kabel LAN (Local Area Network) maupun secara nirkabel atau secara wireless melalui WiFi.  Pada dasarnya pengaturan pada beberapa OS umum seperti windows 7, 8 dan 10 memiliki langkah-langkah yang hampir sama.


Baca Juga : Cara Melakukan Roll Depan Dengan Baik


Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengaturan sharing printer adalah dengan memastikan komputer telah tersambung/ terkoneksi dengan baik pada printer baik pada jaringan kabel  LAN maupun secara wireless atau melalui WiFi.


Cara Melakukan Sharing Printer

Penggunaan pengaturan pemakaian kabel maupun nirkabel tergantung pada jenis printer yang akan di sharing. Beberapa printer memiliki fitur terkoneksi dengan WiFi atau nirkabel seperti printer jenis EPSON L350. Adapula beberapa printer yang hanya bisa diakses melalui kabel jaringan seperti printer jenis CANON MP280. Tutorial berikut dapat digunakan untuk printer yang mampu terkoneksi menggunakan kabel maupun nirkabel. Lalu bagaimana Cara Melakukan Sharing Printer yang baik dan benar? Beberapa langkah harus anda lakukan bila belum pernah melakukan sharing printer.

Mengaktifkan Sharing Printer

Langkah awal yang harus dilakukan untuk mengaktifkan sharing printer adalah dengan mengaktifkan “File and Printer Sharing” pada komputer server dengan langkah-langkah yang bisa diikuti di bawah ini:

1. Buka “Control panel” dan pilih “Network and Internet”

2. Setelah jendela “Network and Internet” terbuka, pilih “Network and Sharing Center”.

3. Klik “Change Advance Sharing Setting”

4. Karena anda akan melakukan share file atau printer, maka anda bisa meng-klik “Turn On File and Printer Sharing”.

Setelah melakukan langkah di atas, maka printer yang terkoneksi pada komputer server/master anda sudah dapat di akses oleh komputer lain. Namun, apabila komputer anda memiliki password untuk login, maka siapapun yang akan mengakses printer yang telah anda sharing harus memasukkan password login pula terlebih dahulu.

Cara menghilangkan fitur password tersebut dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pilih “All Networks”.

2. Pilih “Turn off password protected sharing”.

Langkah tersebut memungkinkan komputer lain mengakses printer atau file yang sudah anda sharing tanpa harus memasukkan password login.

Memilih Printer yang akan di Sharing

Langkah kedua setelah membuka pengaturan sharing printer adalah memilih printer yang akan di sharing dengan melakukan langkah-langkah berikut ini

1. Buka “Control Panel”, Klik “View Devices and Printers” pada kategori “Hardware and Sound”.

2. Setelah jendela “View Devices and Printers” terbuka klik kanan salah satu printer yang hendak disharing dan pilih “See What’s Printing”.

3. Klik menu “Printer” dan pilih menu “Sharing”

4. Setelah jendela “Properties” muncul, buka tab “Sharing” dan tekan tombol “Change Sharing Options”

5. Centang pilihan “Share This Printer” dan masukkan nama printer yang hendak anda share. Pemilihan nama usahakan sesuai dengan jenis dan tipe serta singkat namun jelas, misal EPSON L385. Lalu klik “OK”

Setelah kedua langkah telah dilakukan dengan baik, maka printer anda yang terhubung pada komputer server/master telah berhasil untuk di sharing dan siap untuk digunakan untuk mencetak dokumen oleh komputer lain yang telah terhubung sebelumnya.


Akses Printer dari Komputer Client

Adapula sedikit pengaturan yang perlu di lakukan pada komputer client yang akan mengakses printer yang telah kita sharing dari komputer server/master. Berikut langkah yang harus dilakukan pada komputer cluent untuk mengakses printer adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan “Turn on network discovery” dan “Turn on file and printer sharing” dan klik button “Save changes”.

2. Akses printer yang telah di sharing melalui “File Explorer” (tekan tombol “Taksbar Start +E”), kemudian pilih “Network”.

3. Double klik nama komputer server yang telah terhubung dengan printer. Pastikan anda mengenali IP komputer yang melakukan sharing, karena kemungkinan nama komputer lain juga akan muncul ataupun nama komputer client itu sendiri yang akan mengakses printer.

4. Setelah itu, apa saja yang di sharing oleh komputer server terpilih akan muncul. Selanjutnya klik kanan pada printer yang akan anda akses dan pilih “Connect”. Tunggu proses “Connecting” hingga selesai.

5. Dan, sekarang anda telah terhubung dan dapat melakukan perintah cetak dokumen ke printer yang telah anda sharing.

Proses sharing printer telah berhasil di lakukan. Langkah selanjutnya adalah mengecek apakah printer dan komputer client telah benar-benar terhubung atau belum dengan melakukan pencetakan dokumen melalui komputer client. Pastikan saat anda akan melakukan proses cetak dokumen, printer yang akan anda gunakan dalam keadaan “Ready” atau menyala.

Demikian Cara Melakukan Sharing Printer yang dapat anda lakukan baik secara jaringan kabel LAN, maupun menggunakan Wifi atau secara wireless. Cara ini juga dapat digunakan baik pada jaringan perangkat komputer maupun pada laptop.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar