Skip to main content

7 Cara Melatih Merpati Pos Dengan Baik Dan Benar

7 Cara Melatih Merpati Pos Dengan Baik Dan Benar

Pada zaman dahulu kala, antar – mengantar surat bisa dilakukan dengan melatih burung merpati. Hal tesebut benar adanya. Tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di Eropa dan Amerika sana. Hal itu juga kerap disebut – sebut dalam cerita – cerita terkenal Bangsa Eropa. Lalu bagaimana mungkin seekor burung merpati bisa pergi mengantar surat dan kembali lagi? Tentu saja ada cara melatih merpati pos tertentu.


7 Cara Melatih Merpati Pos Dengan Baik Dan Benar



Burung merpati termasuk salah satu hewan yang cerdas, daya ingatnya tidak bisa diragukan, kemampuan navigasinya sangat bagus, bahkan walau terbang dalam jarak jauh bermil – mil ia mampu untuk kembali ke sarangnya lagi. Burung yang khusus dilatih untuk berkirim surat biasanya jenis yang ukurannya sedikit lebih besar dan telah memiliki pasangan. Hal tersebutlah lah ingin membuatnya kembali lagi.


Bagaimana Cara Melatih Merpati Pos ?

Pasti sedari tadi Anda bertanya – tanya bagaimanakah cara melatihnya? Atau bisakah saya melatihnya? Atau mungkin bagaimana cara burung mengenali majikannya? Anda akan segera mendapatkan penjelasannya setelah membaca penjelasan lengkap mengenai cara melatih burung merpati pos di bawah ini. Simaklah baik – baik, inilah selengkapnya!


1. Buatkan Kandang

Merpati Pos adalah hewan yang memiliki insting untuk kembali ke rumah. Untuk itu buatkanlah rumah segera sebelum Anda membeli hewan ini. Buatlah kandang yang nyaman, terbuat dari kayu yang memiliki lubang dari arah depan yang berfungsi sebagai pintu. Jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri, Anda bisa membeli di pasar hewan.

Merpati menginginkan keamanan. Termasuk tidak inign berdekatan dengan hewan yang mempunyai potensi menjadi pemangsa. Untuk itu tempatkan kandang di tempat yang tinggi. Tips lain mengenai kandang adalah tempatkan kandang di area terbuka. Misalnya di halaman depan atau belakang rumah. Apabila memungkinkan, jauhkan kandang dari kabel listrik, tiang listrik atau tempat yang kurang sinar matahari.


2. Merawat Merpati Dengan Baik

Setelah hewan sudah Anda dapatkan, perkenalkanlah dengan rumahnya yang baru. Anda bisa mengandangkannya selama dua hari dan menjaganya agar tidak terbang supaya ia mengenali rumahnya dengan baik bersama pasangannya. Bersama pasangan? Benar sekali! Jadi, agar lebih mudah untuk menjinakkan dan melatih merpati, belilah sepasang, jangan cuma satu ekor saja.


Baca Juga : 6 Cara Melatih Kelinci Dengan Baik Dan Benar


Bersihkan kandang merpati secara berkala. Gantilah air minumnya setiap pagi dan sore. Berikan makanan terbaik berupa biji – bijian yang mengandung banyak protein. Jangan lupa berikan kerikil halus. Mengapa? Hewan ini membutuhkannya untuk kebutuhan mineral dan vitamin. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan cukup tentang hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan.


3. Berikan Identitas

Pada umur sekitar sepuluh hari, Anda harus memberikan identitas kepada burung Anda dengan memberikan cincin permanen. Anda bisa mendapatkannya di organisasi yang menangani merpati pos atau breeder profesional. Cincin ini pula yang nanti bisa membantu Anda kalau burung ini terbang dan hilang. Seringlah memegang merpati tersebut untuk mendapatkan “chemistry” antara burung dan tuannya.


4. Memilih Waktu Tepat Untuk Melatih

Perlu sedikit kesabaran lagi, agar Anda bisa melatih burung merpati Anda. Anda bisa memulai untuk melatihnya di usia minimal 6 minggu. Mulailah dengan memperkenalkan pintu jebakan pada kandang. Latihlah agar ia terbiasa untuk keluar masuk dengan benar. Jangan terlalu memaksa, Anda bisa gunakan alat seperti stik kayu untuk memancingnya masuk dan keluar.

Sebaiknya sejak memulai melatihnya, Anda sudah menentukan jadwal waktu yang tepat. Sehingga merpati akan bisa mengenali waktu tentang aktivitasnya. Untuk tahap awal, Anda bisa memberikan latihan satu kali seminggu, lalu bertahap – tahap hingga saat sudah terbiasa Anda bisa melatihnya dua hari sekali.


5. Melatih Merpati Pulang Ke Kandang

Ini adalah bagian yang penting. Dalam Bahasa Jawa disebut juga “nggabur”. Caranya bawalah salah satu merpati pergi ke luar rumah. Mula – mula ke depan gerbang rumah Anda apakah ia akan kembali ke kandang atau tidak untuk mencari pasangannya. Jika ini bekerja dengan baik, lanjutkan untuk jarak yang lebih jauh. Misalnya jarak 500 meter sampai 1,5 kilometer. Agar efektif latihlah 3 kali seminggu.

Setelah jarak dekat bisa dikuasai oleh merpati dengan baik, maka perpanjanglah jarak tempuhnya. Untuk jarak yang sudah lumayan jauh, misalnya 5 km, Anda bisa membawa pasangannya sebagai pancingan. Lakukan pergantian latihan antara merpati jantan dan betina secara berkala. Ingatlah merpati butuh istirahat dan waktu untuk dirinya sendiri selama beberapa waktu, jangan memforsirnya atau ia akan kabur.


6. Bergabung Dengan Club dan Ikuti Perlombaan

Tentu saja setelah melatih burung merpati, Anda tidak akan benar – benar menyuruh burung merpati untuk mengantar surat kesana kemari bukan? Ikutilah sebuah Club agar Anda bisa melakukan aktivitas yang berkaitan tentang burung merpati. Anda juga akan mendapat keuntungan karena seringnya berkumpul dengan club maka pengetahuan tentang cara melatih merpati pos juga akan bertambah.

Jika Anda sudah yakin bahwa burung yang Anda miliki bisa terbang dengan baik dan mengenali pemiliknya serta kandangnya dengan baik, mengikutkan merpati dalam kontes adalah ide yang bagus. Tapi sebelumnya, biasakan terlebih dahulu burung Anda dengan mengajaknya di dalam sangkar untuk menonton perlombaan merpati. Dengan begiu, burung akan belajar memahami situasi perlombaan.


7. Memberi Penghargaan 

Biasakanlah untuk memberi burung merpati Anda insentif berupa makanan setelah ia melakukan hal – hal yang bisa menyenangkan Anda. penghargaan juga bisa berupa belaian, perbaikan kandang, dan waktu bebas bermain untuknya. Merpati menyukai kebersihan, untuk itu memperbarui kandang dengan rajin membersikannya akan membuatnya betah bersama Anda.