Skip to main content

Cara Bermain Drum Untuk Pemula

Cara Bermain Drum

Apakah anda ingin mempelajari cara bermain drum tapi tidak tahu darimana memulainya? Anda mungkin memiliki segudang pertanyaan tentang alat apa saja yang dibutuhkan? Terlebih, hal ini akan menjadi tantangan bagi para pemula. Artikel ini akan membahas cara memainkan alat musik drum bagi anda yang sebelumnya tidak berpengalaman sama sekali.

Mengenal Drum dan Cara Bermain Drum


Mengenal Bagian-bagian drum

Tidak seperti alat musik lainnya, drum tidak hanya berupa satu alast saja melainkan satu set. Satu set terdiri dari beberapa alat yang harganya juga tidaklah murah, yaitu bernama snare drum, simbal, tom-tom, hi-hat dan bass. Namun sebagai pemula, anda tidak perlu dahulu menguasai semuanya sekaligus.

Snare

Snare adalah bagian tengah dari satu set drum. Suaranya seperti retakan dalam nada tinggi yang sering terdengar dalam lagu. Snare biasanya terbuat dari kayu mahoni atau logam seperti alumnunium atau stainless steel. Anda perlu meningkatkan teknik ritme dan intonasi dengan menguasai snare drum ini.

Bass

Bass adalah bagian paling besar dalam satu set drum. Sebagian besar permukannya terbuat dari kayu mapel, mahogani atau logam. Ketika memainkan bass, anda menggunakan pedal di bagian kaki untuk menghasilkan suara. Bass merupakan bagian penting karena untuk menjaga tempo dan ritme dalam sebuah lagu.

Toms, Hi-Hat, dan simbal

Dari lima bagian, ada dua tipe tom-tom yaitu atas dan bagian kaki. Keduanya biasanya terbuat dari logam dipakai dalam bermain drum. Sementara simbal, pasti anda dengar saat musik atau lagu bertransisi.

Peralatan drum untuk pemula

Hal pertama untuk menguasai teknik drum dasar adalah tubuh anda senduru. Mulailah dengan berpura-pura memukul paha atau bantal menggunakan tangan. Pilih lagu favorit anda dan fokuslah pada ritme dan tempo drumnya. Bedakan suaranya dengan menggunakan tangan kanan dan tangan kiri.

Hal kedua yang harus dimiliki adalah stik drum. Belilah stik drum yang memiliki kualitas bagus. Saat ini, banyak stik yang dijual online maupun offline dengan harga yang kompetitif.  Sementara yang terakhir adalah metronom untuk berlatih tempo yang stabil untuk memulai latihan drum sehingga ritme musik anda terbangun dengan kuat.

Cara memegang stik drum

Setelah memiliki stik drum, mulailah dengan mengetahui cara memegangnya. Umumnya adalah genggaman sama kanan kiri maupun genggaman tradisional. Genggaman sama kanan kiri adalah dengan cara memegang stik di kedua tangan dengan cara sama, yaitu ibu jadi yang posisinya berkebalikan dengan telunjuk.



Baca Juga : 6 Cara Bermain Dam Untuk Pemula



Sementara genggaman tradisional biasa dipakai dalam musik jazz. Caranya adalah lebarkan tangan seperti hendak menjabat tangan seseorang. Letakkan stik di antara ibu jari dan telunjuk, sementara jari mans akan menekan sisa stiknya. Jari tengah ada di bagian teratas ketika anda memegang stik.

Anda bisa memutuskan genggaman mana yang cocok untuk membangun teknik dan cara bermain drum dengan baik. Teknik yang buruk dapat mengakibatkan bermain drum yang sulit dan berpotensi untuk melukai diri sendiri.

Cara memainkan permulaan drum

Setelah memiliki stik drum dan menguasai bayangan ritme lagu, mulailah untuk mempelajari pola bermain drum. Pola ini sering digambarkan sebagai blok untuk memainkan drum. Ada 40 pola penting yang masing-masing terdiri dari pola koordinasi tangan kanan dan kiri beserta ritmenya. Menguasai semuanya akan membantu anda dalam mengontrol semua bagian drum.

Belajar membaca sheet music drum

Para pemain drum sebaiknya mempelajari cara membaca notasi drum. Banyak drummer yang diharuskan bisa membacanya untuk marching band, band konser, band kelompok jass maupun menjadi seorang ansambel profesional. Ketika anda memahaminya, maka anda telah menguasai senjata rahasia drummer.

Notasi drum terdiri dari kode-kode sederhana, sehingga menguasainya berarti anda bisa dengan mudah menguasai konsep dalam bermain drum secara keseluruhan. Penting untuk para pemain drum mulai membaca ritmenya sebelum menguasai beat drum di tingkat yang lebih tinggi.

Cara membaca notasi drum

Penting diingat bahwa membaca notasi drum akan menantang diri anda terlebih ada bunyi simbal. Notasinya juga berbeda dengan notasi musik pada umumnya karena hanya tertulis secara spesifik tentang bagian instrumen saja. Berikut adalah kode-kode dalam notasi drum.

CC – simbal
HH – Hit hat
Rd – Ride simbal
SN – Snare
T1 – Hi Tom
T2 – Low tom
FT – Floor Tom
B – Bass Drum
HF – Hi-Hat (dengan kaki)
O – pukulan bass
X – Snare dan hit-hat


Latihan memukul

Mulailah dengan latihan untuk mengombinasikan not seperempat yang hanya dimainkan oleh satu bagian drum. Berlatihlah membaca ritmik sebelum memainkan drum karena dapat menguatkan hubungan antara otak dan koordinasi badan, juga secara mental dapat menyiapkan diri selama latihan berlangsung.

Awal mula latiha, fokuslah untuk mengkoorinasikan antara kedua tangan kanan dan kiri. Lupakan bagian kaki dan pastikan bermain dengan menggunakan metronom. Pelajaran ini akan mengenalkan anda pada notasi dasar drum yang jernih dan mudah dimengerti. Terlebih jika anda memiliki klip audio yang nantinya akan bisa sangat membantu pemahaman anda.

Latihan mendapatkan ritme

Untuk meningkatkan kemampuan, maka sebaiknya anda berlatih secara rutin dengan memulai latihan ritme yang melibatkan kedua tangan terlebih dahulu. Hal ini bisa membantu anda menguasa koordinasi, mental dan juga ketepatan waktu dalam lagu-lagu yang kompleks.

Masih fokus di bagian tangan, mulailah mempelajari pola yang melibatkan tangan kanan bermain ritme sementara tangan kanan memainkan drum kit yang lain. Sebagaian besar beat drum melibatkan tiga bagian drum kit, namun seorang pemula setidaknya fokus pada cara bermain drum di bagian snare dan simbal.