Cara Masuk ke Gmail Dengan Benar

Cara Masuk ke Gmail Dengan Benar

Cara Masuk ke Gmail Dengan Benar (LENGKAP)


Zaman sudah berubah. Surat tidak lagi dikirim dengan menggunakan merpati pos, melalui pihak ketiga, atau bahkan sampai diapungkan ke lautan luas yang tidak tahu kapan surat tersebut akan sampai. Hal ini  dikarenakan sudah zamannya surat elektronik yang dapat dikirim dan diterima dalam hitungan detik melalui Gmail. Apa itu surat elektronik? Apa itu Gmail? Dan bagaimana cara masuk ke Gmail?

Cara Masuk ke Gmail Dengan Benar



Surat Elektronik 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) surat adalah bentuk penyampaian informasi tertulis untuk dikirim ke pihak lain dalam sampul tertutup. Surat pada awalnya ditulis di atas kulit hewan, kulit pohon, kain serta daun papyrus yang kemudian digulung dan diikat atau dimasukkan dalam tanah liat yang telah dibakar. Hal itu dimaksudkan agar keamanan informasi yang tertulis di dalam surat tetap terjaga.

Kegiatan saling mengirimkan surat dinamakan surat – menyurat. Surat menyurat sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno pada abad 2000 SM. Sedangkan di Indonesia surat menyurat sudah dimulai ketika kerajaan – kerajaan di Indonesia mulai terbentuk. Cara pengirimannya pun beragam, dengan sistem pos, jasa kurir dengan kuda, melalui orang kepercayaan kerajaan, sampai merpati pos yang terlatih.

Di Indonesia sendiri, pengiriman surat dengan pos baru dimulai ketika zaman pemerintahan Belanda. Pemerintahan Belanda saat itu mengenalkan sistem perangko kepada kerajaan di Jakarta dan Banten. Sampai pada 26 Agustus 1746, dibangun kantor pos pertama Indonesia yang berada di Jakarta. Kantor pos dibangun dengan tujuan untuk memfasilitasi kegiatan surat – menyurat masyarakat Indonesia.

Kemudian teknologi dan komunikasi dunia berkembang pesat. Dibuktikan dengan ditemukan internet (ARPANET) pada tahun 1969 di Amerika Serikat. Lalu tahun 1971 akhir ditemukan email oleh Raymond Samuel Tomlinson. Email ditemukan Ray Tomlinson ketika bekerja di perusahaan yang sama dengan ARPANET, yaitu Bolt. Pada saat itu, email diciptakan guna kepentingan institusi militer dan pendidikan.


Baca Juga : Cara Masuk ke Facebook Dengan Benar



Namun, seiring berjalannya waktu, email dapat digunakan oleh masyarakat luas di seluruh dunia. Di Indonesia, email atau electronic mail disebut surat elektronik atau surel. Surat elektronik sendiri memiliki pengertian surat yang dikirimkan dengan menggunakan internet. Surel dinilai sebagai alternatif dari kegiatan surat – menyurat karena lebih mudah, simple, dan cepat. Tidak perlu menulis dan ke kantor pos.

Namun surel hanya dapat diakses ketika terhubung dengan internet, kemudian membuka website yang menyediakan layanan surel. Website yang menyediakan layanan surel beragam, Gmail, Yahoo!Mail, Opera Mail, Outlook.com, AOL Mail, Mail.com, iCloud, FastMail, Zoho Mail, Inbox.com, serta GMX.com. Namun, layanan surel yang banyak digunakan dan diminati adalah layanan surel dari Google, yaitu Gmail.

Gmail atau Google Mail adalah layanan surat elektronik yang dirilis tahun 2004 oleh perusahaan Google. Google Mail dapat diakses melalui website www.gmail.com. atau melalui www.google.com. Layanan surat elektronik pada Gmail sifatnya gratis. Siapa saja dapat menikmati fasilitasnya, termasuk anda. Namun untuk menikmati fasilitasnya, anda harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu.

Cara Masuk ke Gmail

Untuk dapat masuk ke Gmail, anda harus mempersiapkan :

1. PC (Personal Computer), laptop, atau ponsel smartphone
2. Koneksi internet
3. Browser

Kemudian cara masuk ke Gmail tahapannya adalah :

1. Siapkan PC, laptop, atau ponsel smartphone anda. Pastikan sudah terhubung dengan internet. Lalu buka salah satu browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, serta Internet Explorer). Kemudian ketik pada address bar :

a. www.google.com, lalu klik Gmail pada toolbar Google, maka halaman depan Gmail akan muncul.

b. www.gmail.com, maka anda sudah langsung terhubung dengan halaman depan Gmail.

2. Pada halaman depan terdapat menu Log In bagi yang telah memiliki akun. Cukup memasukkan alamat email dan password anda lalu klik Log In. Apabila belum memiliki akun, klik Create an Account, maka akan muncul kotak dialog berisi data diri yang harus anda lengkapi. Klik Next Step, lalu klik I Agree pada kotak agreement. Akun Gmail anda berhasil dibuat.

Keuntungan menggunakan Gmail antara lain, dengan sekali Log In akun anda pada halaman Gmail, maka dengan otomatis anda pun akan Log In untuk semua fasilitas tidak berbayarnya Google. Fasilitas tidak berbayar Google yaitu fasilitas membuat blog (Blogger), YouTube (fasilitas menyimpan, dan berbagi video), Google Maps, Google Calendar. Picasa (fasilitas penyimpanan dan edit foto online).

Selanjutnya Google Drive (fasilitas menyimpan, mengirim, dan menerima file dalam kapasitas besar), serta Google Plus (media sosial milik Google). Kelebihan lainnya pada Gmail, surel yang anda terima dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Anda dapat melabeli, mengelompokkan surel dalam folder sehingga tidak menyulitkan pencarian. Lalu, anda dapat menandai surel – surel penting sehingga tidak ikut terhapus.

Gmail dilengkapi dengan antivirus, sehingga surel berisi lampiran dokumen yang diterima atau dikirim melalui proses scanning terlebih dahulu. Hal ini meminimalisir virus menyerang PC anda. surel yang baru masuk pada Gmail dapat langsung terlihat tanpa harus merefreshnya terlebih dahulu. Tampilan yang sederhana, mudah dipahami, sehingga Gmail mudah untuk dioperasikan bagi pengguna pemula surel.

Akun Gmail pun dapat digunakan untuk mendaftar di luar website milik Google, seperti media sosial Facebook, Instagram, media penyimpanan online berkapasitas besar DropBox, dan masih banyak lagi. Gmail saat ini dapat diakses dengan sekali klik melalui ponsel smartphone anda. Bagaimana caranya? Dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi Gmail melalui PlayStore, lalu Log In akun anda.