9 Cara Melepas Double Tape

9 Cara Melepas Double Tape

9 Cara Melepas Double Tape

Benda apa yang bersifat adesi yang praktis untuk digunakan sebagai perekat selain lem? Tentu saja double tape. Salah satu peralatan kantor yang sering disebut dengan solasi bolak – balik ini sangat berguna untuk merekatkan kertas atau bahan lain yang ringan dengan kuat.


9 Cara Melepas Double Tape



Akan tetapi satu kelemahannya, jika sudah merekat maka akan sulit untuk melepasnya. Bagaimana cara melepas double tape?

Melepaskan Double Tape Tanpa Merusak Bahan

Memaksakan untuk melepas rekatan perekat ini berpotensi merusak bahan yang direkatkan. Untuk itu, perlu adanya teknik – teknik tertentu supaya dalam melepaskannya tidak menimbulkan masalah lain. Apakah Anda penasaran bagaimana tekniknya? Simaklah penjelasan di bawah ini dan praktikan sendiri keefektifan caranya!

1. Memakai Hair Dryer

Hair dryer memberikan efek panas dan tekanan udara sehingga bisa menghilangkan kelengketan pada double tape. Caranya colokan hair dryer dan nyalakan. Nyalakan selama beberapa menit untuk mendapatkan suhu yang panas. Lalu arahkan pada double tape yang hendak dilepaskan. Setelah beberapa saat, ambil benda yang bisa digunakan untuk membanu mengelupaskan misalnya pengggaris mika.


2. Memakai Alkohol Gosok

Cara melepas double tape kedua adalah dengan memakai cairan alkohol gosok. Caranya mudah, teteskan pada permukaan double tape sedikit demi sedikit dan tunggu hingga beberapa saat. Setelah itu, ambil pisau tumpul atau kartu kaku (kartu bekas sim card, kartu kredit atau kartu debit) untuk melepaskannya. Mulailah dari bagian pinggir agar perekat bisa terangkat dengan baik.
Bagaimana jika masih ada double tape yang tertinggal dan sulit untuk mengelupaskannya? Anda bisa meneteskan kembali alkohol gosok. Tunggu selama minimal 30 detik, lalu gosok kembali untuk melepaskannya. Ulang – ulangi hingga semua terangkat.


3. Memakai Benang

Benang memiliki bentuk yang sangat tipis, sehingga berpotensi untuk masuk celah paling kecil suatu bahan. Anda bisa menggunakan benang pancing atau sering disebut senar atau bisa juga dengan menggunakan benang gigi. Caranya rentangkan benang. Lalu mulailah memasukkan benang ke bawah double tape untuk melepaskan rekatannya. Teknik ini biasa digunakan untuk melepas double tape tebal.


4. Menggunakan Campuran Cuka Putih Dan Cairan Sabun Pencuci Piring 

Cara ini ampuh untuk menghilangkan double tape dari tembok, cat rumah tidak akan ikut terkupas dengan cara melepas double tape ini. Caranya tuangkan air suam dalam mangkuk, tambahkan cairan sabun pencuci piring secukupnya, lalu beri cuka putih sedikit saja. Aduklah sampai keluar buih dan busa. Selanjutnya, ambil kain lembut dan celupkan dalam cairan yang sudah Anda buat tadi.


Baca Juga : 5 Cara Melempar Bola Lengkung Dalam Permainan Bowling


Mulailah menggosokkan pada permukaan double tape dengan kain yang sudah diperas dari campuran liquid yang Anda buat. Jika ujungnya mulai memberikan tanda untuk mengelupas maka hentikan gosokan dan cobalah untuk menariknya pelan – pelan.


5. Menjemur Selama Dua Jam

Cara ini adalah yang paling mudah digunakan. Dengan catatan, benda yang direkati double tape tebuat dari plastik atau logam, bukan terbuat dari kertas atau bahan berbahaya. Misalnya sendok, ember, alat tulis, penggaris besi atau mika, dan lain sejenisnya. Menjemur barang selama kurang lebih dua jam akan membuat permukaan double tape menjadi panas sehingga lebih mudah untuk menariknya.


6. Memakai Aseton

Aseton adalah zat cair mengandung alkohol yang bisa menghilangkan sesuatu yang lengket dan bahkan merekat sangat kuat. Untuk itu, cairan ini dipergunakan untuk menghilangkan cat kuku, bahkan yang berlapis – lapis. Caranya lepaslah double tape dengan menariknya dari bagian ujung dengan perlahan – lahan. Sisanya, tetesi aseton lalu gosok menggunakan kapas dengan sedikit agak ditekan.


7. Menggunakan WD40

Merupakan sebuah cairan ynag bisa membersihkan sisa – sisa double tape membandel dan paling sering dipakai untuk membersihkan stiker dari kaca mobil. Caranya mudah, oleskan saja WD40 pada sisa double tape yang sebelumnya sudah Anda lepas. Diamkan selama beberapa saat hingga cairan ini meresap. Lalu, ambilah kain lembut atau kapas untuk menggosoknya. Gosok berulang kali hingga semua sisa terangkat.


8. Menggunakan Bensin

Selain dipakai sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, ternyata bensin juga ampuh digunakan sebagai cara melepas double tape. Cara yang satu ini banyak dipilih untuk melepaskan double tape tipis yang merekat kuat pada logam dan mesin.

Pertama tama, gosoklah bagian permukaan double tape sampai banyak bagian yang terkelupas. Setelah itu, lihatlah bagian yang tertinggal, jika tidak mungkin lagi untuk dibersihkan dengan menggosok dan melepasnya secara manual, ambilah kapas yang sudah dibasahi dengan bensin. Gosokkan pada permukaan sisa double tape hingga benar – benar bersih.


9. Melepaskan Dengan Selotip Kuning

Selotip kuning dikenal sebagai selotip yang bisa merekat sangat kuat. Untuk melepas double tape dengan benda ini yaitu rekatkan selotip pada permukaan double tape terlebih dahulu dan tekan, lalu tarik dengan cepat. Jika belum berhasil mengangkatnya dengan tuntas, lakukan beberapa kali. Untuk hasil maksimal, panaskan terlebih dahulu benda yang direkati doable tape dengan hair dryer atau dijemur.


Mengenal Macam – Macam Double Tape

Anda perlu tahu berbagai macam double tape agar bisa memutuskan cara apa yang paling tepat untuk melepaskannya dari barang yang Anda miliki. Biasanya perbedaan utama dari berbagai macam double tape tersebut berdasarkan bahannya, ada yang terbuat dari tisu, akrilik, sampai foam. Dalam jenisnya masih lagi dibedakan berdasarkan ukurannya.

Jadi, apa saja macam – macam double tape?

1. Double Coated Tissue Tape

2. Double Coated Foam Tape

3. Double Coated Urethane Foam Tape

4. Acrylic Foam Tape

5. Double Tape Automotive