Skip to main content

6 Cara Melepas Stiker Dari Laptop Dengan Aman

6 Cara Melepas Stiker Dari Laptop Dengan Aman

Terkadang sebagai pemilik, seseorang gemar melakukan hal apa saja dengan barang yang ia punya. Ini juga berlaku untuk laptop. Komputer jinjing ini rupanya menjadi gadget nomor dua yang wajib dimiliki oleh pelajar jaman sekarang, mahasiswa, maupun pegawai kantoran. Ada banyak orang yang sangat suka menempeli laptop dengan stiker walau pada akhirnya ia tidak tahu cara melepas stiker dari laptop tersebut.


6 Cara Melepas Stiker Dari Laptop Dengan Aman



Apakah Anda tipe orang yang sama dengan melakukan hal serupa? Penyesalan selalu datang di akhir. Penempelan stiker bisa menjadi bencana di kemudian hari karena bekasnya akan sulit dihilangkan. Tentu saja ini juga membuat laptop menjadi terlihat tidak enak dipandang. Adakah solusi untuk menanganinya? Tentu saja Ada!

Bagaimana Cara Melepas Siker Laptop Tanpa Meninggalkan Bekas?

Untuk penjelasan mengenai step – step dan tips untuk menghilangkan stiker dari laptop adalah sebagai berikut ini! Simaklah dengan seksama!


1. Gunakan Minyak Eucalyptus atau Minyak Kayu Putih Untuk Melepas Stiker Hiasan

Apakah Anda tahu bahwa minyak kayu putih mengandung zat aktif yang sifatnya bisa membersihkan? Sebelum memulai melepas stiker, persiapkan kapas dan minyak kayu putih terlebih dahulu ya! Ayo mulai! Caranya, lepas terlebih dahulu stiker seperti biasa, angkat sedikit demi sedikit dan perlahan – lahan. Usahakan agar bekas stiker yang tersisa tidak banyak supaya lebih mudah membersihkannya.

Setelah itu ambil minyak kayu putih dan tuangkan secukupnya pada bekas stiker. Kemudian tunggu selama beberapa saat agar zat dari minyak menyatu pada bekas stiker, kurang lebih 30 detik. Lalu mulailah untuk menggosok dengan dipilin – pilin memakai jari. Lakukanlah berulang – ulang sambil berikan sedikit tekanan. Setelah itu teteskan minyak kayu putih pada kapas, dan gosok sisanya dengan kapas tersebut.


2. Melepaskan Stiker Bawaan Laptop

Tak hanya stiker untuk hiasan saja yang sering dilepas. Apakah Anda pernah memperhatikan stiker bawaan yang mengkilap melekat pada laptop Anda? Anda harus tahu bahwa ternyata stiker tersebut sangat berguna. Sebagian produsen menyematkannya sebagai tanda untuk jaminan garansi dan informasi mengenai spesifikasi laptop.



Baca Juga : 6 Cara melakukan trik sulap yang tidak membutuhkan peralatan



Untuk Anda yang memiliki garansi laptop hingga 2 tahun harus hati – hati. Jika stiker rusak di saat laptop sedang dalam kondisi tidak baik dan harus diperbaiki, maka masa garansi bisa tidak akan berlaku lagi. Agar aman, Anda danjurkan untuk melepasnya saja dan menyimpannya.
Stiker laptop ini lebih tebal dan mengandung plastik sehingga lebih mudah untuk dilepaskan daripada stiker print dari kertas. Cara melepas stiker dari laptop ini, kikis sedikit demi sedikit dari bagian pojoknya. Kemudian tarik perlahan agar lem tidak terlepas dan tertinggal di laptop. Tarik pada sudut 45 – 90 derajat. Setelah itu, sisa – sisa bekas yang tertinggal Anda bisa membersihkannya dengan menekan dan memilin – milinnya.


3. Melepas Stiker Dengan Bantuan Selotip Atau Lakban

Sering kali ditemukan bahwa stiker yang terlalu lama melekat di laptop menjadi rusak namun menempel terlalu kuat sehingga sangat sulit untuk dihilangkan. Pada kasus ini, menariknya saja hanya akan meninggalkan bekas rekatan yang banyak. Untuk itu, butuh sesuatu dengan kekuatan adesi yang besar untuk menariknya dari permukaan laptop.

Oeh sebab itu, gunakanlah lakban hitam atau selotip besar berdaya rekat tinggi. Caranya potong lakban sedikit lebih besar dari ukuran stiker yang ingin Anda lepas. Kemudian segera tempelkan, beri sedikit tekanan dan gosok – gosok di bagian atasnya. Lalu, langsung saja lepaskan selotip atau lakban tersebut. Ulang – ulangi hingga sisa – sisa stiker habis dan laptop bersih.


4. Cara Melepas Stiker Dari Laptop Dengan Minyak Zaitun

Cara selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan minyak zaitun. Kenapa harus minyak? Karena tekstur minyak licin sehingga mampu membersihkan sisa – sisa stiker yang menempel tanpa takut merusak cat atau warna dari laptop itu sendiri. Minyak zaitun juga lebih aman,  daripada cairan yang mengandung asam atau cairan yang biasa dipakai untuk pernis kayu.

Pertama – tama lepaskan stiker dari sudut secara perlahan. Kemudian jika sudah, gosok – gosok sisa yang masih menempel dengan jari. Setelah itu, olesi bekas yang masih juga tertinggal dengan minyak zaitun dengan kapas. Biarkan selama kurang lebih tiga menit. Ambil sesuatu yang bisa anda gunakan untuk membantu mengikis residu stiker, misalnya bekas tempat simcard. Gosok – gosokkan sehingga sisa stiker terkelupas.


5. Mengangkat Bekas Stiker membandel Dengan Aseton

Apa itu aseton? Untuk Anda para perempuan pasti sudah tidak asing lagi dengan benda ini! Ya, nail polish remover atau penghilang cat kuku. Untuk menghilangkan cat kuku yang tebal saja bisa, apalagi untuk menghilangkan sisa stiker yang membandel. Sebagai catatan, jika memungkinkan jangan sampai terkena tangan ya! Cairan aseton berpotensi membuat kulit menjadi kering dan gatal.
Caranya mudah, yaitu teteskan aseton secukupnya di atas kapas. Lalu oleskan pada sisa noda stiker. Setelah itu gosokkan perlahan dengan kapas tadi sampai bersih. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, aseton yang berkualitas paling bagus bisa menghilangkan warna laptop, untuk itu pilihlah aseton yang biasa – biasa saja.


6. Cara Melepas Stiker Dari Laptop Dengan Cuka Apel

Siapa yang tidak tahu salah satu bumbu dapur ini? Tak hanya sekedar bisa untuk memasak, ternyata cuka apel bisa membantu Anda untuk menghilangkan bekas stiker sampai tuntas. Bagaimanakah caranya?

Mudah saja! Pertama – tama lepaskan stiker dengan cara seperti biasa. Setelah itu tuangkan cuka tipis – tipis ke bagian yang ingin dibersihkan dan tunggu sekitar 2 menit. Setelah itu ambil kain (dianjurkan katun) dan gosokkan. Lakukan hingga semua bekas menghilang.