8 Cara Bermain Dadu pada Berbagai Permainan

8 Cara Bermain Dadu pada Berbagai Permainan

Cara Bermain Dadu

Dengan banyaknya teknologi yang menguasai permainan berbasis aplikasi, namun bermain dadu bisa menjadi alternatif untuk meningkatkaan keakraban dengan teman maupun kerabat anda. Cara bermain dadu bukan hanya sederhana, namun juga menyenangkan bagi dewasa maupun anak-anak. Apa saja permainan yang menggunakan dadu? Berikut ini adalah ulasannya.

Cara Bermain Dadu pada Berbagai Permainan


Bunco

Bunco merupakan permainan yang menggunakan dadu sebanyak sembilan buah. Permainan umumnya dilakukan oleh sebanyak 12 orang yang terbagi menjadi 4 kelompok, di mana masing-masingnya berisi 3 orang. Lebih banyak pemain biasanya bisa dilakukan, namun harus bisa dibagi menjadi 4. Permainan ini begitu populer di Amerika Serikat dan memberi kesan candu.

Aturan pemainan ini adalah pemain harus menggulungkan dadu sesuai putaran yang dimainkan. Misalnya di putaran ketiga, maka pemain harus menggulungkan dadu berangka 3 sebanyak tiga dadu. Berapapun hasil dadunya, itulah poin permainan Bunco. Kelompok yang memiliki akumulasi dadu yang terbanyak menjadi pemenang dalam permainan.


Ludo

Ludo merupakaan permainan kuno yang banyak dimainkan oleh suku Indian. Dengan menggunakan papan, ludo terdiri dari catur-catur kecil berwarna yang akan dijalankan dengan menggunakan dadu. Setiap rumah pemain terdiri dari 8 kotak pinggir dan kotak tengah yang tidak boleh dimasuki oleh ludo yang berwarna lain.



Baca Juga : 12 Cara Bermain Catur untuk Pemula



Cara bermain dadu pada ludo adalah dengan melempar sebuah dadu dalam keranjang kecil. Jumlah yang muncul pada ludo menjadi acuan seberapa banyak langkah catur ludo yang bisa berpindah. Setiap ludo yang kembali ke rumah akan memasuki kotak tengahnya sendiri. Pemenangnya adalah saat pemain berhasil memasukkan semua catur ludo ke dalam gunungan rumahnya.

Yahtzee

Yahtzee adalah permainan dadu yang diciptakan pada tahun 1940 oleh Milton Bradley. Sebelumnya, Yahtzee dikenal sangat populer dengan nama “Luck”. Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat skor yang sebanyak-banyaknya dari kombinasi kocokan lima dadu. Permainan yahtzee terdiri dari 13 ronde dan dimainkan per kelompok.

Setiap ronde dari permainan ini, kelopok memiliki kesempatan untuk mengocok dadu. Masing-masing ronde umumnya memiliki peraturan tersendiri, tergantung dari kesempatan kelompok. Penjumlahan dadu bisa ditentukan dengan dadu angka berapa saja yang akan dijumlah dan dianggap nol, atau bisa juga penjumlahan berlaku jika ada dua atau tiga anka dadu muncul secara bersamaan.

Cee-lo

Cee-lo adalah permainan dadu yang berasal dari China. Permainan ini menggunakan 3 buah dadu yang akan dikocok dan cara memenangkannya ada peraturan tersendiri. Dalam game ini, dibutuhkan satu grup di mana satu orang agen menjadi seorang bandar, sementara yang lainnya adalah lawan dari bandar. Di awal permainan, bandar berhak untuk memiliki giliran yang paling pertama.

Bandar akan menang jika kombinasi dadu adalah 4-5-6, 3 angka dadu yang sama berada di posisi atas atau 2 angka dadu menunjukan angka 6. Bandar otomatis akan kalah jika kombinasi dadu adalah 1-2-3 dan 2 angka dadu menunjukkan angka 1. Jika bandar sudah kalah, maka pemain lain tidak perlu mengocok dadu. Jika bandar menang, pemain lain mendapat giliran untuk kocok dadu.

Cho-Han Bakuchi

Cho-han Bakuchi dikenal juga sebagai Choka Hanka yang kemudian disederhanakan menjadi Chohan. Permainan ini menggunakan dadu berjumlah 2 dan pancang taruhan dua sisi, yaitu “Cho” atau “Han”. Cho-han dikenal sebagai permainan yang sering muncul dalam film-film Jepang dan dimainkan oleh para yakuza atau gangster.

Cara memainkannya adalah dua dadu akan dikocok dalam sebuah gelas kecil. Jumlah tertentu dalam kombinasi dadu akan menentukan apakah termasuk dalam kategori “cho” atau “han” yang sudah disepakati. Jika jumlah pemainnya banyak, umumnya hanya ada satu bandar. Cho-han juga bisa dimainkan hanya oleh dua orang saja dan saling menantang satu sama lain.

Farkle

Permainan in adalah salah stau permainan dadu yang menggunakan 6 buah dadu yang tujuannya adalah pemain harus mencapai skor sekitar 10 ribu poin. Pemain hanya membutuhkan 6 dadu dan selembar alat tulis untuk mencatatkan skornya. Permainan ini akan terasa menyenangkan jika dimainkan setidaknya lebih dari 2 orang pemain tetapi tidak lebih dari 8.

Sebelum emulai permainan, para pemain harus menentukan sendiri peraturan permainannya. Umumnya, cara perhitungan skor adalah 100 untuk satu dadu berangka 1, 50 untuk dadu berangka 5, 1000 untuk dua dadu berangka 1, 200 untuk dadu berangka 2, dan kelipatannya. Jika dadu yang muncul adalah 1-2-3-4-5-6 maka poin yang didapat adalah 3000.

Zombie

Permainan zombie yang menggunakan dadu begitu popule karena mudah, menyenangkan dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 mnit dalam satu ronde permainan. Permainan ini menggunakan 13 buah dadu berwarna. Dalam satu dadu, harus memiliki sisi warna merah, kuning dan hijau. Hijau berarti aman, kuning adalah rawan, dan merah berarti zombie memakan otak.

Tujuan dari permainan adalah pemain harus mendapatkan otak atau dadu hijau selama 13 kali ronde. Setiap kali pemain mendapatkan dadu berwarna merah, sebanyak itu pula ia mendapat “tembakan” dari zombie. Semakin banyak warna merah, maka kemungkinan pemain mati semakin besar. Jika ada pemain kalah, maka pemain lain harus mengucapkan “Brains!”


Tenzi

Tenzi adalah permainan dadu yang dimainkan 2-4 pemain yang menggunakan 10 dadu dalam permainannya. Cara bermain dadu dalam permainan ini adalah pemain akan mengocok 10 dadu dan melihat angka yang muncul. Jika ada ada leih dari 3 dadu yang memiliki angka yang sama, maka permain tersebut keluar sebagai pemenangnya.