Skip to main content

6 Cara Memakai Lensa Kontak Yang Baik Dan Benar

6 Cara Memakai Lensa Kontak Yang Baik Dan Benar

Bagai beberapa orang lensa kontak sudah menjadi kebiasaan, baik itu karena faktor pekerjaan, kecantikan maupun kesehatan. Lensa kontak sudah menjadi tren sejak beberapa tahun terakhir. Cara memakai lensa kontak yang mudah menjadi salah satu pengguna kacamata beralih penggunaannya pada kontak lensa.


6 Cara Memakai Lensa Kontak Yang Baik Dan Benar



Perkembangan kontak lensa juga semakin lama semakin pesat. Inovasi warna yang ditawarkan juga semakin beragam. Jenis yang ditawarkan juga semakin beragam dan ramah terhadap kesehatan mata anda. 

Kontak lensa atau biasa disebut dengan soft lens merupakan selaput cekung yang nantinya diletakkan di permukaan mata. Lensa kontak menawarkan warna yang berbeda-beda. Sehingga banyak yang menngunakan sebagai item fashion dan bahkan alat terapi atau sebagai pengganti kacamata.


Langkah Mudah Cara Memakai Lensa Kontak yang Baik dan Benar

Namun bagaimana cara memakai lensa kontak? Semoga penjelasan di bawah ini membantu keinginan tahuan anda.

1. Sebelum anda memasangkan kontak lensa, pastikan anda telah membersihkan tangan anda menggunakan non-kosmetik. Agar kotoran dan kuman tangan anda tidak menempel. Karena kontak lensa yang cukup tipis dan lembab menyebabkan selaput tersebut mudah dihinggapi kuman.

2. Sebelum memakai lensa kontak, cuci lensa kontak anda dengan disinfektan atau air khusus untuk mencuci lensa kontak kurang lebih 1-2 menit, hal ini dilakukan agar lensa kontak anda tetap steril sebelum digunakan. Jangan pernah menggunakan kontak lensa dalam keadaan kering atau dengan air biasa.

3. Gunakan jari tangan kiri anda untuk membuka kelopak mata yang akan anda pasangkan kontak lensa agar memudahkan anda meletakkan kontak lensa pada mata. 

4. Lalu gunakan ujung jari tengah atau telunjuk anda untuk meletakkan kontak lensa pada mata. Atau anda juga bisa menggunakan alat khusus untuk memudahkan anda memasang atau melepaskan kontak lensa anda

5. Lalu posisikan kontak lensa agar berada tepat di tengah mata agar tidak mengganggu kenyamanan anda saat melihat.


Baca Juga : 14 Cara Melakukan Peregangan Paha Dalam


6. Ulangi langkah diatas untuk memasang lensa pada mata satunya.

Untuk mengurangi kemngkinan iritasi saat menggunakan kontk lensa, ada baiknya nda menggunakan tetes mata yang aman digunakan saat memakai lensa kontak. Hal tersebut mmeberikan kesan segar pada mata anda agar tidak terlalu lelah karena memakain kontak lensa.

Saat memakai lensa kontak, usahakan jangan memakai kontak lensa seharian penuh atau bahkan memakai saat tidur, karena hal itu menyebabkan mata anda sulit mendapat oksigen karena terhalang selaput kontak lensa tersebut. Sehingga apat menyebabkan iritasi dan muncul kuman pada mata. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi.

Dan jangan pernah membersihkan kontak lensa anda dengn air kran atau membawa nya berenang. Karena bakteri maupun kuman yang berkembang dalam air tersebut akan mudah melekat paa kontak lensa anda. Lensa kontak hanya bisa dibersihkan dengan air khusus yang dapat anda temukan di optic atau apotik.

Anda juga harus memastikan berapa lama jangka waktu kontak lensa anda aman untuk digunakan. Karena kontak lensa tidak aman digunakan saat sudah melewati jangka waktu. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi bahkan kebutaan pada mata anda.

Dengan pemakaian lensa kontak sehari-hari, tentu saja kontak lensa memiliki resiko jika anda tidak menggunakannya sesuai anjuran, atau anda kurang merawat kebersihan lensa kontak anda. Saya akan menjelaskan di bawah ini.

a. Sindrom mata kering

Terlalu sering menggunakan lensa kontak terlalu sering, cenderung membuat mata anda cendeung kering. Apalagi anda sering berada di dalam ruangan ber AC. Hal itu dapat menyebabkan mata anda tidak memproduksi air mata yang cukup untuk melindungi mata. Sindrom ini biasa ditandai dengan mata perih dan sulit dibuka saat baru bangun tidur.

b. Keratitis

Keratitis atau radang pada kornea mata dapat disebabkan oleh cedera kecil saat menggunakan kontak lensa, bisa disebabkan oleh bakteri atau virus yang menempel pada selaput kontak lensa. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk membersihkan lensa kontak dengan benar. Resiko ini biasa ditandai dengan mata perah, peruh, dan sensitive terhadap cahaya

c. Abrasi kornea

Abrasi kornea merupakan suatu kondisi dimana ada goresan pada kornea mata akibat benda lain. Kontak lensa yang kotor atau berdebu akan berakibat fatal bagi kornea mata anda. Karena kornea langsung bersenthan dengan kontak lensa. Hal ini sangat berbahaya karena kornea mata merupakan perisai bagi organ mata lainnya. Resiko ini sering ditandai dengan rasa sakit pada mata yang cukup parah dan perasaan tidak nyaman saat membuka mata.


d. Konjungtivitis

Konjungtivitis lebih dikenal dengan mata merah. Hal ini bisa disebabkan anda menggunakan kontak lensa terlalu lama tanpa ada jeda atu istirahat. Mata anda akan terasa kering perih. Hal ini bisa diatasi dengan meneteskan obat tetes.

e. Infeksi mata

Hal ini terjadi jika sudah menjalar ke retina mata karena terlalu sering di kucek. Karenanya anda tidak dianjurkan untuk mengucek mata saat menggunakan kontak lensa.

f. Katarak 

Jika telah terjadi kerusakan pada kornea mata, dapat mengakibatkan mata tidak terlindungi dari sinar matahari. Dengan kata lain kornea tidak bisa melindungi organ mata lain dari sinar matahari. Hal tersebut meningkatkan kemungkinan katarak

Dengan beberapa resiko diatas anda dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan kontak lensa yang anda gunakan. Oleh karena itu, tentunya cara memakai lensa kontak merupakan hal yang krusial. Saat anda merasa kurang nyaman dan kontak lensa memberikan reaksi yang kurang baik, atau salah satu gejala diatas muncul sebaiknya anda hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter anda.