12 Cara Bermain Catur untuk Pemula

12 Cara Bermain Catur untuk Pemula

Cara Bermain Catur untuk Pemula

Berapapun usia anda saat ini, tidaklah terlambat untuk mempelajari cara bermain catur untuk pemula. Permainan klasik ini dikenal membutuhkan strategi yang baik, sehingga banyak sekali turnamen di berbagai belahan dunia. Sebagai pemula, anda perlu mengetahui hal-hal dasar dalam memainkan catur. Berikut ini adalah panduan yang akan memudahkan anda.

Cara Bermain Catur untuk Pemula

Mengenal bagian catur

Langkah pertama untuk mempelajari cara bermain catur untuk pemula adalah dengan mengenal semua bagian-bagian catur. Setiap pemain mendapat 16 bagian catur untuk memulai permainan yang terbagi ke dalam 6 tipe catur. Bagian-bagian tersebut adalah 1 raja, 1 ratu, 2 gajah, 2 benteng, 2 kuda dan 8 pion.

Menempatkan catur di atas papan

Untuk memainkan catur, anda butuh mengetahui cara menempatkan semua catur di atas papannya. Secara tradisional, catur dimainkan di antara dua orang. Satu orang pemain menggunakan kotak putih sementara pemain lainnya menggunakan papan hitam Luas papan catur umumnya kotak kecil 8x8 sehingga jumlah seluruh kotak adalah 64 kotak.

Di awal permainan, semua catur ditempatkan di garis start yaitu dua garus terdekat dari pemain. Barus bertama dari kiri ke kanan yaitu benteng, kuda, gajah, ratu, raja, gajah, kuda, dan benteng. Sementara pion yang berjumlah delapan ditempatkan di baris kedua, berjejer. Baik pemain di kotak hitam maupun putih, memiliki urutan yang sama.

Pemain yang jalan duluan

Pemain yang menggunakan kotak putih adalah pemain yang berjalan terlebih dahulu, kemudian bergantian. Setiap kali jalan, pemain hanya bisa melakukan satu kali kesempatan pindah. Namun jika anda dan partner main anda ingin melakukan kesepakatan tentang siapa yang jalan duluan, maka tidak masalah.

Cara memindahkan catur

Tida sembarangan memindahkan, setiap catur memiliki peraturan tersendiri. Secara umum, catur tidak bisa pindah ke kotak di mana catur tersebut sudah menempati kotak tersebut sebelumnya. Kedua, catur tidak bisa melompati caturnya sendiri, meski kuda dapat melompati catur. Artinya, catur berwarna sama tidak bisa dipindahkan ke kotak yang sama.



Baca Juga : Cara Bermain Catur



Saat catur tidak bisa dipindahkan ke kotak di mana anggota caturnya sendiri diposisikan, catur bisa berpindah ke kotak milik lawan dengan cara menggesernya. Ketika catur berhasil digeser, maka saatnya sang lawan memiliki giliran untuk jalan.

Cara raja berpindah

Catur paling penting dalam permainan catur adalah raja. Namun, raja jugalah yang menjadi catur terlemah dalam permainan ini. Kelemahan raja ialah cara ergerakannya. Raja hanya bisa berpindah ke satu kotak, ke arah mana saja. Artinya, raja hanya bisa pindah kotal ke atas, ke bawah, ke samping kiri atau kanan, maupun secara diagonal.

Cara ratu berpindah

Ratu adalah catur terkuat dalam permainan. Ia bisa berpindah ke arah mana saja seperti raja. Bedanya, ratu bisa berpindah sejauh mungkin hingga ia bisa merebut catur lawan atau mendapatkan kembali caturnya. Namun, seperti catur yang lain bahwa ratu tidak mungkin berpindah melalui caturnya sendiri.


Cara gajah berpindah

Seperti satu, gajah bisa berpindah sejauh mungkin meskipun gajah hanya bisa berpindah secara diagonal saka. Dua gaja di sisi kanan maupun kiri bisa berpindah ke warna kotak yang berbeda, satu putih dan satu hitam. Umumnya, gajah hanya pindah secara diagonal pada kotak-kotak di mana ia memulai langkah awalnya.


Cara benteng berpindah

Benteng bisa berpindah sejauh mungkin seperti ratu, namun hanya bisa ke atas, ke bawah dan ke samping kiri atau kanan. Masing-masing benteng letaknya di kotak palig bawah dekat sang pemainnya.


Cara kuda berpindah

Kuda memiliki pergerakan yang paling unik diantara semua catur. Kuda berpindah di huruf “L”Kuda berpindah dua otal le atas, ke bawah maupun ke samping dan satu kotak di sudut 90 derajat  pada dua perpindahan pertama. Uniknya lagi dari perpindahan kuda adalah kuda mampu untuk memindahkan caturnya sendiri.


Cara pion berpindah

Selain kuda, catur yang unik adalah pion. Pion hanya bisa maju ke depan dan tak bisa berpindah ke manapun termasuk untuk mundur. Perpindahkan dan perebutan kotak yang dilakukan oleh pion berbeda. Untuk berpindah, pion hanya maju ke depan. Namun untuk merebut catur, pion hanya bisa melakukannya secara diagonal.

Hal unik kedua dari pergerakan pion adalah pion dapat berpindah dua kotak ke depan. Namun perpindahan tersebut hanya berlaku pada perpindahan pertama pion. Yang terakhir, pion adalah catur yang bisa naik pangkat, berbeda dengan catur lainnya.

Menaikkan pangkat pion

Ketika sebuah pion mampu mencapai sisi lain dari papan catur, maka pion berubah menjadi catur lainnya. Saat pion anda mencapai posisi ini, anda bisa emilih untuk menukarnya dengan ratu, benteng, gajah atau kuda. Sama seperti pergerakan sebelumnya, catur yang baru digantikan pada posisi kotal yang sama saat mencapai baris ke-delapan.

Biasanya, para pemain catur mengganti catur pion ini dengan ratu. Alasannya adalah ratu merupakan posisi catur terkuat dalam permainan catur. Jika hanya bermain-main saja, anda bis auntuk tidak mengganti pion dengan catur lain. Berbeda jika dalam sebuah turnamen catur, maka pion tersebut haruslah digantikan dengan pangkat catur yang baru.

Cara memenangkan permainan catur

Cara bermain catur untuk pemula berakhir saat posisi raja terskak. Jika anda ingin menang, maka anda perlu untuk skakmat raja dari lawan main anda. Untuk skakmat, maka posisikan raja milik lawan pada posisi skakmat sehingga ia tidak bisa berpindah dari skak. Jika raja milik lawan sudah skakmat, artinya ia tidak bisa memblokade skak dengan catur lainnya.