7 Cara Istirahat dengan Mata Terbuka dengan Baik

7 Cara Istirahat dengan Mata Terbuka dengan Baik

7 Cara Istirahat dengan Mata Terbuka dengan Baik

Bagi Anda yang mempunyai kesibukan luar biasa akan sangat sulit untuk memperoleh waktu untuk beristirahat. Apalagi ditambah dengan pekerjaan Anda yang menumpuk setiap harinya yang membuat Anda sulit untuk sekedar memejamkan mata. Anda bisa mengatasi hal itu dengan cara istirahat meskipun dengan mata terbuka.


7 Cara Istirahat dengan Mata Terbuka dengan Baik



Sebenarnya istirahat dapat Anda bisa lakukan kapan, dimana, hingga bagimana saja termasuk hanya dengan mata terbuka sambil menenangkan pikiran. Anda mungkin pernah melihat orang yang beristirahat atau sedang tiduran namun mata tetap terbuka. Bisa jadi orang tersebut sedang istirahat di tengah kesibukan yang serius.

Jadi, hal demikian bisa Anda contoh untuk sekedar istirahat atau menenangkan pikiran. Namun, perlu Anda perhatikan mengenai cara istirahat dengan mata terbuka dengan baik. Berikut adalah beberapa cara beristirahat dengan tetap membuka mata:

Meditasi

1. Meditasi merupakan salah satu cara efektif untuk istirahat dengan mata terbuka. Anda bisa melakukan meditasi di tempat terbuka yang sepi dan tenang. Sehingga, dengan begitu Anda bisa merasa tenang sembari beristirahat. Meditasi bisa Anda lakukan dengan cara berbaring maupun duduk secara tenang tanpa banyak bergerak, dengan catatan mata tetap terbuka.

2. Selain itu meditasi bisa Anda lakukan di tempat tertutup seperti kamar. Hal itu bertujuan agar lebih efektif dan tenang serta terhindar dari suara kebisingan apapun. Pada saat meditasi lakukan olah pernapasan agar pikiran serta badan Anda lebih segar. Meditasi tidak harus dengan membuka mata lebar-lebar, Anda bisa membuka mata dengan setengah saja agar mata Anda tidak cepat lelah.

3. Sambil bermeditasi lakukan olah pelemasan pada otot-otot Anda yang tegang. Hal ini bertujuan agar otot-otot dalam tubuh Anda yang sering melakukan pekerjaan menjadi lebih baik dan fleksibel. Sehingga untuk melakukan pekerjaan atau kesibukan lain bisa lebih fresh dan bersemangat kembali. Cara ini bisa Anda lakukan pada jari dan pergelangan tangan, jari dan pergelangan kaki, leher, hingga mata.

4. Dalam meditasi dapat Anda selingi dengan olah latihan pada mata. Anda bisa melakukan dengan membuat satu atau dua benda sebagai fokus penglihatan mata Anda dalam bermeditasi. Lakukan hal ini dalam beberapa menit.

5. Selama meditasi berlangsung alangkah baiknya Anda mengosongkan pikiran sejenak mengenai segala masalah atau pekerjaan yang selama ini Anda hadapi. Hal itu bertujuan agar meditasi Anda benar-benar efektif dan terasa manfaatnya. Kemudian jangan lupa keluar dari meditasi secara perlahan.


Baca Juga : 8 Cara Cepat Pulih Dari Keracunan Makanan

Membaca Buku

1. Anda bisa beristirahat dalam kondisi mata terbuka dengan membaca buku secara santai. Selain melatih konsentrasi, membaca juga dapat menghilangkan stres yang Anda alami, sebab merupakan bentuk dari upaya untuk beristirahat dari kesibukan Anda yang berat. Perlu menjadi catatan bahwa buku yang Anda baca sebaiknya yang ringan-ringan saja seperti novel humor dan sebagainya. demikian, membaca buku bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan pekerjaan Anda di kantor atau tempat lain. Anda juga bisa menggantinya dengan membaca koran, majalah, dan lainnya.
Ngobrol

1. Bagi Anda yang sering mempunyai pekerjaan yang padat membuat, pastinya menyebabkan lelah serta jenuh. Hal itu bisa Anda atasi dengan istirahat sejanak dengan cara ngobrol dengan orang yang ada di sekitar Anda. Setidaknya cara ini bisa meringankan beban pekerjaan yang Anda tanggung serta sebagai bentuk istirahat di sela-sela kerja di kantor, mislanya.

2. Mengobrol yang baik untuk pikiran Anda adalah membicarakan suatu hal yang positif seperti pencapain yang telah Anda lakukan dalam pekerjaan dan sebagainya. Anda juga bisa membicarakan rencana tertentu untuk mengisi waktu libur kerja dengan rekan kerja atau orang terdekat Anda. Dengan demikian, lawan mengobrol Anda bisa tertarik untuk mengikuti rencana Anda dan bisa berangkat bersama-sama untuk menghilangkan stres dan sebagainya.

Tips Istirahat dengan Tetap Membuka Mata

1. Lakukan di tempat gelap atau agak gelap agar meditasi yang Anda lakukan berjalan dengan tenang.

2. Mencoba untuk tidur secara perlahan pada saat istirahat yang Anda lakukan. Kemudian bangunlah jika mendengar suara tertentu seperti suara burung dan sebagainya. Lakukan cara ini selama 5-10 menit agar terbiasa.

3. Anda bisa mendengarkan musik melakui hedphone apabila terganggun dengan suara berisik yang ada di sekitar Anda. Dengarkan musik yang iramanya tenang, damai, dan santai agar bisa mempengaruhi alam pikiran Anda tetap tenang.

4. Upayakan selalu memikirkan hal-hal postif yang membuat Anda lebih tenang serta lupakan hal-hal yang negatif dari pikiran Anda pada saat beristirahat.

5. Membayangkan suatu tempat yang indah dan damai pada saat melakukan meditasi atau istirahat lainnya. Jika Anda tidak bisa membayangkannya dengan mudah, maka lakukan dengan cara mencari gambar atau lukisan yang sekiranya Anda sukai dan menurut Anda lebih indah. Lalu pandangi selalu gambar atau lukisan tersebut sembari membayangkan ketenangan yang Anda peroleh jika berada dalam gambar tersebut.

6. Jangan jadikan meditasi saja sebagai suatu hal untuk melatih spiritual Anda secara mendalam atau berlebihan. Sebab, pada dasarnya meditasi hanya bermanfaat untuk menenangkan pikiran pada saat tertentu dan mencegah gangguan pikiran negatif dari luar.

7. Meskipun demikian, sebagai catatan bahwa istirahat dengan mata terbuka tidak bisa menjadi acuan bagi Anda sebagai bentuk istirahat fisik yang sempurna, khususnya untuk mata sendiri. Sebab, mata juga membutuhkan istirahat sendiri dengan cara tertutup mengingat mata memiliki peran penting bagi berlangsungnya aktifitas Anda. Jadi, Anda masih perlu tidur sebagai bentuk istirahat yang tepat khususnya untuk mata Anda.