Skip to main content

Cara Masuk ke Facebook Dengan Benar

Cara Masuk ke Facebook Dengan Benar


Kini jarak tidak menjadi persoalan klasik lagi, semua sudah saling terhubung. Semua orang di belahan dunia mana pun dapat saling bekabar dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya.


Cara Masuk ke Facebook Dengan Benar



Media sosial lah penyebabnya, dan salah satunya adalah facebook. Sebuah media sosial yang digunakan oleh masyarakat seluruh dunia yang terhubung dengan internet. Lalu bagaimanakah cara masuk ke Facebook?


Mengenal Facebook


Sebelum mengetahui bagaimana cara masuk ke Facebook, alangkah baiknya anda mengenal Facebook terlebih dahulu. Facebook pada awalnya memiliki nama The Facebook yang diciptakan oleh seorang mahasiswa Universitas Harvard, Amerika Serikat yang bernama Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Nama The Facebook sendiri digunakan Mark karena terinspirasi oleh peristiwa FaceMash di tahun 2003.

FaceMash diciptakan oleh Mark pada 23 Oktober 2003. Situs ini menggunakan dua foto untuk dibandingkan mana yang lebih cantik yang kemudian dapat dipilih oleh penggunanya (mahasiswa Harvard). Akhirnya dia meretas website kampus untuk mendapatkan foto mahasiswi Harvard guna mengisi halaman situsnya tersebut. Karena telah meretas website kampus, Mark dihukum akan dikeluarkan.

Namun, hukuman tidak jadi dilaksanakan. Mark tidak dikeluarkan. Keahlian Mark terus berkembang. Sampai pada tahun berikutnya, situs TheFacebook.com lahir. Situs yang mampu menghubungkan semua orang di lingkungan kampusnya, sesuai dengan keinginannya. Dan tidak disangka, dalam waktu singkat, situs itu berkembang dengan pesat. Nama TheFacebook berubah menjadi Facebook di tahun 2005.

Kini, situs Facebook.com tidak hanya mampu menghubungkan orang – orang di lingkungan kampusnya saja, tetapi juga orang – orang di seluruh dunia. Facebook memiliki 12 kantor cabang yang tersebar di berbagai negara, salah satunya di Indonesia yang terletak di gedung Capital Place, lantai 49, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Sedangkan kantor pusatnya berada di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

Lalu apa saja fasilitas yang ditawarkan oleh Facebook? Untuk dapat menikmati fasilitas di Facebook, anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Melalui akun tersebut, anda dapat terhubung oleh pengguna Facebook lainnya di seluruh dunia. Pada akun di Facebook, pengguna dapat mengatur sendiri , serta menyertakan foto. Fasilitas selanjutnya, anda dapat mencari akun lainnya dan menambahkan sebagai teman.

Kemudian anda dapat saling mengirim pesan, atau live chat. Mengetahui kabar terbaru dari pengguna lainnya melalui pemberitahuan pada fasilitas News Feed. Anda pun dapat membagikan cerita anda melalui sebuah video pendek. Anda dapat membagikan inspirasi, sampai dengan perasaan anda yang kemudian dapat dibaca, dikomentari atau diberi tanda suka oleh pengguna lainnya yang sudah menjadi teman anda.


Baca Juga : 3 Cara Melukis dengan Cat Minyak


Anda dapat mengunggah foto – foto anda dalam jumlah yang banyak, menandai orang yang anda kehendaki di foto tersebut. Anda dapat menyebar undangan untuk sebuah acara, dan mengetahui siapa saja yang bersedia untuk datang. Membuat atau tergabung dalam grup yang sesuai dengan anda, hobi misalnya. Lalu menyukai halaman seperti situs website, komunitas, dan lainnya yang anda sukai.

Fasilitas marketplace yang memungkinkan anda dapat membagikan iklan singkat secara gratis. Cocok bagi anda yang ingin menjual sesuatu atau memulai bisnis anda. Tidak hanya itu, bagi anda yang tidak suka kegiatan atau profil anda diketahui oleh semua pengguna yang terhubung dengan anda, Facebook menyediakan fasilitas privasi, sehingga anda dapat mengontrolnya.

Facebook yang dahulu hanya mampu diakses melalui PC (Personal Computer) atau laptop, sekarang sudah dapat anda akses pada ponsel smartphone anda melalui aplikasi Facebook yang tersedia di play store atau aplikasi sejenis lainnya. Sungguh memudahkan bukan? Sehingga saat ini anda dapat membuka Facebook dimana saja dan kapan saja dengan syarat harus terhubung dengan internet.

Cara Masuk ke Facebook

Sudah cukup mengenal Facebook, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara masuk ke Facebook. Sebelumnya yang harus anda siapkan, yaitu :

1. PC, laptop, atau ponsel smartphone

2. Akses internet

3. Browser (Google Chrome, Opera, Internet Explorer, Mozilla Firefox)

Kemudian langkahnya adalah :

1. Pastikan PC, laptop atau ponsel smartphone anda terhubung dengan internet. Kemudian buka aplikasi browser yang anda miliki atau anda senangi. Browser adalah software untuk menjelajahi konten di dunia maya yang terhubung dalam world wide web (www.). Kemudian ketik pada address bar pada browser www.facebook.com. untuk masuk ke halaman Facebook.

2. Apabila anda sudah memiliki akun di Facebook, anda tinggal memasukkan username dan password anda, kemudian klik log in. Apabila belum, maka anda harus membuat akun anda terlebih dahulu. Pembuatan akun pada Facebook ini gratis. Anda cukup memasukkan data diri anda berupa nama, jenis kelamin, tanggal lahir, nomor telepon atau email, serta password anda.

3. Kemudian klik Create an account pada bagian bawahnya. Setelah itu anda akan melewati beberapa step. Step 1 menambahkan teman yang mungkin anda kenal di Facebook. Klik next. Step 2 sama seperti step 1, namun menambahkan teman melalui teman di daftar email anda. Kemudian klik next, dan pilih lewati langkah. Step 3 mengunggah foto untuk profil anda. klik next.

4. Selanjutnya adalah konfirmasi akun anda oleh Facebook. Buka email anda, dan buka pesan masuk dari Facebook. Klik konfirmasi akun anda. Kemudian pada halaman Facebook muncul notifikasi bahwa akun anda telah dikonfirmasi. Klik oke. Dan selamat anda sudah tergabung di Facebook. Silahkan atur profil anda, dan silahkan menikmati fasilitas yang diberikan Facebook untuk anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar