8 Cara Cepat Pulih Dari Keracunan Makanan

8 Cara Cepat Pulih Dari Keracunan Makanan

8 Cara Cepat Pulih Dari Keracunan Makanan

Seringkali kita mendengar kasus keracunan dalam lingkungan sekitar, khususnya keracunan makanan. Keracunan makanan kebanyakan disebabkan oleh bakteri atau virus. Bisa jadi ketika Anda setelah melakukan aktifitas tertentu kemudian lupa tidak mencuci tangan dan Anda lanagsung memegang makanan, maka hal itu juga bisa menimbulkan keracunan.

Bisa jadi bahan kimia atau bakteri tertentu masih menempel pada tangan Anda. Sebenarnya, ada banyak cara cepat agar pulih dari keracunan makanan seperti minum air kelapa muda sebagaimana yang sering Anda dengar.


8 Cara Cepat Pulih Dari Keracunan Makanan



Seseorang yang mengalami keracunan makanan biasanya ditandai dengan sakit perut, diare, mual, muntah, suhu tubuh naik, kembung, hingga pusing. Tanda tersebut belum dalam tahapan parah. Sehingga hal itu masih bisa disembuhkan dengan cara tertentu agar pulih dari keracunan makanan. Selagi belum parah Anda harus cepat-cepat membawa ke dokter atau memberi beberapa ramuan maupun obat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah cara pulih dari keracunan makanan:

1. Cara paling sederhana untuk agar pulih dari keracunan makanan level rendah adalah dengan cukup istirahat. Alangkah baiknya Anda juga memperbanyak minum air putih ataupun air gula sebagai pencegah dehidrasi.

2. Jika Anda merasa mual dan muntah sebaiknya jangan makan makanan yang begitu padat. Makanan yang netral seperti nasi, roti gandum, apel, dan pisang dapat menetralkan racun yang ada dalam tubuh Anda.

3. Jika Anda terkena racun yang disebabkan oleh bakteri bisa mengatasinya dengan obat anti-biotik seperti cipro, noroxin, dan trimetoprim. Tentunya obat ini harus sesuai dengan resep dokter.

4. Anda juga bisa mengatasi keracunan makanan dengan cara alami yaitu dengan minum rebusan air jahe. Obat alami ini bisa mengatasi mual, muntah, dan diare yang Anda derita akibat keracunan makanan. Adapun cara membuatnya sangat mudah yaitu tinggal Anda rebus beberapa potong jahe (secukupnya) dalam air yang mendidih. Kemudian saring jahe lalu minum setelah airnya hangat. Minuman semacam wedang jahe ini merupakan obat alami yang dinilai ampuh agar pulih dari keracunan makanan.

5. Cara alami agar pulih dari keracunan makanan adalah dengan minum air lemon. Vitamin C yang terkandung dalam lemon dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain itu juga dapat melawan virus ataupun bakteri yang masuk dalam tubuh tubuh akibat keracunan makanan. Caranya adalah dengan memotong lemon menjadi beberapa bagian kemudian peras dalam wadah lalu bisa langsung Anda minum

Baca Juga : 18 Cara Makan Artichoke Dengan Baik Dan Benar

6. Madu juga menjadi salah satu bahan untuk mengatasi keracunan makanan. Anda dapat mencampurkan madu dengan sedikit air hangat. Cara ini bisa mengatasi sakit perut Anda yang disebabkan oleh racun yang masuk dalam tubuh.

7. Cuka Apel. Keasaman yang terkandung dalam cuka apel dapat menetralkan racun yang terkandung dalam tubuh Anda. Adapun cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dengan air panas dalam gelas. Lalu minum sebelum makan, namun Anda juga bisa langsung meminumnya dalam takaran 1-2 sendok teh.

8. Minum paracetamol sesuai dengan aturan dan petunjuk dokter. Paracetamol ini secara umum dapat menghilagkan rasa sakit ataupun nyeri yang terjadi dalam tubuh Anda pada saat terserang racun. Namun, perlu diingat bahwa hindari obat antidiare sebab obat antidiare tidak baik untuk saluran pencernaan Anda ketika dalam keadaan keracunan.

Cara Mencegah Keracunan Makanan

1. Selalu mencuci tangan sebelum makan. Tangan merupakan elemen tubuh yang sering melakukan aktifitas khususnya untuk memegang banyak benda. Jadi, kemungkinan besar dari tangan Anda terdapat beberapa racun yang menempel setelah memegang suatu benda.

2. Selalu mencuci sayur dan buah dengan baik dan benar sebelum memasak atau mengkonsumsinya. Sayur maupun buahan kebanyakan mengandung bahan kimia mengingat dalam proses penanaman hingga panen petani senantiasa mengobatinya dengan berbagai tujuan seperti agar subur dan sebagainya. Jadi, buah dan sayur yang akan Anda makan sebaiknya cuci hingga bersih terlebih dahulu.

3. Masak daging maupun sayur hingga benar-benar matang. Mengingat dalam daging yang masih mentah masih mengandung banyak bakteri jahat. Sehingga jika masuk dalam tubuh tidak akan membuat tubuh Anda baik-baik saja.

4. Pisahkan antara bahan makanan yang mentah dengan yang sudah matang jika Anda ingin menyimpannya, khususnya jika Anda taruh dalam lemari pendingin. Hal itu dikhawatirkan bakteri yang ada pada makanan mentah akan menjalar pada makanan yang sudah matang jika didekatkan maupun dicampur.

5. Selalu menggunakan air bersih dalam memasak makanan. Air bersih merupakan kunci bagi Anda untuk memasak ataupun membuat suatu makanan. Sehingga air juga mempengaruhi terhadap baik buruknya makanan yang akan Anda konsumsi.

6. Menjaga kebersihan dapur Anda, mengingat dapur merupakan pusat anda untuk memasak dan menaruh beberapa makanan.

7. Jaga makanan Anda agar terhindar dari hewan taupun serangga, mengingat beberapa hewan dan serangga menyimpan racun dalam tubuh. Sehingga jika mereka menempel pada makanan Anda, racun tersebut akan masuk dalam makanan pula. Jadi, taruh makanan Anda ditempat yang aman, bersih, dan tertutup.