Skip to main content

Cara Meluruskan Rambut pada Pria, Bertahan Hingga Berbulan

Cara Meluruskan Rambut pada Pria

Jenis rambut pada pria dan wanita bermacam-macam, mulai dari yang lurus, bergelombang, hingga keriting. Banyak orang yang menginginkan tampilan berbeda, ada yang ingin meluruskan rambutnya, ada pula yang ingin membuatnya keriting. Tidak hanya pada wanita, begitu pula dengan pria. Banyak orang yang mencari cara bagaimana meluruskan rambut pada pria yang bergelombang atau keriting awalnya.


Rambut pria memiliki perbedaan dari rambut wanita. Perbedaannya terletak pada kulit kepalanya. Pada pria, kulit kepala dinilai lebih berminyak dibanding wanita. Meskipun meluruskan rambut pria memiliki tahapan yang tidak jauh berbeda pada wanita. Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa dilakukan pria untuk meluruskan rambut. Tahapan ini bisa bertahan beberapa bulan, sebelum kembali ke bentuk aslinya


Cara Meluruskan Rambut pada Pria, Bertahan Hingga Berbulan


1. Gunakan Catok Rambut

Catok rambut merupakan alat yang bisa meluruskan rambut anda. Meskipun apabila menggunakan catok hanya bisa bertahan beberapa jam hingga beberapa hari saja. Penggunaan catok bisa dilakukan sebelum memulai aktivitas. Misalnya saja di pagi hari setelah mandi dan rambut sudah dalam keadaan kering. Pria kebanyakan berambut pendek, anda bisa memilih catok yang sesuai rambut pendek anda.

Cara penggunaan catok rambut:

- Pastikan rambut dalam keadaan agak kering.

- Panaskan alat pencatok rambut selama beberapa menit.

- Mulai catok rambut, lakukan secara bertahap.

- Catok rambut dari pangkal hingga ujung bawah.

- Lakukan pencatokan maksimal lima detik untuk menghindari kerusakan pada rambut.

- Saran untuk pengguna catok rambut sebaiknya menggunakan sampo dan conditioner yang khusus dapat merawat rambut kering. Karena penggunaan catok yang berlebihan tentu dapat berdampak buruk pada rambut anda.


2. Rebonding

Rebonding merupakan cara meluruskan rambut, khususnya rambut keriting hingga ikal yang memang lebih sulit untuk diluruskan. Proses rebonding membuat obat terserap hingga ke dalam kutikel rambut. Penjelasan sederhananya, obat tersebut akan mengubah struktur rambut yang alami, sehingga rambut menjadi lurus. Melakukan rebonding menyebabkan rambut lurus namun menjadi sedikit kaku.


Baca Juga : 5 Cara Melumas Engsel Pintu Yang Maksimal


Rebonding ini menghasilkan rambut lurus pada pria bertahan cukup lama. Setelah rebonding, anda tidak perlu lagi melakukan catok rambut secara rutin. Namun sangat disarankan untuk memberi perhatian kepada rambut anda yang telah direbonding. Agar hasilnya tidak mengecewakan, sangat disarankan untuk berhati-hati memilih salon tempat anda akan merebonding rambut.


3. Smoothing

Smoothing ini juga merupakan salah satu hasil perawatan salon yang dapat meluruskan rambut pria. Namun smoothing ini kurang efektif untuk seseorang yang berambut keriting sampai ikal. Lebih efektif lagi untukpria yang rambutnya bergelombang, namun ingin untuk membuatnya tampak lebih lurus dan rapi. Smoothing ini membuat rambut lebih terlihat alami dibandingkan dengan melakukan rebonding.

Prosedur pelaksanaan smoothing dianggap tidak mengubah struktur awal rambut. Hanya saja membuat rambut menjadi halus dan lurus alami. Namun tentunya penggunaan bahan kimia tetap memberikan risiko kepada rambut, sekecil apapun risikonya. Oleh sebab itu sangat disarankan kembali untuk pria yang melakukan smoothing, merawat kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala tetap utama.


4. Masker Rambut

Setelah cara meluruskan rambut pria di atas merupakan cara yang dapat berisiko karena menggunakan pemanas dan baham kimia, selanjutnya adalah cara yang memanfaatkan bahan-bahan alami. Banyak bahan alami yang dipercaya khasiatnya mampu memberikan rambut yang sehat dan lurus. Bahan-bahan alami tersebut kerap kali dijadikan masker rambut atau pengganti conditioner berbahan kimia.

- Susu

Susu meskipun tidak secara langsung dapat meluruskan rambut, namun apabila dimanfaatkan sebagai conditioner, susu juga bisa memberikan manfaat. Manfaat susu untuk rambut antara lain dapat memberi nutrisi pada akar rambut, sehingga menguatkan akar dan menyebabkan rambut tidak mudah rontok. Penggunaan susu sebagai masker dan conditioner adalah dengan beberapa tahapan.

Pertama adalah pilih susu murni tawar terlebih dahulu. Lalu campurkan susu tersebut dengan air. Lalu masukkan susu tersebut ke dalam botol yang ada penyemprotnya. Ratakan susu pada rambut dengan menyemprotkannya ke permukaan rambut. Pijat pada bagian kulit kepala dengan perlahan. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dan keramas. Susu kedelai disarankan untuk merawat rambut anda.


- Minyak Zaitun dicampur Telur

Minyak zaitun dan telur yang dioleskan pada rambut secara bersamaan dinilai mampu meluruskan rambut. Meskipun bahan alami ini membutuhkan penanganan yang rutin, tidak seperti rebonding atau smoothing yang menghasilkan hasil instan, namun dengan bahan alami tentu mampu menjaga kesehatan rambut. Cara penggunaannya pertama adalah mencampurkan telur dengan minyak zaitun.

Takaran campurannya adalah sebanyak dua buah telur, baik bagian putih, kuning, atau keduanya, dengan setengah cangkir minyak zaitun. Basahi terlebih dahulu rambut, lalu oleskan bahan tersebut ke rambut secara merata dari ujung atas hingga bawah. Diamkan kurang lebih satu jam lamanya. Setelah itu bilas dan keramas hingga bersih dan bau amis dari telur bisa hilang dari rambut.


- Daun Seledri

Daun seledri memang banyak manfaatnya, salah satunya untuk memelihara kesehatan rambut. Daun seledri ini juga dipercaya dapat menghitamkan warna rambut, meluruskan rambut, hingga mengatasi masalah ketombe. Penggunaan daun seledri untuk rambut secara rutin tentu mampu memberikan hasil maksimal. Daun seledri ini dimanfaatkan dalam bentuk masker untuk rambut anda.

Cara pembuatan maskernya adalah dengan menumbuk ataupun menggiling daun seledri yang sudah dicuci bersih hingga halus. Tambahkan sedikit air ke dalam tumbukan daun seledri tersebut. Aduk hingga merata, lalu peras airnya. Perasan daun seledri tersebut diamkan kurang lebih semalam. Hasilnya oleskan pada rambut dan tunggu hingga beberapa jam. Kemudian bilas rambut dan lakukan secara rutin.

Itulah tiga bahan alami yang bisa digunakan untuk meluruskan rambut pada pria. Terdapat beberapa bahan alami lain untuk masker yang bisa digunakan sebagai cara meluruskan rambut pada pria. Bahan-bahan tersebut ada yang amis seperti susu maupun telur, namun ada juga yang tidak. Anda bisa memilih sesuai keinginan dan ketersediaan bahannya. Berikut adalah beberapa bahan alami lainnya:

- Santan hasil parutan kelapa

- Susu dicampur dengan madu

- Buah pisang dicampur pepaya

- Santan dicampur jeruk nipis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar