7 Cara Melampirkan Sampul Ke Trek Musik Mp3

7 Cara Melampirkan Sampul Ke Trek Musik Mp3

7 Cara Melampirkan Sampul Ke Trek Musik Mp3

Kehadiran musik rasanya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Dimana – mana musik terdengar dari berbagai sumber seperti radio, TV, alat musik, rekaman video, hingga Mp3 atau MP4. Dari berbagai sumber tersebut, pasti Mp3 lah yang biasanya paling akrab di telinga Anda. Saat memainkan lagu Mp3, pernahkah Anda memperhatikan sampul tampilan? Bagaimana cara melampirkan sampul trek musik Mp3?


7 Cara Melampirkan Sampul Ke Trek Musik Mp3



Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara melampirkan atau mengganti sampul tampilan musik Mp3 Anda. ini akan sangat berguna jika Anda ingin memainkan lagu di komputer maupun telepon seluler sambil memandangi gambar seseorang. Menarik bukan? Selain itu, nantinya setiap koleksi lagu akan akan memiliki tampilan yang berbeda – beda, jadi Anda tidak akan bosan.

Tips dan Cara Melampirkan Sampul Ke Trek Mp3 Dengan iTunes


Perhatikan dan pahami cara – cara di bawah ini!

1. Perhatikan Trek Tidak Bersampul

Bukalah daftar lagu di dalam ponsel Anda. Setelah itu cermati, trek mana saja yang tidak memiliki sampul atau tampilan. Ini akan memudahkan Anda di proses – proses selanjutnya.

2. Membuat Folder

Bukalah PC atau komputer Anda. Klik pada “File Explorer”. Kemudian buatlah folder baru dengan cara klik kanan, lalu pilih New, arahkan kursor ke arah kanan pilih “Folder”.

3. Menyambungkan Perangkat

Ambilah kabel data telepon seluler Anda, setelah itu tancapkan pada ponsel dan sisi yang lain tancapkan pada port USB laptop atau komputer. Lalu saat pop up sebuah pemberitahuan, silakan untuk memilih “Open folder to view files” Jika tidak muncul, maka buka “My Computer” pada PC Anda. Lihatlah, jika perangkat ponsel telah masuk maka nama perangkat akan muncul di sisi kiri bersama dengan disk lainnya.


Baca Juga : Cara Melakukan Verifikasi Akun Yahoo


4. Memindahkan Trek

Setelah perangkat masuk, bukalah setiap folder dalam perangkat Anda melalui komputer yang mengarah pada penyimpanan file musik. Setelah itu pilihlah trek yang tidak ada sampulnya. Anda bisa langsung memindah dalam jumlah yang banyak dengan cara tekan ctrl + klik trek satu per satu, lalu klik kanan pilih cut dan paste pada folder baru yang sudah Anda buat di langkah ke dua tadi.

5. Membuka iTunes

Jika Anda sudah berhasil memindahkan trek lagu yang ingin Anda beri sampul dalam folder baru, langsung saja pindah folder ke desktop PC. Kemudian, buka iTunes. Klik “File” kemudian pilih “New Playlist”. Setelah itu, folder yang ada di desktop tadi silakan drag dan masukkan pada iTunes.

6. Lampirkan Sampul

Inilah step yang paling ditunggu dari cara melampirkan sampul ke trek musik Mp3 Anda. dari daftar yang sudah Anda pindahkan tadi, klik kanan pada trek lagunya lalu pilihlah “Get Info”, setelah itu cari dan klik “Artwork”. Lanjutkan dengan klik “Add” dan telusuri gambar yang ingin Anda tampilkan, formatnya bisa apa saja seperti JPEG atau PNG.

Tips agar Anda tidak bingung memilih gambar satu per satu, sebelum melakukan cara pelampiran sampul ini maka carilah dahulu beberapa gambar yang Anda inginkan dan disatukan dalam sebuah folder. Anda bisa menyimpannya dalam “My Computer” dan membuat folder baru dengan nama “My Album Artwork”.

7. Proses Akhir

Gambar yang dirubah akan menyebabkan konten dalam folder Anda ikut berubah, untuk itu saat nanti Anda akan memainkan lagu maka akan muncul notifikasi. Pilih dan klik saja “replace”. Nantinya musik yang Anda putar sudah akan menggunakan sampul yang baru. Mudah bukan?

Cara Melampirkan Sampul Ke Trek Musik Mp3 Dengan Mp3 Tag

Selain menggunakan iTunes, Anda bisa menggunakan aplikasi lain sejenis, yaitu Mp3 Tag. Perangkat lunak ini gratis dan bisa Anda unduh di banyak website penyedia aplikasi tidak berbayar. Setelah mengunduhnya, segera install sampai aplikasi siap untuk digunakan. Untuk cara melampirkan sampul lagu pada trek musik Anda, adalah sebagai berikut ini:

1. Step 1

Bukalah aplikasi dan pilih “File”. Setelah itu, klik “Add Directory”.

2. Step 2

Pilihlah lagu dari daftar trek Mp3 Anda yang akan diubah sampulnya. Lalu klik kanan dan “Add Cover”

3. Step 3

Telusurilah gambar dan cari pada folder penyimpanan Anda. setelah menemukan langsung saja untuk mengekliknya dan pilih “Open”.

4. Step 4

Pilihlah “File” kemudian susul dengan memilih “Save Tag” kemudian tekan pada keyboard ctrl + S untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan.

5. Step 5

Ini adalah langkah terakhir, ceklah apakah sampul yang Anda buat tadi sudah muncul dengan memutar trek. Jika belum muncul ulangi step 1 sampai 5 lagi.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam hal penggubahan sampul atau pemberian sampul pada trek Mp3 lagu, seperti:

1. Hak Cipta

Beberapa lagu yang memang sudah paten dengan sampul dari keluaran resminya, sehingga Anda tidak bisa melakukan perubahan apapun.

2. Jangan Melakukan Pengunggahan Ulang

Beberapa kasus ditemukan, penggubahan sampul Mp3 dilakukan agar bisa mengunggah ulang lagu pada suatu situs atau website. Ini akan merugikan dan tentu saja sebenarnya terlarang. Anda sama saja dengan menyebarluaskan file tanpa sepengetahuan pemilik, hal ini bisa sangat merugikan terutama untuk label musik, penyanyi, dan pencipta lagu itu sendiri.

3. Memilih Gambar Tanpa Hak Paten

Beberapa gambar di internet memiliki pemilik. Hal ini bisa diketahui dari watermark yang tertera pada gambar. Lebih baik jangan menyimpan dan menggunakan gambar yang memiliki watermark pada sampul lagu agar aman. Anda tentu saja tidak mau kan jika memiliki karya tetapi diambil atau diakuisisi oleh orang lain?