Skip to main content

8 Cara Memakai Masker Wajah yang Benar

8 Cara Memakai Masker Wajah yang Benar

Untuk menjaga kesehatan kulit wajah selain menggunakan rentetan skincare yang cukup banyak , anda cukup menggunakan masker wajah yang lebih sederhana. Cara memakai masker wajah yang benar pada umunya sama saja, akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda harus mengetahui langkah yang tepat.

Penggunaan masker yang baik dilakukan pada malam hari. Karena pada malam hari kulit anda ikut beristirahat. Dan setelah anda membersihkan wajah anda, anda tidak melakukan kegiatan apapun. Jadi setelah melakukan kegiatan di bawah sinar matahari seharian, kulit anda akan mendapatkan rileksasi saat melakukan masker.

8 Tips Cara Memakai Masker Wajah yang Benar

1. Setelah anda menyiapkan masker yang akan anda gunakan, masukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu. Hal ini untuk memberikan efek segar pada wajah anda saat digunakan. Masukkan masker ke lemari es sebaiknya 30-45 menit sebelum masker digunakan.

2. Sebelum menggunakan masker, bersihkan wajah anda dari sisa bedak atau make up terlebih dahulu, lalu bilas dengan air hangat agar pori-pori anda terbuka, agar masker tersebut sekaligus membersihkan pori anda dari kotoran.

3. Lalu oleskan masker yang telah anda diamkan di lemari es ke seluruh permukaan wajah dan leher anda. Hindari pemakaian pada bagian mata, dan mulut anda. Karena bahan yang terdapat pada masker wajah biasa tidak aman jika terkena mata atau masuk ke dalam mulut.

4. Kemudian diamkan masker 15-20 menit.

5. Untuk menyegarkan bagian mata anda tempelkan mentimun yang diiris tipis di bagian mata anda.

6. Kemudian bilas wajah anda dengan air hangat untuk membersihkan masker wajah tersebut agar tidak tersisa pada pori dan lebih mudah untuk dibersihkan.

7. Keringkan wajah anda dengan handuk bersih yang lembut atau dengan tissue.

8. Gunakan masker setelah pemakaian masker agar menambah kesegaran dan kelembapan kulit anda.

Yang paling penting lagi dari cara memakai masker wajah yang benar, ada baiknya saat menggunakan masker kemasan yang serbuk, gunakan air mawar untuk mencampur masker sebelum digunakan agar memaksimalkan kegunaan masker.


Baca Juga : 13 Cara Memakai Make UP sederhana untuk sehari-hari


Akan tetapi sekarang banyak masker wajah yang langsung pakai, tidak perlu mencampur dengan air atau air mawar. Penggunaannya juga lebih praktis. Langkah pemakaian yang baik juga hampir sama dengan penggunaan masker serbuk atau peel of dll.

Sebelum menggunakan masker, pastikan anda memilih masker yang sesuai dengan permasalahan kulit anda. Jika suatu masker tidak sesuai dengan wajah anda atau memberikan reaksi yang tidak baik sebaiknya anda menghentikan penggunaan produk tersebut.

Manfaat Penggunaan Masker Wajah

Dengan banyaknya masker sekarang ini, tentu tidak sulit bagi anda mencari yang sesuai dengan permasalahan kulit anda. Review yang akurat juga bisa dengan mudah anda dapatkan. Namun tahukah anda sebenarnya manfaat masker wajah untuk kulit anda? Semoga penjelasan di bawah ini membantu anda.

1. Melembabkan wajah

Bagi anda yang memiliki kulit dan sensitive, rutin menggunakan masker wajah dapat membantu melembabkan wajah anda.  Sebaiknya anda menggunakan masker dengan bahan dasar buah untuk menuteisi kulit anda yang kering.

2. Mencegah wajah berminyak

Untuk kulit anda yang berminyak juga dapat menggunakan masker untuk mengurangi minyak pada wajah anda. Minyak di wajah yang berlebih memicu munculnya jerawat dan membuat kotoran dengan cepat menempel pada wajah anda.

3. Menghilangkan jerawat

Jerawat yang membandel juga dapat anda atasi dengan melakukan masker dengan rutin. Dengan masker jerawat yang telah tua akan cepat mengering dan jerawat yang baru tumbuh akan kempis lebih cepat.

4. Membersihkan pori

Pori-pori yang terbuka menjadi pemicu permasalahan pada kulit wajah, karena pori-pori yang terbuka membuat kotoran masuk dengan mudah ke dalam sel kulit anda.

5. Mencegah komedo

Dengan masker secara rutin, membuat kulit anda menjadi bersih sehingga kotoran pada pori tidak menumpuk dan tidak membentuk komedo. Sekalipun wajah anda memiliki komedo, anda dapat menggunakan masker yang dapat digunakan untuk mengangkat komedo anda.

6. Sebagai detoks wajah

Dalam melakukan kegiatan anda sehari-hari, tentu saja kulit anda banyak terkena kotoran, polusi bahkan kuman. Hal tersebut dapat di detoks dengan melakukan masker.

7. Mencerahkan kulit wajah

Tentu saja melakukan masker dengan rutin dapat mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakan masker dengan bahan dasar seperti bengkoang atau susu.

Untuk efek jangka panjang penggunaan masker jika dilakukan secara ruti juga bisa anda dapatkan seperti mengencangkan kulit dan penuaan dini. Karena kulit anda sehat dan bebas dari kotoran dan terawat. Anda tidak perlu melakukan perawatan mahal untuk mendapatkan wajah yang cerah.

Penggunaan masker wajah secara rutin sama sekali tidak berbahaya bagi kuit, karena pada masker tersebut dapat membantu kulit anda memproduksi kolagen yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit anda. Dan bahan yang dignakan juga bahan alami.

Akan tetapi sebelum membeli masker wajah, sebaiknya anda periksa kandungan dalam masker tersebut tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kulit anda. Jika saat pemakaian suatu masker wajah kulit anda mengalami ruam atau alergi, sebaiknya stop pemakaian dan konsultasikan ke dokter kulit anda.

Jika anda merasa tidak cocok menggunakan masker wajah, anda juga dapat menggunakan bahan-bahan di sekitar anda seperti buah, madu, putih telur, bubuk kopi dan lain-lain. Anda juga bisa membuat masker sendiri dengan mengikuti tutorial yang dapat anda temukan di internet. Hal itu juga lebih aman jika anda tidak mau menggunakan masker langsung jadi.