Cara Melakukan Roll Depan Dengan Baik

Cara Melakukan Roll Depan Dengan Baik

Cara Melakukan Roll Depan Dengan Baik

Pernahkah Anda mendengar istilah senam  lantai? Hal ini merupakan salah satu cabang olahraga senam yang biasa dilakukan diatas lantai dengan menggunakan matras. Selain itu, senam lantai juga banyak macamnya, seperti roll depan, roll belakang, lompat harimau, sikap kayang, sikap lilin dan masih banyak yang lainnya. Namun kali ini yang akan kita bahas adalah cara melakukan roll depan.


Cara Melakukan Roll Depan Dengan Baik



Mungkin sudah banyak dari Anda yang mengetahui hal tersebut beserta cara melakukannya, karena biasanya olahraga ini sudah diperkenalkan sejak kita berada di bangku sekolah menegah. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga banyak yang belum mengetahui tentang olahraga yang satu ini. Oleh karena itu, tulisan ini akan membantu Anda untuk lebih memahami tentang roll depan.

Pengertian Roll Depan

Anda pasti sudah tidak asin lagi dengan olahraga yang satu ini. Roll depan merupakan salah satu jenis olahraga senam lantai yang dilakukan dengan cara menggulingkan badan ke depan, sesuai asal kata nya roll ini memang berasal dari bahasa inggris yang berarti gulung dan dilakukan diatas lantai dengan beralaskan matras untuk mengurangi rasa sakit yang dapat ditimbulkan ketika melakukan olahraga yang satu ini.


Manfaat Roll Depan


1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat pertama dari olahraga roll depan ini adalah dapat menjaga kesehatan tubuh. Ketika kita berolahraga seperti melakukan roll depan ini tentu saja tubuh kita akan mengeluarkan sumber penyakit yang ada di dalam tubuh kita melalui keringat. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.


2. Membuat tubuh menjadi bugar

Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, roll depan juga dapat membuat kita menjadi lebih bugar. Hal ini tentu saja dapat membuat kita lebih segar dan tidak mudah mengantuk dalam melakukan sesuatu,  sehingga apapun yang kita lakukan setiap harinya tidak akan mudah membuat kita merasa lelah dan capek. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita melakukan roll depan ini secara rutin.


3. Meningkatkan Kelenturan

Ketika mendengar kata lentur, yang pertama kita pikirkan adalah menari. Ya, tentu saja kelenturan ini berhubungan dengan menari. Bagi kaum wanita yang hobi menari, olahraga roll depan ini dapat membantu melenturkan tubuh untuk membuat tarian Anda menjadi lebih indah. Wanita yang tubuhnya lentur dari cara berjalannya saja sudah berbeda, dan lebih anggun dari wanita yang tubuhnya kaku.


Baca Juga : Cara Melakukan Pose Kayang Dengan Baik Dan Benar



4. Membantu menguatkan tulang

Olahraga senam lantai banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah roll depan yang dapat membantu menguatkan tulang pada tubuh kita dan mencegah osteoporosis. Apabila Anda rutin melakukan roll depan, maka tulang Anda akan menjadi semakin kuat dan tidak mudah rapuh atau terkena penyakit tulang lainnya yang dapat membahayakan tubuh Anda.


5. Mengurangi berat badan 

Nah, manfaat yang paling ditunggu-tunggu oleh Anda para wanita tentunya berhubungan dengan berat badan, bukan? Ya, roll depan juga bermanfaat untuk mengurangi berat badan Anda. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi Anda yang rutin melakukan roll depan. Tetapi tentu saja harus sesuai dengan cara melakukan roll depan yang baik dan benar agar hasilnya maksimal.

Bagaimana teknik Cara Melakukan Roll Depan?

Tidak sedikit dari kita yang belum mengetahui tentang olahraga roll depan, karena banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini. Salah satunya adalah kurangnya keberanian untuk melakukan roll depan ini. Berikut ini adalah cara melakukan roll depan yang dapat membantu Anda untuk melakukannya dan mengurangi rasa takut Anda terhadap olahraga yang satu ini:


1. Melakukan pemanasan 

Pemanasan  sangat diperlukan bagi Anda yang ingin melakukan olahraga roll depan. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama Anda berolahraga. Karena seperti kita ketahui bahwa olahraga roll depan tidak hanya  olahraga biasa, tetapi merupakan salah satu jenis senam lantai dimana kita harus menggulingkan tubuh ke depan.


2. Lakukan sikap awal dengan cara berdiri atau jongkok diatas alas (matras)

Terlebih dahulu Anda dapat berdiri atau jongkok diatas matras. Untuk pemula sebaiknya ambil posisi jongkok saja, karena resiko dari posisi berdiri lebih berat. Selain itu, posisi jongkok juga lebih cocok untuk pemula karena akan memudahkan Anda untuk melakukan roll depan benar. Namun, tetap lakukan roll depan ini dengan bimbingan dari orang yang telah mahir melakukannya.


3. Posisi badan

Perhatikan posisi badan ketika Anda akan melakukan roll depan. Bungkukkan badan dan kedua tangan Anda menyentuh matras dengan benar. Jangan sampai Anda membuka tangan terlalu lebar atau terlalu sempit,  jangan pula terlau jauh atau terlalu dekat dengan ujung kaki, karena hal ini dapat berbahaya untuk Anda dan menimbulkan cidera. Kemudian tempelkan dagu Anda pada dada.


4. Posisi ketika mengguling

Ketika akan mengguling, jangan lupa untuk menjadikan tengkuk Anda sebagai tumpuan. Jangan sampai tumpuan Anda kurang kuat, karena hal ini dapat membuat Anda jatuh ke samping. Tekuk lutut Anda saat mengguling, luruskan tangan, dan biarkan dagu Anda masih menempel di matras. Pastikan bahu Anda diletakkan diatas matras saat tangan dibengkokkan dan kedua tangan Anda harus ikut menolak.


5. Posisi setelah mengguling

Setelah Anda mengguling atau melakukan roll depan, sebaiknya jangan langsung berdiri dan tetap dalam posisi jongkok. Setelah itu luruskan kedua tangan Anda ke depan, kemudian berdiri dengan kedua tangan diangkat ke atas agar tubuh Anda tidak kaget.