18 Cara Makan Artichoke Dengan Baik Dan Benar

18 Cara Makan Artichoke Dengan Baik Dan Benar

18 Cara Makan Artichoke Dengan Baik Dan Benar

Buah elite satu ini, artichoke, belum banyak dikenal di Indonesia. Bagi yang sudah mengetahui pun akan mengurungkan niatnya untuk membeli artichoke karena melihat bentuknya yang aneh. Pikiran selanjutnya yang muncul di benak anda adalah tidak tahu bagaimana cara mengolah dan memakan makanan satu ini. Anda tidak perlu khawatir lagi, bagian ini akan mengulas bagaimana cara makan artichoke.


18 Cara Makan Artichoke Dengan Baik Dan Benar



Artichoke sudah dikenal sejak zaman Yunani dan Romawi kuno. Masyarakat menggolongkan artichoke ke dalam golongan sayuran. Namun, sebenarnya artichoke adalah kuncup bunga yang belum mekar dan terlihat dari luar, artichoke ini seperti tersusun atas sisik – sisik. Mungkin bagi orang Indonesia bentuk ini terlihat aneh, namun bagi masyarakat mediterania, artichoke memiliki bentuk yang indah dan cantik.

Legenda menyebutkan bentuk yang indah dan cantik dari artichoke ini adalah sebagai jelmaan Cynara, seorang wanita cantik yang dikutuk oleh Dewa Zeus. Nama Cynara kemudian dijadikan sebagai nama ilmiah artichoke, yaitu Cynara cardunculus. Cynara cardunculus memiliki berbagai warna, yaitu putih, ungu, dan hijau tua. Namun, yang sering dikonsumsi adalah artichoke yang berwarna hijau tua.

Setelah diolah, Artichoke memiliki cita rasa yang khas, sehingga menjadikannya sebagai makanan mewah, mahal, dan berkelas oleh masyarakat mediterania. Artichoke kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam artichoke berfungsi untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit, kembung, sampai dengan kanker usus. Kemudian asam folat yang bagus dikonsumsi oleh wanita hamil.

Artichoke menduduki peringkat ke – 7 dari 1000 tanaman yang diuji banyaknya kandungan polifenol. Polifenol berfungsi sebagai antioksidan dan kemopreventif, yaitu kemampuan menghambat penyakit kanker dalam tubuh. Kemudian kandungan quercetin dan rutin yang mampu mencegah penyakit kanker. Selanjutnya senyawa cynarin dan silymarin yang terkandung di dalamnya yang baik untuk kesehatan hati.

Lalu, kandungan kaliumnya mampu menetralisir natrium berlebih dalam darah sehingga tekanan darah terjaga. Meningkatkan lemak baik (HDL) baik untuk kesehatan jantung. Kandungan mineral, yaitu mangan, fosfor dan magnesium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, dan fungsi metabolik pada tubuh. Artichoke pun mengandung vitamin, yaitu vitamin C yang bagus untuk menjaga kesehata tubuh.

Cara Makan Artichoke Dengan Baik Dan Benar

Artichoke dapat dimakan langsung sebagai campuran salad atau dimasak terlebih dahulu. Namun disarankan untuk mengkonsumsinya dengan dimasak terlebih dahulu agar tekstur lebih lunak, sehingga tidak mengganggu pencernaan. Berikut caranya :

1. Siapkan artichoke, kemudian cuci dengan air bersih dan mengalir

2. Lepaskan kelopak terluar dari badan bunga.

3. Potong tangkainya. Anda dapat memotong tangkai artichoke atau tidak, karena bagian tangkai artichoke pun dapat dimakan. Alangkah baiknya tangkainya direbus terpisah dari badan artichoke agar matang merata. Kemudian makan bersama – sama dengan bagian jantung artichoke nanti.

4. Rebus di dalam air lemon selama 45 – 60 menit atau sampai tekstur artichoke empuk. Artichoke direbus dengan posisi kelopak menghadap ke bawah.

5. Setelah empuk, angkat, dan tiriskan dengan posisi yang sama ketika merebus.

Baca Juga : Cara Melacak iPhone dengan Find My iPhone


6. Lalu letakkan di atas piring besar

7. Buka perlahan lahan kelopak demi kelopak pada artichoke (usahakan jangan sampai putus) hingga terbentuk seperti bunga yang sedang mekar.

8. Taburi di atasnya dengan keju parmesan, atau apa saja sesuai selera anda

9. Siapkan saus sesuai dengan selera anda, sederhananya dapat gunakan mentega cair

10. Kemudian ambil salah satu kelopak, celupkan bagian bawah sisi dalam kelopak (dengan ciri warna lebih terang dan lebih sempit) pada saus yang sudah disediakan

11. Lalu gigit dan tarik pada bagian tersebut. Anda akan mendapatkan tekstur tipis, dan lembut pada bagian tersebut.

12. Kumpulkan kelopak di atas piring yang telah disediakan agar tidak mengotori meja makan anda

13. Nikmati sampai kelopak muda yang terletak lebih dalam.

14. Apabila sudah tidak ada lagi kelopak, maka selanjutnya jantung artichoke

15. Potong bagian ujung dan pangkalnya dengan pisau

16. Keluarkan bagian dalam yang merupakan kumpulan benang sari. Keluarkan dengan garpu atau pisau

17. Kemudian potong – potong jantung artichoke menjadi bagian yang lebih kecil, begitu pun dengan tangkai artichoke yang sebelumnya telah dipisahkan dari badan bunga.

18. Celupkan dengan saus yang disediakan


Apabila anda tidak menyukai bagian kelopak, atau sedang tidak ingin memakan bagian kelopak artichoke karena jumlahnya yang terlalu banyak, dan merepotkan, anda dapat langsung mengkonsumsi bagian jantung artichokenya saja dengan cara :

1. Siapkan artichoke yang ingin diolah

2. Potong bagian tangkainya dengan pisau

3. Kemudian potong bagian ujung dan pangkal artichoke

4. Lalu lepasakan semua bagian kelopak artichoke. Anda dapat melepaskannya dengan tangan sendiri atau dengan bantuan pisau. Apabila digunakan tangan sendiri, anda dapat mengoleskan air lemon pada pangkal kelopak untuk membantu pelepasan kelopak.

5. Apabila bagian kelopak sudah habis, lubangi bagian tengah dengan pisau

6. Bersihkan bagian calon benang sari dengan pisau atau garpu

7. Rendam di dalam air lemon, lalu cuci

8. Kemudian bilas artichoke dengan air biasa

9. Potong kecil – kecil artichoke sesuai selera

10. Tuangkan minyak zaitun ke dalam wajan.

11. Tumis bawang putih yang telah digeprek, dipotong, atau dicincang

12. Setelah harum, masukkan artichoke

13. Tumis artichoke sampai empuk. Agar lebih cepat empuk, tutup ketika proses penumisan dan sesekali dibalik.

14. Tambahkan bahan makanan sesuai selera anda

15. Setelah matang, artichoke siap disajikan