Skip to main content

Bagaimana cara melakukan Burpee?

Bagaimana cara melakukan Burpee


Burpee? Pernahkah anda mengenal istilah tersebut? Kira-kira apa sih arti dari Burpee dan bagaimana cara melakukan Burpee? Bagi anda yang belum mengetahui jawaban secara detailnya. Tenang saja, di artikel ini akan dijelaskan secara gamblang mengenai istilah Burpee.

Burpee merupakan salah satu gerakan latihan yang tergolong dalam bidang olahraga Calisthenic. Dimana tidak dibutuhkan banyak peralatan dan pastinya dapat dilakukan dimana saja. Selain itu, juga tidak membutuhkan biaya alias gratis. Gimana tertarik mencoba?


Cara Melakukan Burpee



Namun, jika dibandingkan dengan latihan calisthenic yang lainnya, Burpee termasuk dalam salah satu jenis latihan yang cukup melelahkan dan cukup sulit. Apalagi untuk seorang pemula. Tapi disisi lain, dengan melakukan burpee maka tubuh anda akan mendapatkan banyak manfaat dari latihan tersebut.

Contoh manfaat yang biasa dirasakan oleh orang-orang adalah dengan melakukan burpee seluruh otot-otot pada tubuh dapat digerakan dan ini berbeda dengan latihan pada calisthenic lain dimana hanya otot tertentu sajalah yang bergerak.

Selain itu, efek lain yang dapat anda dapatkan adalah pembakaran pada kalori di dalam tubuh yang lebih tinggdi dibandingkan jenis latihan lainnya. Nah, kira-kira anda pasti tertarik kan untuk mencoba latihan ini. Untuk lebih jelasnya mengenai cara melakukan burpee, simak saja pada ulasan berikut ini.

1. Pemanasan

Ketika anda akan melakukan burpee sebaiknya lakukanlah gerakan pemanasan terlebih dahulu. Ini berguna agar badan anda dalam kondisi siap untuk menerima berbagai gerakan latihan baru yang belum pernah anda dapatkan khususnya dalam burpee yang menitikberatkan gerakan seluruh otot tubuh.

2. Posisi berdiri

Ambillah ancang-ancang dengan mengambil posisi berdiri. Dengan posisi kaki yang dibuka selebar bahu dan dilanjutkan dengan gerakkan merubah posisi tubuh yang semula posisinya berdiri dilanjutkan dengan merubahnya ke posisi jongkok.


Baca Juga : 14 Cara Makan yang Benar Dan Baik


3. Push up

Setelah itu, doronglah dengan perlahan-lahan pada ke dua kaki anda ke belakang yang membuat posisi anda sekarang dalam posisi push up.

4. Turunkan badan

Kemudian, setelah anda dalam posisi push up maka turunkan badan anda dengan perlahan -  lahan. Posisi ini layaknya sedang melakukan gerakan push up.

5. Naikkan badan

Setelahnya, naikkan posisi badan anda seperti mengacu pada posisi awal push up. Lakukanlah dengan perlahan-lahan.

6. Menarik kaki

Naikkan badan seperti posisi awal push up kemudian ambillah posisi berjongkok kembali dengan menarik ke dua kaki anda ke bagian depan.

7. Melompat

Kemudian, setelah anda berada pada posisi jongkok, ubahlah posisi anda ke posisi berdiri dan melompatlah.

8. Ulangi

ulangilah sebanyak 15 kali setiap menyelesaikan satu set latihan. Namun, perlu diperhatikan bagi anda yang seorang pemula atau kondisi fisik yang sedang dalam keadaan tidak prima, mulailah dengan latihan burpee selama 5 kali saja.

Cara melakukan burpee dengan beban

Setelah mempelajari cara melakukan burpee dasar, ada juga latihan burpee jenis lain yaitu dengan menggunakan beban. Ukuran beban hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya, ini sangat cocok sekali bagi anda yang sangat suka melakukan olahraga dengan beban.

Selain itu anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat dengan melakukan burpee, karena dengan melakukan burpee maka otot – otot tubuh anda akan bergerak secara menyeluruh. Diantaranya manfaat yang dapat anda dapatkan adalah menghilangkan lemak di bagian perut anda.

Karena lemak digunakan sebagai penyuplai tenaga utama pada tubuh anda. Sehingga keberadaan lemak akan terkikis dengan seiring anda melakukan burpee dengan jangka waktu yang sering. Gimana kelihatannya seru bukan? Kira – kira anda tertarik tidak nih dengan menggunakan tambahan beban?

Untuk anda yang tertarik mengaplikasikan latihan burpee dengan menggunakan beban, simak saja penjelasan secara lengkapnya dibawah ini.

1. Pemanasan

Ketika anda akan melakukan burpee sebaiknya lakukanlah gerakan pemanasan terlebih dahulu. Ini berguna agar badan anda dalam kondisi siap untuk menerima berbagai gerakan latihan baru yang belum pernah anda dapatkan khususnya dalam burpee yang menitikberatkan gerakan seluruh otot tubuh.

Belum lagi ini ditambah dengan menggunakan beban, maka sebaiknya anda perlu untuk melakukan gerakan-gerakan pemanasan sebelum mengaplikasikan burpee.

2. Posisi berdiri

Awalilah dengan melakukan posisi berdiri. Kemudian dilanjutkan dengan posisi kaki anda yang selebar dengan bahu. Letakkan dua dumbbell yang memiliki berat masing - masing 2,5 ataupun 5 kg pada kiri kanan anda.

3. Turunkan badan

Setelahnya ambilah ancang-ancang dengan menurunkan badan anda le dalam posisi jongkok. Letakanlah tangan anda pada lantai di bagian depan anda untuk menyokong beban anda.

4. Menendang

Selanjutnya, ambil gerakan menendang kaki ke bagian belakang anda sehingga posisi anda sekarang ini adalah berada dalam posisi push up. Jagalah tangan anda agar tetap kokoh di lantai yang gunanya sebagai tumpuan anda.

5. Turunkan badan

Turunkanlah pada bagian dada anda untuk melakukan gerakan push up dengan perlahan. Gunnakanlah lengan anda untuk mendorongnya naik kembali ke dada anda.

6. Posisi awal

Setelahnya, tariklah kedua kaki anda kembali mengacu pada posisi awal. Dilanjutkan dengan gerakan meraih dumbbell masing-masing pada setiap tangan, kemudian ambillah posisi berdiri. Angkatlah setiap dumbbell pada atas kepala anda, hingga dapat saling menyentuh antara satu dengan yang lainnya.

7. Turunkan beban

Langkah berikutnya adalah turunkan beban pada posisi ke sisi-sisi pada tubuh anda.

8. Ulangi

Setelah anda menyelesaikan satu set gerakan latihan burpee dengan menggunakan beban, maka anda perlu mengulangi latihan ini dengan melakukannya selama 15 kali. Namun, perlu diperhatikan khususnya bagi anda yang posisnya masih tergolong baru dalam melakukan latihan ini atau kondisi fisik yang sedang tidak mendukung, mulailah dengan melakukan burpee secara 5 kali berturut - turut