Skip to main content

Cara Melakukan Highlight Anda Sendiri Dengan Benar

Bagaimana cara melakukan Highlight anda sendiri

Bagi anda yang ingin menghighlight rambut anda tapi malas untuk pergi ke salon, anda bisa mencoba tips satu ini mengenai cara melakukan highlight anda sendiri. Tentunya lebih aman dan dapat menekan biaya pengeluaran anda.

Untuk melakukan highlight sendiri, dapat juga loh anda praktekan sendiri di rumah. Anda hanya membutuhkan pewarna rambut yang disesuaikan dengan kebutuhan anda dan dapat anda dapatkan di toko-toko kecantikan.


Cara Melakukan Highlight Anda Sendiri Dengan Benar



Sebenarnya untuk melakukan proses satu ini susah-susah gampang. Namun, sebaiknya lakukan saja dengan perlahan dan sesuai aturan. Anda dapat membaca informasi berikut mengenai cara melakukan highlight anda sendiri seperti seorang professional.

1. Persiapan

Hal yang perlu anda persiapkan pertama kali adalah dengan memilih kotak highlight yang akan anda beli. Dimana dapat anda dapatkan di toko obat, tetapi akan lebih bagus bila anda membelinya di toko-toko kecantikan. Karena anda akan menemukan variasi pilihan yang beragam.

Namun ketika memilih kotak yang akan anda beli, sebaiknya perhatikan faktor berikut:

Panjang rambut. Bila anda mempunyai rambut pendek atau sedang, kit yang akan anda beli sebaiknya berisikan sebuah penutup, kait dan sikat sedangkan, bila anda mempunyai rambut yang panjang, anda membutuhkan kotak yang mempunyai aplikator untuk mengoleskan highlight secara merata ke seluruh bagian rambut anda.

Jenis highlight sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Bila anda menginginkan warna terang dan tidak terlalu mencolok, sebaiknya anda memilih sebuah kotak yang memiliki aplikator ujung jari karet. Dimana berfungsi untuk mengoles highlight pada bagian rambut yang anda inginkan.

Warna highlight. Sebaiknya dalam memilih warna sesuaikan dengan keinginan anda. Bila anda mengnginkan warna yang natural, pilih highlight dengan warna terang beberapa tingkat dari warna natural rambut anda. Highlight warna pirang termasuk dalam pilihan warna yang bagus, apalagi dipadukan dengan rambut anda yang hitam.


Baca Juga : 16 Cara untuk Memaksakan Layar di Semua Versi Windows


2. Siapkan rambut anda

Kemudian highlight rambut anda beberapa hari setelah anda mencucinya. Sebaiknya jangan menggunakan pemutih serta cat rambut yang dapat mengakibatkan rambut rusak. Ini karena minyak alami yang diproduksi pada kulit kepala yang melindungi bagian pada batang rambut telah tersingkir. Oleh karena itu, sebaiknya rambut anda dalam posisi kering.


3. Siapkan tempat highlight

Siapkan sebuah tempat untuk proses highlight rambut anda sebaiknya pilihlah tempat seperti kamar mandi anda. Karena biasanya pencahayaan dikamar mandi cukup terang dan mempunyai akses air yang cepat. Jangan lupa untuk menyiapkan juga kaos lama anda dan handuk untuk sebagai pelindung agar larutan highlighting tidak mengenai kulit anda.

Anda bisa menggunakan sepasang sarung tangan yang berfungsi mencegah larutan pada highlighting mengenai tangana anda secara langsung. Selain itu, beberapa kotak juga mempunyai sepasang sarung tangan plastik dimana digunakan untuk proses ini.

Sebaiknya sebelum memulai proses highlighting rambut anda, jauhkan barang yang terdapat di dalam kamar mandi anda agar tidak rusak terkena larutan highlight. Karena larutan highlight itu akan mewarnai apapun barang yang terkena kontak langsung dengannya.


4. Meng-highlight rambut anda

Selanjutnya untuk cara melakukan highlight anda sendiri pilihlah tempat untuk meletakan highlight rambut anda. Penutup yang berada pada kotak highlighting memiliki lubang kecil dimana sebagai tempat anda menarik helaian rambut yang di highlight. Penutup ini akan membantu memastikan warna highlight menyebar secara merata pada rambut anda.

Bila anda menggunakan penutup, pakailah dan lihat dimana highlight akan diaplikasikan. Jangan lupa menggunakakan kait yang diberikan bersamaan dengan kotak yang berfungsi untuk menarik sebagian kecil rambut melalui lubang dalam penutup itu. Ketika menarik rambut sebaiknya gunakan lubang sesuai kebutuhan anda.

Bila anda mempunyai rambut yang panjang, sediakanlah sebuah cermin dan putuskan mana helaian rambut yang ingin anda aplikasikan. Anda bisa menggunakan penjepit kecil yang berguna untuk memisahkan rambut yang ingin anda beri highlight.


5. Oleskan highlighter

Dengan mengacu pada instruksi yang tertera di kotak highlighting, campurkan krim dengan bubuk untuk membuat larutan highlighting. Anda bisa menggunakan sikat aplikator untuk membantu dalam mengoleskan larutan tersebut. Pastikan olesan highlighter tersebut merata pada rambut anda dari depan ke rambut bagian belakang anda.

Bila anda mempunyai rambut pendek atau sedang, dalam proses pengaplikasiannya dengan mengoleskan larutan highlighting pada helaian rambut yang anda tarik melalui penutup

Bila anda mempunyai rambut yang panjang, cobalah gunakan strip aluminium foil yang berguna menjaga helaian rambut yang sedang di highlight agar terpisah dari bagian rambut anda yang lain. Letakkan strip dibawah bagian rambut yang anda highlight dengan menggunakan aplikator untuk mengoleskan larutan highlighting secara merata.


6. Tutup kepala anda

Selanjutnya tutuplah kepala anda menggunakana penutup warna bening. Biasanya dalam kotak sudah menyediakan penutup tersebut, yang mirip dengan topi mandi. Dimana berguna untuk melindungi rambut saat highlighter bekerja. Letakkan juga cap plastik pada kepala anda dan diamkan selama 20 menit, atau mengikuti waktu pada cara pemakaian highlight tersebut.

Bila anda semakin lama dalam membiarkan larutan highlight di rambut anda, maka warna yang dihasilkan akan semakin terang.

Sebaiknya berhati-hatilah untuk tidak mendiamkan larutan highlight tersebut dalam waktu yang lama. Karena larutan itu terbuat dari bahan kimia yang keras yang dapat merusak rambut anda bila anda terlalu lama mendiamkan highlight tersebut di rambut anda.


7. Bilaslah rambut anda.

Selanjutnya lepaskan topi mani itu dan gunakanlah krim yang ada dalam kotak untuk membilas rambut anda. Pastikan seluruh larutan highlight tercuci dengan bersih. Setelah itu, lepaskanlah penutup yang mempunyai lubang dan gunakan sampo serta kondisioner rambut yang digunakan untuk mencuci rambut anda. Usahakan cucilah rambut sampai bersih.