Skip to main content

Cara Bermain Catur

Cara Bermain Catur

Catur dianggap sebagai permaiann yang mampu meningkatkan intelejensi seseorang karena melatih konsentrasi adalah baik untuk kinerja otak. Cara bermain catur ini konon berasal dari India dan sudah dimainkan sejak 1500 tahun yang lalu. Catur tidak menggantungkan permainan pada keberuntungan karena pemain harus pintar dalam mengatur strategi.

Salah satu sekolah di Armenia bahkan mewajibkan permainan ini sebagai mata pelajaran untuk melatih kemampuan konsentrasi siswa. Jika anda ingin mempelajarinya, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda pelajari.

Cara Bermain Catur

Mengatur papan catur

Di awal permainan, papan catur diletakkan di antara dua pemain yang berhadapan. Papan memiliki warna selang-seling hitam putih berbentuk kotak-kotak.Setiap bagian catur disusun di baris dekat pemain. Di baris pertama diletakkan benteng, kuda, uskup, ratu, raja, uskup, kuda dan benteng. Sementara baris kedua diisi oleh semua pion.

Cara masing-masing catur berpindah

Masing-masing enam jenis catur memiliki cara pindah yang berbeda. Catur tidak bisa memindahkan catur yang lainnya kecuali kuda. Juga tidak akan pernah bisa pindah ke kotak di mana sebelumnya sudha ditempati. Namun, catur bisa dipindahkan ke posisi lawan yang artinya posisi lawan telah direbut oleh catur milik kita.

Perpindahan raja

Meski raja adalah catur yang snagat penting, namun kedudukannya begitu lemah. Ia hanya bisa berpindah ke satu kotak saja, namun arahnya bisa terserah pemain. Bisa ke atas, ke bawah, ke samping maupun diagonal. Raja tidak akan pernah bsa memposisikan dirinya di skakmat. Namun, raja bisa diserang oleh catur lawan dan disebut sebagai “skak”.

Perpindahan ratu

Ratu adalah catur yang sangat powerful dalam epermainan. Ia bisa berpindah ke direksi yang terjauh dan bisa ke maja saja, maju, mundur, samping maupun diagonal. Seperti semua catur lainnya, jika posisi ratu direbut oleh catur lawan, maka pergerakannya berhenti dan selesai. Jadi, perhatikan posisi ratu baik-baik.



Baca Juga : Cara Bermain Bridge Dengan Baik Dan Benar


Perpindahan benteng

Benteng juga memiliki posisi yang kuat karena bisa berpindah ke posisi yang sangat jauh. Bedanya adalah benteng tidak mampu berpindah secara diagonal, jadi hanya bisa maju, mundur dan ke samping. Benteng adalah catur yang kuat karena bisa melindungi satu sama lain dan bekerja sama dengan catur lainnya.

Perpindahan uskup

Berkebalikan dengan benteng, uskup bisa berpindah ke mana saja, namun ia hanya bisa berpindah secara diagonal. Uskup tidak bisa bergerak maju, muncur, atau ke samping. Uskup hanya bisa berpindah ke warna yang sama. Jika awalnya di warna hitam, pindah ke warna hitam dan begitu juga sebaliknya. Uskup juga catur yang bisa melindungi kelemahan catur lainnya.



Perpindahan kuda

Kuda memiliki cara berpindah yang berbeda dengan catur lainnya. Dalam sekali berpindah ke satu arah, kuda dapat menempati dua kotak selanjutnya kemudian satu langkah ke posisi 90 derajat seperti bentuk huruf L. Kuda-kuda juga adalah satu-satunya catur yang bisa berpindah atau melompati jenis catur yang lain.

Perpindahan pion

Pion-pion adalah catur yang tidak biasa karena caranya berpindah atau mengalahkan lawan memili cara yang berbeda. Pion hanya berpindah dengan cara maju, namun untuk menggeser lawan hanya bisa dilakukan dengan cara diagonal. Pion-pion juga hanya bisa maju satu kotak dalam sekali pindah, namun untuk perpindahan pertama pion bisa maju sebanyak dua kotak.

Untuk menggeser lawan, pion hanya bisa menggeser satu kotak diagonal yang ada di depan posisi mereka. Mereka juga tidak bisa berpindah dan menggeser dengan cara mundur ke belakang. Jika ada catur yang berada tepat di depan pion, pion tak bisa balik ke posisi asal maupun menggeser posisi catur tersebut.

Peraturan Spesial dalam Permainan Catur


Menaikkan pangkat pion dalam catur

Kemampuan pion dalam cara bermain catur adalah naik jabatan atau berubah status menjadi catur yang lain. Pion bisa berubah menjad catur apa saja, tergantung kemauan sang pemain. Biasanya, pion akan diganti posisinya menjadi ratu kaena ratu merupakan catur terkuat dalam permainan. Hanya pion yang memiliki keunggulan dalam kenaikan pangkat ini.

Melakukan en passant

En passant adalah ketika pion berpindah sejauh dua kotak dalam perpindahan pertamanya. Dengan melakukan hal tersebut, pion akan melompati pion lawan untuk menggesernya. Perpindahan yang spesial ini hanya bisa dilakukan saat pion berpindah pertama kalinya, karena kalau tidak maka en passant tidak berlaku.

Melakukan rokade

Satu lagi yang menjadi peraturan spesial dala bermain catur adalah disebut dengan rokade. Perpindahan ini membolehkan anda untuk melakukan dua hal penting dalam sekali pindah, yaitu melindungi raja dan mendapatkan kembali benteng yang berada di sudur papan catur untuk kembali ke dalam jalur permainan.

Saat satu pemain melakukan rokade, ia bisa memindahkan rajanya dua kotak ke salah satu sisi dan memindahkan benteng dari sisi sudut menjadi berdampingan dengan raja. Namun syaratnya adalah, itu adalah pertama kalinya baik raja dan benteng melakukan perpindahan dan tidak ada catur diantara raja dan benteng yang perlu dipindahkan.

Hal yang perlu diperhatikan oleh anda adalah ketika anda merokade raja yang mendekati sisi papan catur, hal tersebut dinamakan kingside. Sementara jika hal itu ratu mana disebut queenside. Ingat, bahwa raja selalu berpindah hanya dua kotak ketika berokade.

Melakukan skak

Tujuan utama dalam cara bermain catur adalah dengan melakukan skak. Skak adalah posisi di mana raja milik lawan tidak bisa keluar dari posisi skak. Jika raja sudah dalam posisi skakmat, maka permainan sudah selesai sampai di sana. Meskipun raja tidak digeser atau dipindahkan dari papan, maka permainan sudah dianggap selesai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar