Cara Melacak iPhone dengan Find My iPhone

Cara Melacak iPhone dengan Find My iPhone

Cara Melacak iPhone dengan Find My iPhone


Seringkah anda terlupa menaruh smartphone anda? sering tertinggal, atau sering terselip di suatu tempat? Kemudian anda kebingungan mencarinya? Tidak perlu khawatir, apabila smartphone yang sedang anda cari adalah smartphone yang dikeluarkan oleh Apple Inc., anda dapat menggunakan fitur Find My iPhone untuk membantu anda mencarinya dan berikut cara melacak iPhone dengan Find My iPhone.


Cara Melacak iPhone dengan Find My iPhone



Seperti fitur Find My Device pada android, fitur Find My iPhone pun memiliki fungsi yang sama, yaitu membantu pengguna smartphone untuk melacak keberadaan smartphonenya dari jarak jauh. Khususnya untuk fitur Find My iPhone, smartphone yang dapat dilacak adalah smartphone yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple, yaitu iPhone. Fitur Find My iPhone ini dirilis oleh perusahaan Apple pada Juni 2010.

Apple Inc. merilis fitur ini sebagai secure dari produk iPhone yang mereka keluarkan serta melindungi pengguna iPhone dari hal – hal yang tidak diinginkan, seperti jatuh, terselip, hilang, sampai dengan sengaja diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga sangat disarankan bagi anda pengguna iPhone untuk selalu mengaktifkan fitur Find My iPhone pada iPhone anda mengingat pentingnya fitur ini.

Hal yang wajar Apple Inc. mengeluarkan fitur pengamanan untuk iPhone, mengingat harga iPhone yang tidak murah. Selain sebagai bentuk untuk meningkatkan pelayanan dan kepercayaan konsumen, layanan Find My iPhone membuat konsumen lebih tenang membeli smartphone yang diproduksi Apple Inc. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur Find My iPhone pada iPhone anda? Caranya adalah sebagai berikut :

1. Pilih dan klik menu pengaturan pada iPhone anda
2. Pilih dan klik iCloud
3. Lalu pilih dan klik Find My iPhone
4. Klik aktifkan

Layanan Find My iPhone berbasis gratis bagi penggunanya. Layanan ini tersedia dan dapat digunakan pada perangkat dengan versi iOS 5 dan OS X 10.7.5 ”Lion” sampai dengan versi terbarunya. Layanan ini dapat diakses melalui iCloud. iCloud adalah layanan yang dikeluarkan oleh Apple Inc. untuk sinkronisasi data, seperti dokumen, musik, dan foto.

Baca Juga : Bagaimana cara melakukan Highlight anda sendiri?

Untuk dapat mengakses iCloud, anda harus memiliki akun pada Apple (Apple ID). Apple ID penting dimiliki oleh pengguna iPhone agar dapat menikmati berbagai layanan yang telah Apple Inc. sediakan, salah satunya Find My iPhone ini. Apabila iPhone yang anda gunakan sebelumnya dimiliki oleh pengguna lain, anda dapat meminta Apple ID nya atau meminta pengguna sebelumnya untuk menghapus akunnya.

Penggunaan Find My iPhone

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apabila iPhone anda hilang, terselip, atau dicuri, anda dapat menggunakan layanan Find My iPhone. Berikut beberapa cara melacak iPhone dengan fitur Find My iPhone:

Find My iPhone anda aktif dan terhubung ke internet :

1. Akses iCloud.com melalui browser pada perangkat lain, seperti PC atau lainnya

2. Pada halaman awal iCloud.com, anda diminta untuk memasukkan Apple ID beserta password anda. Lalu masukkan Apple ID beserta password anda. Apple ID berguna untuk menghubungkan iCloud ke perangkat iPhone yang anda cari atau perangkat Apple lainnya. Selain itu, dengan memasukkan Apple ID, anda akan secara otomatis akan masuk ke semua fitur Apple Inc.

3. Klik Sign In, maka kemudian akan muncul kotak kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi, kemudian klik Trust

4. Kemudian muncul beberapa menu pilihan di iCloud, lalu anda pilih dan klik Find My iPhone.

5. Apabila iPhone anda dalam posisi aktif, terhubung ke internet dan fitur Find My iPhone telah anda aktifkan sebelumnya, maka akan terlihat sebuah sebuah peta dengan lingkaran yang di dalamnya terdapat titik hijau. Tunggu beberapa saat hingga lingkaran tidak tidak terlalu besar yang menandakan lokasi keberadaan iPhone lebih spesifik. Sedangkan titik hijau adalah iPhone anda.

6. Anda dapat zoom in dan out pada peta untuk melihat lebih jelas lokasi keberadaan iPhone anda.

7. Apabila lokasi iPhone berada dekat dengan lokasi sekitar anda, anda dapat klik putar bunyi, maka secara otomatis, iPhone yang anda cari akan mengeluarkan bunyi sesuai dengan perintah anda. Bunyi ini kemudian dapat memudahkan anda untuk mencarinya. Selain itu dapat terlihat status baterai iPhone anda yang hilang tersebut pada pojok kanan atas.

Find My iPhone tidak aktif, iPhone tidak terhubung ke internet, atau iPhone kondisi nonaktif:

1. Akses iCloud.com pada browser di perangkat lain (PC, dan sebagainya)

2. Sign in dengan Apple ID dan password anda, kemudian klik Trust

3. Pilih dan klik Find My iPhone pada menu di iCloud

4. Klik mode hilang. Mode ini akan mengunci otomatis iPhone anda sehingga iPhone anda tidak dapat diakses oleh orang lain. Selain itu anda dapat mengirimkan pesan ke iPhone anda. Sehingga siapapun yang menemukan iPhone anda dapat langsung menghubungi anda karena pada pesan tersebut tercantum nomor telepon anda.

5. Apabila anda ingin mendapatkan notifikasi bahwa iPhone anda sudah kembali aktif, sehingga anda dapat melanjutkan pencariannya, anda dapat checklist pada kotak dialog tampilkan notifikasi. Jadi anda tidak perlu direpotkan untuk memandang terus PC atau perangkat lainnya untuk memantau status iPhone anda yang hilang. Notifikasi tersebut akan dikirimkan melalui email Apple anda.

6. Apabila iPhone anda sudah hilang berhari – hari, dan anda tidak ingin mencarinya lagi, pilih dan klik hapus iPhone. Hapus iPhone akan menghapus semua dokumen dan data pribadi pada iPhone anda melalui iCloud. Sehingga nantinya orang yang menemukan iPhone anda tidak dapat melakukan apapun dengan iPhone anda selain menjual komponen – komponen iPhone.