Cara Melakukan Pose Kayang Dengan Baik Dan Benar

Cara Melakukan Pose Kayang Dengan Baik Dan Benar

Cara Melakukan Pose Kayang

Gaya hidup millenial saat ini semua hal dituntut serba instant dan cepat. Kegiatan yang dilakukan juga semakin beragam dan padat tentunya. sehingga beberapa dari kita bahkan tidak sempat untuk berolahraga. Padahal sebenarnya ada olahraga yang mudah dan efisien,yaitu dengan cara melakukan pose kayang.


Cara Melakukan Pose Kayang Dengan Baik Dan Benar



Pasti kita sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut bukan? kayang merupakan salah satu gerakan senam lantai yang dapat menjaga kebugaran tubuh dengan cara melatih otot perut, pinggang, tangan dan kaki. Nah bagi kita yang mungkin waktunya tidak cukup untuk pergi ke gym atau sekedar jogging, mencoba pose  kayang adalah pilihan tepat.

Mungkin beberapa dari kita bertanya,  apa keuntungan melakukan kayang dan bagaimana pose sederhana dapat menjaga kebugaran tubuh dengan kegiatan yang super banyak setiap harinya.

Berikut ini beberapa keuntungan melakukan pose kayang secara rutin :

1. Manfaat fisik : Sudah pasti yang paling berpengaruh adalah fisik, karena mengandalkan gerak organ tubuh dan membentuk daya tahan agar lebih kuat. Hal itu karena dasar-dasar senam dimanfaatkan untuk menjaga keseimbangan dan kelurusan tubuh, kekuatan otot dan kelenturan badan

2. Manfaat mental : Mungkin kita sering mendengar “ Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat”. Begitu pula dengan cara melakukan pose kayang. Tubuh akan memberikan respon yang baik saat kita melakukan kayang dengan benar. Dengan begitu tubuh yang bugar akan memberikan rasa rileks pada perasaan kita.

3. Menjaga bentuk tubuh : Gaya hidup di zaman millenial khususnya di kalangan wanita menjaga bentuk tubuh merupakan suatu keharusan. Akan tetapi banyak orang melakukan hal tersebut dengan cara instan, yaitu dengan cara diet ekstrim yang justru membahayakan tubuh. Dengan melakukan olahraga sederhana pun jika dilakukan secara rutin dan benar manfaat nya lebih baik dan menciptakan gaya hidup yang sehat.

4. Sebagai Detoksifikasi : Detoksifikasi merupakan proses pengeluaran racun dalam tubuh melalui keringat dan air seni. Saat melakukan kayang atau olahraga lainnya kita akan mengeluarkan keringat. Dengan  begitu racun yang ada dalam tubuh kita ikut keluar.



Baca Juga : Cara Masuk ke Gmail Dengan Benar (LENGKAP)



5. Kesehatan jangka panjang : Tentu saja olahraga yang rutin berguna bagi kesehatan di masa mendatang karena dapat meningkatkan kualitas fisik seseorang. Sehingga kekuatan tubuh terlatih dengan gerakan-gerakan yang kita lakukan.


Bagi beberapa orang, kayang bukan termasuk olahraga yang kurang diminati karena  gerakan tersebut dianggap cukup sulit bagi mereka yang jarang mekakukan dan memiliki postur tubuh yang kurang lentur. Tetapi menilik dari manfaat dan  usaha yang dibutuhkan untuk melakukan pose tersebut sedikit usaha agar terbiasa tampaknya cukup setimpal bukan?


Cara Melakukan Pose Kayang Dengan Benar

Dalam penerapannya sehari-hari kayang biasanya sering dilakukan di kelas-kelas senam, yoga maupun pada pelajaran olahraga di sekolah. Tentu saja diawasi oleh guru atau instruktur senam yang sudah paham mengenai gerakan-gerakan senam lantai.

Akan tetapi ada juga beberapa orang yang mencoba sendiri tanpa bantuan orang lain,dan  tanpa menggunakan matras. Hal tersebut seringkali menimbulkakn kesalahan saat melakukan kayang. Dengan minimnya pengetahuan cara melakukan pose kayang dapat mengakibatkan cedera pada bagian tubuh jika tidak dilakukan dengan benar.

Saat melakukan kayang sangat disarankan untuk menahan nafas untuk memaksimalkan pembentukan pada otot perut. Dan sangat tidak disarankan untuk menjadikan pose kayang sebagai ajang untuk bermain atau bercanda karena sangatlah berbahaya dan mengakibatkan cedera yang cukup serius.
Pose kayang dapat dilakukan dengan dua cara yaitu

1) Latihan kayang dari posisi tidur
i) posisi badan berbaring   telentang di atas matras
ii) tekukkan lutut hingga merapat pada paha
iii) tekukkan kedua lengan dia atas matras dengan posisi ibu jari di sebelah telinga
iv) angkat pinggang secara perlahan hingga badan bertumpu penih pada tangan dan kaki
v) lalu posisikan kepala berada di antara kedua tangan

2) Latihan kayang dengan posisi berdiri
i) Badan tegak lurus berdiri di ujung salah satu matras
ii) Lentingkan badan kebelakang dan ayunkan tangan secara perlahan
iii) Biarkan tangan mencapai matras terlebih dahulu sebagai tumbuan
iv) Posisikan kepala berada di antara kedua tangan

Akibat Kurang Olahraga Bagi Tubuh

Sebelumnya sudah dibahas bahwa meakukan pergerakan kecil atau olahraga sederhana sangat penting bagi tubuh. Karenanya akan berdampak buruk jika tubuh seseorang jika jarang olahraga sehingga racun dalam tubuh tetap mengendap.

Berikut efek bagi tubuh jika seseorng malas olahraga:

1) Tubuh kita akan selalu merasa letih dan cepat merasa lelah.
2) Wajah akan terlihat pucat dan tampak tidak segar
3) Daya tahan akan tubuh akan lebih lemah
4) Mudah depresi karena selalu merasa kelelahan dan tidak bisa merasakan rileks pada pikiran.
5) Racun yang mengendap dalam tubuh akan menumpuk dan menjadi penyakit dalam tubuh.
6) Otot melemah dan kekuatan fisik cepat menurun

Pose kayang hanya salah satu dari beberapa olahraga sederhana yang dapat dilakukan di sela kegiatan yang padat. Menyadari akan pentingnya kebugaran akan membuat kita meluangkan waktu. Menjaga kesehatan sebenarnya bukan hal yang sulit walaupun dengan jadwal yang sangat padat.

Hanya dengan beberapa olahraga ringan setengah jam setiap harinya dapat membantu memerikan rasa rileks. Menurut informasi seputar senam lantai, pada saat melakukan latihan latihan tersebut dapat membakar kalori sebanyak 100-110 kalori  pada orang dengan berat 70 Kg. Dengan begitu setiap harinya kita dapat membakar lemak tubuh dan mengeluarkan racun melalui keringat.

Akan tetapi, melakukan olahraga belum cukup untuk menjaga pola hidup sehat. Pola makan, tidur dan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh juga sangat berpengaruh pada peningkatan kesehatan tubuh. Pola hidup sehat akan terbentuk jika hal tersebut dibuat seimbang.